...

Cara Menghitung THR Karyawan Baru: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • Apr 03, 2024
Cara menghitung thr karyawan baru

THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan hak karyawan yang wajib dibayarkan setiap tahun menjelang Hari Raya Keagamaan. Bagi karyawan baru, perhitungan THR sedikit berbeda. Artikel ini akan memandu Anda memahami cara menghitung THR karyawan baru sesuai peraturan yang berlaku.

Perhitungan THR karyawan baru melibatkan beberapa komponen gaji dan ketentuan khusus. Memahami dasar-dasar perhitungan ini sangat penting untuk memastikan Anda menerima hak yang semestinya.

Perhitungan Dasar THR Karyawan Baru

Cara menghitung thr karyawan baru

THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan hak karyawan yang telah bekerja selama minimal 1 bulan secara terus menerus di perusahaan. Bagi karyawan baru yang belum bekerja selama setahun penuh, perhitungan THR-nya dilakukan secara proporsional.

Rumus Perhitungan THR Karyawan Baru

THR = (Masa Kerja x Gaji Pokok) / 12

Dalam menghitung THR karyawan baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti masa kerja dan besaran gaji. Sementara itu, untuk pengguna K-Vision Bromo, ada cara mudah memasukkan kode 3b yang bisa ditemukan pada tautan ini: Langkah memasukkan kode 3b di k vision bromo . Setelah memasukkan kode tersebut, Anda dapat menikmati berbagai tayangan menarik dari K-Vision Bromo.

Kembali ke topik THR, perhitungan THR karyawan baru juga harus mempertimbangkan peraturan pemerintah yang berlaku.

Dimana:

  • Masa Kerja: Jumlah bulan karyawan bekerja selama tahun tersebut
  • Gaji Pokok: Gaji pokok karyawan yang tertera pada slip gaji

Contoh Perhitungan THR Karyawan Baru

Misalnya, seorang karyawan baru bernama Andi mulai bekerja pada 1 Maret 2023 dan memiliki gaji pokok Rp 5.000. 000. Andi bekerja selama 10 bulan pada tahun tersebut. Maka, perhitungan THR-nya adalah:

THR = (10 x Rp 5.000.000) / 12 = Rp 4.166.666,67

Perhitungan THR karyawan baru mengikuti aturan tertentu. Setelah memahami cara menghitung THR, mungkin Anda ingin mencari informasi tentang teknologi lain. Salah satu topik menarik yang bisa Anda eksplorasi adalah cara memasukkan kode 3b di receiver k vision. Panduan lengkap mengenai cara memasukkan kode tersebut dapat ditemukan di Cara memasukkan kode 3b di receiver k vision . Kembali ke topik THR, pastikan Anda melakukan perhitungan dengan cermat agar hak karyawan terpenuhi.

Ketentuan Prorata

Ketentuan prorata berlaku bagi karyawan baru yang belum bekerja selama setahun penuh. Prorata adalah perhitungan THR secara proporsional berdasarkan masa kerja karyawan.

Perhitungan THR karyawan baru dapat dilakukan dengan rumus: THR = (gaji pokok + tunjangan tetap) x masa kerja selama sebulan / 12. Untuk memudahkan perhitungan THR karyawan baru, dapat juga memanfaatkan panduan pengisian kode measat 3b di K Vision . Pengisian kode ini akan membantu menghitung THR karyawan baru secara lebih akurat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Misalnya, seorang karyawan baru bernama Budi mulai bekerja pada 1 Juni 2023 dan memiliki gaji pokok Rp 4.500. 000. Budi bekerja selama 7 bulan pada tahun tersebut. Maka, perhitungan THR-nya dengan prorata adalah:

THR = (7 x Rp 4.500.000) / 12 = Rp 2.625.000

Peraturan Terkait THR Karyawan Baru

Thr prorata menghitung karyawan paling baru

Setiap karyawan, termasuk karyawan baru, berhak menerima Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai dengan peraturan pemerintah. Berikut adalah rincian peraturan yang berlaku:

Peraturan pemerintah yang mengatur pembayaran THR karyawan baru tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Untuk menghitung THR karyawan baru, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Setelah memahami cara perhitungan THR, Anda mungkin juga tertarik dengan cara memasukkan measat 3b di k vision bromo yang bisa Anda pelajari melalui tautan ini . Dengan memahami kedua hal tersebut, Anda dapat memastikan bahwa perhitungan THR karyawan baru dilakukan dengan benar dan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Perbedaan THR Karyawan Tetap dan Kontrak

Terdapat perbedaan dalam pembayaran THR antara karyawan tetap dan karyawan kontrak. Karyawan tetap berhak menerima THR penuh, sedangkan karyawan kontrak hanya berhak menerima THR secara proporsional sesuai masa kerjanya.

Sanksi Pelanggaran Peraturan THR

Perusahaan yang melanggar peraturan THR dapat dikenakan sanksi berupa:

  • Teguran tertulis
  • Denda administratif
  • Pembekuan kegiatan usaha

Kesimpulan Akhir

Cara menghitung thr karyawan baru

Dengan memahami cara menghitung THR karyawan baru, Anda dapat memastikan hak Anda terpenuhi. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi kepada pihak terkait jika diperlukan. Pembayaran THR yang tepat waktu dan sesuai ketentuan akan berkontribusi pada kesejahteraan dan kepuasan karyawan.

Area Tanya Jawab

Berapa batas waktu pembayaran THR?

THR harus dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan.

Apa saja komponen gaji yang dihitung dalam THR?

Gaji pokok, tunjangan tetap, dan bonus yang dibayarkan secara rutin.

Bagaimana cara mengajukan klaim THR jika belum dibayarkan?

Laporkan kepada Disnaker setempat atau serikat pekerja yang menaungi Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *