...

Cara Screenshot iPhone 13 Sebagian Layar: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • Apr 11, 2024
Mengambil mudahnya ketuk sekarang menyimpan simpan

Mengambil screenshot sebagian layar di iPhone 13 merupakan fitur praktis yang memungkinkan Anda menangkap area tertentu dari tampilan. Dengan fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dengan hanya menangkap bagian penting dari layar, alih-alih seluruh layar.

Panduan komprehensif ini akan menjelaskan langkah demi langkah cara mengambil screenshot sebagian layar di iPhone 13, baik menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Kami juga akan membahas tips pengeditan, penggunaan praktis, serta pertimbangan privasi dan keamanan yang terkait dengan fitur ini.

Langkah-Langkah Mengambil Screenshot Sebagian Layar di iPhone 13

Tombol layar

iPhone 13 dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya sebagian layar, alih-alih seluruh layar. Fitur ini sangat berguna untuk membagikan informasi spesifik atau menyoroti bagian tertentu dari layar.

Selain menangkap layar penuh, iPhone 13 juga memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar sebagian layar. Fitur ini berguna untuk mengabadikan area tertentu pada layar, seperti obrolan penting atau bagian dari dokumen. Untuk mengambil tangkapan layar sebagian layar, cukup ikuti langkah-langkahnya. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa status bansos PKH melalui ponsel tanpa perlu menginstal aplikasi . Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengakses situs resmi Kemensos melalui browser di ponsel Anda.

Menggunakan Fitur Bawaan

  1. Buka layar yang ingin Anda ambil screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol samping (volume atas) dan tombol volume bawah secara bersamaan.
  3. Saat gambar mini screenshot muncul, ketuk “Layar Penuh”.
  4. Ketuk “Pangkas” di pojok kiri bawah.
  5. Gunakan jari Anda untuk memilih area yang ingin Anda screenshot.
  6. Ketuk “Selesai” untuk menyimpan screenshot.

Menggunakan Markup

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Markup untuk mengambil screenshot sebagian layar:

  1. Buka layar yang ingin Anda ambil screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol samping (volume atas) dan tombol volume bawah secara bersamaan.
  3. Ketuk “Layar Penuh”.
  4. Ketuk ikon “Markup” (pena) di sudut kanan bawah.
  5. Ketuk ikon “Pilih” (persegi dengan titik-titik di sudutnya).
  6. Pilih area yang ingin Anda screenshot.
  7. Ketuk “Selesai” untuk menyimpan screenshot.

Aplikasi Pihak Ketiga untuk Screenshot Sebagian Layar

Selain fitur bawaan iOS, terdapat berbagai aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur screenshot sebagian layar yang lebih canggih di iPhone 13. Aplikasi ini menyediakan opsi penyesuaian dan fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna.

Untuk mengambil tangkapan layar sebagian pada iPhone 13, ketuk dua kali bagian belakang ponsel Anda dengan jari Anda. Metode ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar. Selain itu, jika Anda ingin mengetahui apakah Anda menerima bantuan sosial PKH yang telah dicairkan, Anda dapat memeriksa statusnya melalui ponsel Anda.

Cara cek bansos PKH lewat HP yang sudah cair cukup mudah dan dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Setelah mengecek status bansos PKH, Anda dapat kembali ke metode tangkapan layar sebagian dengan mengetuk dua kali bagian belakang iPhone 13 Anda.

Pilih Aplikasi yang Tepat

Saat memilih aplikasi pihak ketiga untuk screenshot sebagian layar, pertimbangkan fitur-fitur berikut:

  • Area Seleksi yang Fleksibel: Pilih aplikasi yang memungkinkan Anda memilih area tangkapan layar dengan presisi tinggi.
  • Opsi Penyesuaian: Cari aplikasi yang menawarkan opsi penyesuaian, seperti menambahkan anotasi, teks, atau efek.
  • Antarmuka yang Ramah Pengguna: Pilih aplikasi dengan antarmuka yang intuitif dan mudah dinavigasi.
  • Dukungan Berbagi: Pastikan aplikasi mendukung berbagi screenshot dengan mudah melalui berbagai platform.

Aplikasi yang Direkomendasikan

  • Tailor: Aplikasi yang menawarkan area seleksi presisi, opsi penyesuaian ekstensif, dan dukungan berbagi.
  • Screenshot Pro: Aplikasi yang menyediakan fitur screenshot sebagian layar yang komprehensif, termasuk kemampuan untuk membuat anotasi dan mengedit tangkapan layar.
  • Snagit: Aplikasi serbaguna yang tidak hanya memungkinkan screenshot sebagian layar tetapi juga menawarkan alat pengeditan dan penangkapan gambar yang kuat.

Penggunaan Screenshot Sebagian Layar dalam Konteks Berbeda

Mengambil mudahnya ketuk sekarang menyimpan simpan

Screenshot sebagian layar adalah fitur praktis yang memungkinkan Anda menangkap hanya bagian tertentu dari layar perangkat iPhone 13 Anda. Ini sangat berguna dalam berbagai skenario kehidupan sehari-hari.

Setelah mengetahui cara screenshot bagian layar iPhone 13, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi ini untuk memeriksa apakah Anda termasuk penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) melalui aplikasi Cek Bansos. Dengan mengakses cara cek bansos PKH lewat HP , Anda dapat mengetahui status penerimaan bantuan secara cepat dan mudah.

Setelah mengecek bansos, Anda dapat kembali menggunakan fitur screenshot untuk menyimpan informasi penting terkait bantuan yang diterima sebagai referensi di kemudian hari.

Beberapa penggunaan umum screenshot sebagian layar meliputi:

Menangkap Percakapan Penting

Screenshot sebagian layar dapat digunakan untuk menangkap percakapan penting, baik melalui pesan teks, email, atau aplikasi perpesanan lainnya. Ini memastikan Anda memiliki catatan permanen dari percakapan tersebut, yang dapat berguna untuk referensi atau sebagai bukti di kemudian hari.

Menyimpan Bagian Tertentu dari Dokumen

Screenshot sebagian layar juga berguna untuk menyimpan bagian tertentu dari dokumen, seperti paragraf tertentu, gambar, atau tabel. Ini memungkinkan Anda dengan cepat mengakses informasi yang relevan tanpa harus membuka seluruh dokumen.

Membuat Tutorial

Screenshot sebagian layar dapat digunakan untuk membuat tutorial yang mudah diikuti. Dengan menangkap langkah-langkah tertentu dari suatu proses atau alur kerja, Anda dapat membuat instruksi visual yang jelas untuk orang lain.

Jika ingin menangkap bagian layar tertentu pada iPhone 13, Anda dapat menggunakan fitur screenshot. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa status bansos PKH melalui ponsel yang pernah digunakan. Kunjungi Cara cek bansos PKH lewat HP yang sudah digunakan untuk mengetahui caranya.

Setelah mengecek bansos, Anda dapat kembali melanjutkan proses screenshot iPhone 13 bagian layar.

Berbagi Informasi dengan Mudah

Screenshot sebagian layar memudahkan berbagi informasi dengan orang lain. Anda dapat dengan cepat menangkap bagian layar yang berisi informasi yang ingin Anda bagikan, dan kemudian mengirimkannya melalui pesan teks, email, atau platform media sosial.

Simpulan Akhir

Mengambil screenshot sebagian layar di iPhone 13 adalah fitur yang sangat berguna yang dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat dengan mudah menangkap area spesifik dari layar, mengeditnya sesuai kebutuhan, dan menggunakannya dalam berbagai konteks.

Ingatlah selalu pertimbangan privasi dan keamanan saat mengambil screenshot sebagian layar, terutama saat menangani informasi sensitif. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memanfaatkan fitur ini secara efektif sambil melindungi privasi dan menghindari potensi masalah hukum.

Informasi FAQ

Bagaimana cara mengambil screenshot sebagian layar di iPhone 13 menggunakan fitur bawaan?

Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol Samping secara bersamaan. Saat layar berkedip dan terdengar suara rana, lepaskan kedua tombol. Ketuk pratinjau screenshot di sudut kiri bawah, lalu ketuk “Layar Penuh” dan pilih “Layar Sebagian”.

Aplikasi pihak ketiga mana yang direkomendasikan untuk mengambil screenshot sebagian layar di iPhone 13?

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk screenshot sebagian layar meliputi Tailor, Picsew, dan Screenshot Touch.

Apa saja tips untuk mengedit screenshot sebagian layar?

Anda dapat memotong, menandai, dan menambahkan teks ke screenshot sebagian layar menggunakan fitur pengeditan bawaan iPhone atau aplikasi pengeditan foto pihak ketiga.

Dalam konteks apa saja screenshot sebagian layar berguna?

Screenshot sebagian layar berguna untuk menangkap percakapan penting, menyimpan bagian tertentu dari dokumen, membuat tutorial, dan banyak lagi.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *