...

Membongkar Sumber Cuan Situs Berita Online yang Menggiurkan

  • Rayyan
  • Apr 20, 2024
Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online yang Menguntungkan

Membongkar Sumber Cuan Situs Berita Online yang Menggiurkan – Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online yang Menguntungkan, topik yang akan menguak rahasia di balik cuan melimpah yang diraih situs-situs berita ternama. Berbagai model pendapatan akan dibahas tuntas, mulai dari langganan berbayar, iklan yang menggiurkan, hingga donasi yang menggerakkan.

Industri berita online tengah mengalami transformasi, dengan model pendapatan yang terus berevolusi. Situs berita harus beradaptasi dengan perubahan ini untuk terus bertahan dan berkembang. Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif bagi situs berita untuk memaksimalkan pendapatan mereka dan membangun bisnis yang sukses.

Perkembangan media digital dan platform online telah membawa perubahan besar dalam industri jurnalistik dan penulisan konten. Banyak wartawan saat ini juga berperan sebagai blogger, YouTuber, atau content creator di media online. Mereka menghasilkan pendapatan melalui berbagai sumber, dan salah satunya adalah iklan, termasuk komisi iklan dari Google AdSense.

Google AdSense adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google. Program ini memungkinkan pemilik situs web atau konten online untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten mereka. Ketika pengunjung mengklik atau melihat iklan yang ditampilkan, pemilik situs web atau konten akan mendapatkan komisi.

Bagi wartawan yang bekerja di media online, Google AdSense dapat menjadi sumber penghasilan utama atau tambahan. Mereka dapat mendaftar ke program tersebut dan memasang kode iklan yang disediakan oleh Google ke dalam halaman situs web mereka atau video YouTube. Setiap kali pengunjung mengklik atau melihat iklan tersebut, wartawan akan mendapatkan komisi berdasarkan model pembayaran yang ditetapkan oleh Google.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penghasilan dari iklan online seperti Google AdSense dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah lalu lintas situs web atau video, seberapa relevan iklan dengan audiens, dan tingkat keterlibatan pengguna. Selain itu, wartawan juga dapat mencari sumber pendapatan lain seperti sponsor konten, donasi dari penggemar, atau kerjasama dengan merek tertentu.

Perubahan dalam model bisnis media ini mencerminkan pergeseran dalam cara orang mengkonsumsi berita dan informasi. Media online memberikan fleksibilitas bagi wartawan untuk mengembangkan merek pribadi mereka dan secara langsung terhubung dengan audiens. Namun, perlu diingat bahwa kualitas konten, integritas jurnalistik, dan kepercayaan pembaca tetap menjadi faktor penting dalam menjaga keberhasilan jangka panjang dalam industri ini.

Daftra isi

Jenis Model Pendapatan: Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online Yang Menguntungkan

Situs berita media online memanfaatkan berbagai model pendapatan untuk menghasilkan keuntungan dan mempertahankan operasi mereka. Model-model ini berkisar dari iklan hingga langganan dan berkontribusi pada keberlanjutan industri berita digital.

Langganan

Model langganan memungkinkan pengguna mengakses konten premium atau eksklusif dengan membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan. Situs berita seperti The New York Times dan The Wall Street Journal telah berhasil menerapkan model ini, memberikan akses ke konten mendalam, analisis, dan jurnalisme investigasi.

Iklan

Iklan tetap menjadi sumber pendapatan utama bagi banyak situs berita media online. Mereka menjual ruang iklan kepada pengiklan yang ingin menjangkau audiens tertentu. Model ini bergantung pada volume lalu lintas situs dan keterlibatan pembaca.

Konten Bersponsor

Konten bersponsor adalah konten editorial yang diproduksi oleh situs berita tetapi dibayar oleh pengiklan. Konten ini biasanya diberi label sebagai “disponsori” atau “dibayar” dan dirancang untuk memberikan nilai kepada pembaca sekaligus mempromosikan produk atau layanan pengiklan.

Afiliasi

Pemasaran afiliasi memungkinkan situs berita menghasilkan pendapatan dengan merekomendasikan produk atau layanan pihak ketiga kepada pembaca mereka. Ketika pembaca mengklik tautan afiliasi dan melakukan pembelian, situs berita menerima komisi.

Donasi

Beberapa situs berita media online mengandalkan donasi pembaca untuk mendukung jurnalisme mereka. Donasi dapat dilakukan secara satu kali atau berulang dan memberikan aliran pendapatan alternatif bagi organisasi berita.

Langganan Berbayar

Langganan berbayar telah menjadi sumber pendapatan yang semakin penting bagi situs berita media online. Model ini menawarkan kepada pembaca akses eksklusif ke konten premium, fitur khusus, dan pengalaman bebas iklan.

Salah satu manfaat utama langganan berbayar adalah memungkinkan situs berita memonetisasi konten mereka yang berharga. Pembaca bersedia membayar untuk akses ke jurnalisme berkualitas tinggi, analisis mendalam, dan wawasan unik yang tidak tersedia di tempat lain.

Namun, langganan berbayar juga memiliki tantangan. Situs berita perlu membuat konten yang cukup berharga untuk membenarkan biaya berlangganan. Mereka juga perlu meyakinkan pembaca bahwa nilai konten tersebut sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Cara Mendorong Pelanggan Berlangganan

Untuk mendorong pelanggan berlangganan, situs berita dapat menggunakan berbagai strategi, antara lain:

  • Menawarkan konten eksklusif dan premium yang hanya tersedia bagi pelanggan.
  • Memberikan akses ke fitur khusus, seperti arsip artikel, buletin eksklusif, dan forum komunitas.
  • Menghilangkan iklan untuk pelanggan, memberikan pengalaman membaca yang lebih baik.
  • Menawarkan diskon dan promosi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Contoh Situs Berita Sukses dengan Model Langganan Berbayar

Beberapa situs berita yang sukses dengan model langganan berbayar antara lain:

  • The New York Times
  • The Wall Street Journal
  • Financial Times
  • The Economist

Identifikasi Berbagai Jenis Iklan yang Digunakan Situs Berita Media Online

Situs berita media online memanfaatkan berbagai jenis iklan untuk menghasilkan pendapatan, antara lain:

Iklan Banner

Iklan banner adalah iklan persegi panjang yang ditempatkan di bagian atas, bawah, atau samping halaman web. Biasanya berisi gambar atau teks yang menarik perhatian dan mengarahkan pembaca ke situs web pengiklan.

Iklan Asli

Iklan asli dirancang agar sesuai dengan tampilan dan nuansa konten situs berita. Mereka sering kali muncul di antara artikel berita atau di umpan media sosial dan terlihat seperti konten biasa, sehingga kurang mengganggu bagi pembaca.

Iklan Video

Iklan video adalah iklan yang diputar sebelum, selama, atau setelah konten video di situs berita. Mereka dapat berupa iklan pra-putar, iklan penggangu, atau iklan pasca-putar, dan memberikan peluang bagi pengiklan untuk menjangkau pemirsa yang terlibat.

Pemasaran Afiliasi

Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online yang Menguntungkan

Pemasaran afiliasi adalah strategi periklanan yang memungkinkan situs berita memperoleh pendapatan dengan mempromosikan produk atau layanan pihak ketiga. Ketika pembaca mengklik tautan afiliasi dan melakukan pembelian, situs berita menerima komisi.

Untuk memanfaatkan pemasaran afiliasi secara efektif, situs berita harus memilih mitra afiliasi dengan cermat. Mitra afiliasi yang ideal memiliki produk atau layanan yang relevan dengan target audiens situs berita dan menawarkan komisi yang kompetitif.

Tips Memilih Mitra Afiliasi yang Tepat

  • Pastikan produk atau layanan mitra afiliasi relevan dengan audiens situs berita.
  • Pilih mitra afiliasi yang memiliki reputasi baik dan menawarkan komisi yang kompetitif.
  • Periksa ulasan dan testimoni dari situs berita lain yang telah bermitra dengan mitra afiliasi tersebut.
  • Lakukan uji coba untuk memastikan bahwa tautan afiliasi berfungsi dengan baik dan pelacakan konversi akurat.

Studi Kasus: Situs Berita Sukses dengan Pemasaran Afiliasi

Salah satu situs berita yang sukses menggunakan pemasaran afiliasi adalah Wirecutter. Wirecutter adalah situs yang mengulas dan merekomendasikan produk konsumen. Situs ini memiliki program afiliasi yang kuat dengan banyak mitra afiliasi, termasuk Amazon dan Best Buy. Wirecutter memperoleh pendapatan yang signifikan dari pemasaran afiliasi, yang memungkinkan situs ini memberikan konten berkualitas tinggi kepada pembacanya secara gratis.

5. Konten Bermerek

Konten bermerek adalah konten yang dibuat bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Kolaborasi ini menawarkan peluang pendapatan yang menguntungkan bagi situs berita media online.

Konten bermerek yang efektif untuk situs berita meliputi artikel bersponsor, ulasan produk, wawancara eksklusif, dan infografis yang dipesan lebih dahulu. Konten ini harus relevan dengan audiens situs berita dan memberikan nilai tambah tanpa mengorbankan kredibilitas jurnalistik.

Jenis Konten Bermerek

  • Artikel Bersponsor: Artikel yang ditulis oleh staf editorial situs berita, namun didanai oleh merek.
  • Ulasan Produk: Ulasan produk yang mendalam dan tidak memihak yang memberikan wawasan tentang fitur, manfaat, dan kekurangan produk tertentu.
  • Wawancara Eksklusif: Wawancara dengan tokoh terkemuka di industri yang memberikan wawasan tentang tren, inovasi, dan tantangan.
  • Infografis yang Dipesan Lebih Dahulu: Visualisasi data yang disesuaikan yang memberikan informasi yang mudah dicerna tentang topik yang relevan dengan audiens situs berita.

Contoh Situs Berita yang Bermitra dengan Merek

  • The New York Times bermitra dengan merek seperti Nike dan IBM untuk membuat konten bermerek yang relevan dengan audiens mereka.
  • The Wall Street Journal berkolaborasi dengan merek seperti Goldman Sachs dan Salesforce untuk menghasilkan konten bermerek yang berfokus pada keuangan dan bisnis.
  • The Guardian bekerja sama dengan merek seperti Unilever dan Lego untuk membuat konten bermerek yang menyoroti isu-isu sosial dan lingkungan.

Acara dan Konferensi

Acara dan konferensi dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan bagi situs berita media online. Selain meningkatkan kesadaran merek dan membangun komunitas, acara ini juga dapat menghasilkan prospek dan pendapatan langsung.

Ada beberapa cara untuk memonetisasi acara dan konferensi, antara lain:

  • Penjualan tiket
  • Sponsor
  • Pameran

Beberapa contoh situs berita yang sukses mengadakan acara dan konferensi antara lain:

  • The New York Times
  • The Wall Street Journal
  • The Economist

Untuk merencanakan dan melaksanakan acara atau konferensi yang sukses, situs berita harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan target audiens
  2. Tetapkan anggaran
  3. Pilih lokasi
  4. Promosikan acara
  5. Pantau hasil

Acara dan konferensi juga dapat menjadi platform untuk inovasi. Misalnya, beberapa situs berita telah mulai menggunakan teknologi virtual dan hybrid untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Manfaat, Jenis Monetisasi, dan Contoh Situs Berita yang Sukses Menyelenggarakan Acara dan Konferensi
Manfaat Jenis Monetisasi Contoh Situs Berita
Peningkatan kesadaran merek Penjualan tiket The New York Times
Membangun komunitas Sponsor The Wall Street Journal
Menghasilkan prospek Pameran The Economist

“Acara dan konferensi adalah bagian penting dari strategi kami untuk menjangkau audiens kami dan menghasilkan pendapatan. Kami telah melihat peningkatan yang signifikan dalam kesadaran merek dan prospek kami sebagai hasil dari acara kami.”

[Nama Editor Situs Berita]

7. Merchandise

Situs berita dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan menjual merchandise yang terkait dengan merek mereka.

Merchandise yang menarik dapat meningkatkan kesadaran merek, membangun loyalitas pelanggan, dan memberikan aliran pendapatan tambahan. Berikut cara mendesain dan mempromosikan merchandise yang sukses:

Desain Merchandise yang Menarik

  • Pilih desain yang relevan dengan niche dan audiens situs berita.
  • Gunakan bahan berkualitas tinggi dan tahan lama.
  • Tambahkan sentuhan unik dan kreatif untuk membedakan merchandise dari pesaing.

Promosi Merchandise

  • Promosikan merchandise melalui situs web, media sosial, dan email marketing.
  • Tawarkan promosi dan diskon untuk mendorong pembelian.
  • Berkolaborasi dengan influencer untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Contoh Situs Berita yang Sukses Menjual Merchandise

  • The New York Times: Menjual merchandise bermerek seperti mug, kaos, dan tote bag.
  • The Guardian: Menawarkan berbagai merchandise, termasuk buku, mug, dan kaos.
  • Vox Media: Memiliki toko online yang menjual merchandise dari berbagai situs webnya, termasuk Vox, The Verge, dan SB Nation.

Donasi

Donasi memainkan peran penting dalam menopang situs berita nirlaba, memungkinkan mereka untuk memproduksi jurnalisme berkualitas tinggi tanpa bergantung pada pendapatan iklan atau langganan.

Untuk menarik donatur, situs berita nirlaba menggunakan berbagai strategi, seperti:

Kampanye Media Sosial

  • Membuat konten yang menarik dan mudah dibagikan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan.
  • Menggunakan iklan bertarget untuk menjangkau calon donatur yang tertarik dengan topik yang diliput.

Pemasaran Email

  • Membangun daftar email yang kuat dan terlibat.
  • Menggunakan kampanye email untuk memberikan pembaruan, berbagi cerita, dan meminta donasi.

Acara Penggalangan Dana

  • Mengadakan acara virtual atau tatap muka, seperti penggalangan dana atau malam penghargaan.
  • Menawarkan insentif atau hadiah kepada donatur yang berpartisipasi dalam acara.

Contoh situs berita nirlaba yang berhasil mengumpulkan donasi meliputi:

  • The Guardian
  • ProPublica
  • The Texas Tribune

Untuk membuat halaman donasi yang efektif, situs berita harus:

  • Membuat judul yang jelas dan ringkas.
  • Menulis deskripsi yang menarik dan persuasif.
  • Menyediakan tombol donasi yang mudah ditemukan.

Praktik terbaik untuk mengelola donasi meliputi:

  • Mengucapkan terima kasih kepada donatur.
  • Memberikan pembaruan tentang bagaimana donasi digunakan.
  • Mematuhi peraturan hukum dan etika.

Dukungan Pemerintah

Dukungan pemerintah memainkan peran penting dalam keberlangsungan beberapa situs berita media online. Pemerintah dapat memberikan pendanaan langsung atau tidak langsung melalui skema hibah, keringanan pajak, atau program insentif.

Kriteria untuk mendapatkan dukungan pemerintah bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing negara atau wilayah. Umumnya, situs berita harus memenuhi kriteria tertentu, seperti:

  • Menyajikan informasi yang akurat dan tidak bias
  • Memiliki jangkauan audiens yang luas
  • Mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan pluralisme

Proses Mendapatkan Dukungan Pemerintah

Proses mendapatkan dukungan pemerintah biasanya melibatkan:

  • Mengidentifikasi program pendanaan yang relevan
  • Mengajukan proposal yang menguraikan rencana dan anggaran situs berita
  • Menjalani proses seleksi dan penilaian
  • Menandatangani perjanjian dengan pemerintah jika proposal disetujui

Contoh Situs Berita yang Menerima Dukungan Pemerintah

Beberapa situs berita media online yang telah menerima dukungan pemerintah antara lain:

  • BBC (Inggris)
  • NPR (Amerika Serikat)
  • SBS (Australia)
  • NHK (Jepang)
  • RTÉ (Irlandia)

10. Hibah dan Beasiswa

Hibah dan beasiswa memainkan peran penting dalam mendukung kelangsungan operasi situs berita. Dana ini memungkinkan situs berita untuk menjalankan proyek investigasi mendalam, melatih jurnalis, dan meningkatkan infrastruktur teknologi.

Organisasi seperti Google News Initiative, International Center for Journalists, dan Open Society Foundations menyediakan hibah dan beasiswa khusus untuk situs berita. Selain itu, beberapa yayasan dan badan pemerintah juga menawarkan dana untuk proyek jurnalisme.

Contoh Situs Berita yang Menerima Hibah dan Beasiswa

  • ProPublica: Menerima hibah dari Google News Initiative untuk mendukung pelaporan investigasi mendalam.
  • The Marshall Project: Menerima beasiswa dari Open Society Foundations untuk melatih jurnalis muda.
  • The Texas Tribune: Menerima hibah dari John S. and James L. Knight Foundation untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.

Strategi Diversifikasi

Di tengah persaingan ketat industri media online, situs berita harus mengadopsi strategi diversifikasi pendapatan untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan finansial mereka.

Diversifikasi pendapatan melibatkan penyebaran sumber pendapatan di berbagai aliran, mengurangi ketergantungan pada satu sumber saja. Hal ini meminimalkan risiko dan menciptakan stabilitas finansial yang lebih baik.

Manfaat Diversifikasi

  • Mengurangi ketergantungan pada sumber pendapatan tunggal
  • Meningkatkan stabilitas finansial
  • Menciptakan aliran pendapatan baru
  • Meningkatkan daya saing dan daya tarik bagi investor

Risiko Diversifikasi

  • Meningkatkan kompleksitas operasional
  • Persaingan yang lebih ketat di bidang pendapatan baru
  • Potensi pengalihan fokus dari bisnis inti

Contoh Diversifikasi

  • The New York Times: Berlangganan, periklanan, merchandise
  • The Guardian: Donasi, periklanan, layanan konsultasi
  • BuzzFeed: Konten bermerek, lisensi konten, acara langsung

Strategi Diversifikasi

  • Mengembangkan aliran pendapatan berlangganan
  • Menawarkan layanan konsultasi
  • Menjual merchandise bermerek
  • Menyelenggarakan acara langsung
  • Berkolaborasi dengan brand lain

Studi Kasus

Situs berita The Atlanticberhasil mendiversifikasi pendapatannya dengan meluncurkan layanan berlangganan, menyelenggarakan konferensi, dan menjual merchandise bermerek. Strategi ini telah membantu The Atlanticmeningkatkan pendapatan dan mengurangi ketergantungannya pada periklanan.

“Diversifikasi pendapatan sangat penting bagi situs berita online untuk memastikan stabilitas finansial dan pertumbuhan jangka panjang.”

– John Paton, Direktur Eksekutif, American Society of News Editors

Pelajaran dari Situs Berita Sukses

Untuk memaksimalkan pendapatan, situs berita media online perlu mengadopsi strategi yang terbukti berhasil bagi situs berita yang sukses. Dengan menganalisis model pendapatan mereka, mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan mereka, dan menerapkan pelajaran yang dipetik, situs berita dapat meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan.

Model Pendapatan Situs Berita

Situs berita yang sukses menggunakan berbagai model pendapatan untuk menghasilkan keuntungan. Beberapa model pendapatan yang umum meliputi:

  • Langganan: Pengguna membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mengakses konten eksklusif atau bebas iklan.
  • Iklan: Situs berita menampilkan iklan dari pengiklan untuk menghasilkan pendapatan.
  • Donasi: Pembaca dapat menyumbangkan uang untuk mendukung situs berita.
  • Konten Bersponsor: Situs berita membuat konten yang dibayar oleh pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Faktor-Faktor yang Berkontribusi pada Keberhasilan Pendapatan

Selain model pendapatan, beberapa faktor lain berkontribusi pada keberhasilan pendapatan situs berita, antara lain:

  • Konten Berkualitas Tinggi: Situs berita yang sukses menyediakan konten yang relevan, menarik, dan informatif yang menarik audiens.
  • Audiens yang Terlibat: Situs berita yang sukses membangun basis audiens yang terlibat yang berinteraksi dengan konten mereka dan kembali untuk lebih banyak.
  • Strategi Pemasaran yang Efektif: Situs berita yang sukses menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik dan mempertahankan audiens.
  • Teknologi Monetisasi yang Canggih: Situs berita yang sukses menggunakan teknologi monetisasi yang canggih untuk mengoptimalkan pendapatan dari iklan, langganan, dan sumber lainnya.

Tren Masa Depan

Masa depan situs berita media online diprediksi akan mengalami pergeseran dalam model pendapatan. Tren yang berkembang mencakup langganan, teknologi berbayar, dan monetisasi data.

Kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen akan memengaruhi pendapatan situs berita. Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) akan memengaruhi distribusi dan konsumsi berita, sementara platform media sosial akan memengaruhi lalu lintas dan keterlibatan.

Pergeseran ke Langganan dan Model Berbasis Keanggotaan

Situs berita semakin beralih ke model langganan, di mana pembaca membayar biaya bulanan atau tahunan untuk akses ke konten eksklusif dan bebas iklan. Model ini memberikan aliran pendapatan yang stabil dan mengurangi ketergantungan pada iklan.

Peningkatan Penggunaan Teknologi Berbayar, Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online yang Menguntungkan

Teknologi berbayar, seperti paywall, memungkinkan situs berita membatasi akses ke konten tertentu bagi non-pelanggan. Model ini menghasilkan pendapatan tambahan dan mendorong konversi menjadi pelanggan.

Monetisasi Data dan Analitik

Situs berita memiliki akses ke sejumlah besar data tentang pembaca mereka. Monetisasi data ini melalui penjualan analitik dan wawasan pasar dapat memberikan sumber pendapatan baru.

Dampak Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (ML)

AI dan ML akan memengaruhi cara berita didistribusikan dan dikonsumsi. Algoritma akan mempersonalisasi umpan berita dan merekomendasikan konten yang relevan dengan minat pembaca.

Pengaruh Platform Media Sosial

Platform media sosial memainkan peran penting dalam mengarahkan lalu lintas ke situs berita. Situs berita perlu membangun hubungan yang kuat dengan platform ini untuk memaksimalkan keterlibatan dan pendapatan.

Munculnya Layanan Berita Khusus

Munculnya layanan berita khusus yang berfokus pada topik tertentu menciptakan persaingan bagi situs berita umum. Situs berita perlu mendiferensiasikan diri dengan memberikan konten yang mendalam dan bernilai tambah.

Rekomendasi untuk Situs Berita

Untuk mempersiapkan tren masa depan, situs berita perlu:

  • Mengembangkan strategi langganan yang kuat
  • Menginvestasikan dalam teknologi berbayar dan konten premium
  • Mengeksplorasi peluang monetisasi data dan analitik
  • Membangun hubungan dengan platform media sosial dan penyedia berita khusus

Akhir Kata

Membongkar Sumber Pendapatan Situs Berita Media Online yang Menguntungkan

Dengan memahami dan menerapkan strategi pendapatan yang tepat, situs berita dapat memastikan keberlangsungan mereka di era digital yang kompetitif. Diversifikasi sumber pendapatan, inovasi berkelanjutan, dan fokus pada pembaca adalah kunci untuk membangun bisnis berita yang sukses dan menguntungkan.

Daftar Pertanyaan Populer

Apa model pendapatan paling umum untuk situs berita online?

Iklan dan langganan berbayar.

Bagaimana cara situs berita mengoptimalkan pendapatan dari iklan?

Dengan penargetan audiens, penempatan iklan yang strategis, dan pengujian A/B.

Apa manfaat mengadakan acara dan konferensi bagi situs berita?

Meningkatkan kesadaran merek, membangun komunitas, dan menghasilkan prospek.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *