...

Cara Tepat Menghitung THR Berdasarkan Masa Kerja Karyawan

  • Rayyan
  • Apr 03, 2024
Masa rumus menghitung pegawai contoh fungsi digunakan kolom

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak pekerja yang wajib dibayarkan oleh perusahaan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pemberian THR ini diatur dalam peraturan perundang-undangan dan memiliki ketentuan khusus terkait cara penghitungannya berdasarkan masa kerja karyawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara komprehensif cara menghitung THR agar Anda dapat memahami hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan atau pemberi kerja.

Penghitungan THR melibatkan beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Selain itu, terdapat pula ketentuan khusus yang berlaku bagi karyawan yang mengundurkan diri atau terkena PHK di tengah masa kerja. Untuk memberikan pemahaman yang mendalam, kami juga akan membahas sanksi hukum yang dapat dikenakan bagi perusahaan yang melanggar ketentuan pemberian THR.

Definisi THR dan Ketentuan Umum

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah penghasilan non-upah yang wajib dibayarkan oleh pemberi kerja kepada pekerja/buruh sebelum Hari Raya Keagamaan.

Ketentuan THR diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Syarat Menerima THR

  • Pekerja/buruh telah bekerja selama minimal 1 bulan secara terus-menerus.
  • Masih bekerja pada saat pembayaran THR.
  • Tidak sedang menjalani cuti yang tidak dibayar.

Besaran THR

Besaran THR adalah satu bulan upah bagi pekerja/buruh yang telah bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus.

Dalam menghitung THR berdasarkan masa kerja, terdapat perhitungan khusus yang mempertimbangkan lama bekerja. Namun, jika Anda sedang mencari informasi mengenai cara memasukkan kode 3b di K Vision Bromo, Anda dapat mengakses panduan lengkapnya di Langkah memasukkan kode 3b di k vision bromo . Kembali ke topik THR, masa kerja yang lebih lama umumnya akan menghasilkan THR yang lebih besar, sehingga penting untuk menghitungnya secara akurat berdasarkan peraturan yang berlaku.

Bagi pekerja/buruh yang bekerja kurang dari 12 bulan, besaran THR dihitung secara proporsional dengan masa kerja.

Dalam menghitung THR berdasarkan masa kerja, terdapat rumus yang jelas untuk memastikan keakuratan perhitungan. Sementara itu, bagi pengguna receiver K Vision, terdapat cara mudah untuk memasukkan kode 3b. Cukup ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini ( Cara memasukkan kode 3b di receiver k vision ). Dengan demikian, Anda dapat menikmati siaran berkualitas tanpa kendala.

Kembali ke topik THR, penting untuk memahami rumus perhitungan yang benar agar hak karyawan terpenuhi secara adil.

Waktu Pembayaran THR

THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan.

Pemberian THR di Tengah Masa Kerja

Dalam hal karyawan mengundurkan diri atau di-PHK di tengah masa kerja, terdapat ketentuan khusus mengenai pemberian THR.

Karyawan Mengundurkan Diri

Karyawan yang mengundurkan diri sebelum masa kerja selama 12 bulan penuh tidak berhak menerima THR.

Karyawan Di-PHK

Karyawan yang di-PHK berhak menerima THR secara proporsional berdasarkan masa kerja yang telah dijalani. Perhitungannya adalah sebagai berikut:Masa Kerja x THR Setahun / 12 BulanMisalnya, karyawan yang di-PHK setelah bekerja selama 6 bulan berhak menerima THR sebesar:

Bulan x THR Setahun / 12 Bulan

= 6 Bulan x Rp. 1.000.000 / 12 Bulan= Rp. 500.000

Untuk menghitung THR berdasarkan masa kerja, diperlukan pemahaman yang jelas tentang peraturan ketenagakerjaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengakses informasi terperinci tentang cara memasukkan measat 3b di k vision bromo melalui tautan berikut: Cara memasukkan measat 3b di k vision bromo . Dengan memahami cara memasukkan measat 3b, Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang perhitungan THR berdasarkan masa kerja.

Sanksi Pelanggaran Pemberian THR

Masa rumus menghitung pegawai contoh fungsi digunakan kolom

Pelanggaran dalam pemberian THR dapat menimbulkan sanksi hukum yang tegas. Perusahaan yang tidak membayarkan THR sesuai ketentuan dapat dikenakan sanksi administratif hingga pidana.

Dalam menghitung THR, masa kerja menjadi salah satu faktor penentu. Namun, selain memahami cara menghitung THR, penting juga untuk mengetahui cara memasukkan measat 3b di k vision bromo. Dengan memasukkan measat 3b dengan benar , Anda dapat menikmati siaran televisi yang lebih jernih dan stabil.

Setelah memahami cara memasukkan measat 3b, Anda dapat kembali menghitung THR berdasarkan masa kerja Anda untuk memastikan Anda menerima hak yang sesuai.

Jenis Sanksi Administratif

  • Teguran tertulis
  • Pembekuan izin usaha
  • Denda administratif

Sanksi Pidana

  • Pidana penjara maksimal 1 tahun
  • Denda maksimal Rp100.000.000

Contoh Kasus Pelanggaran

Pada tahun 2022, sebuah perusahaan di Jakarta Barat dijatuhi denda administratif sebesar Rp50.000.000 karena tidak membayarkan THR kepada 50 karyawannya.

Hukuman yang Dijatuhkan

  • Denda administratif
  • Pembekuan izin usaha selama 1 bulan

Simpulan Akhir

Memahami cara menghitung THR berdasarkan masa kerja sangat penting bagi karyawan dan pemberi kerja. Dengan mengetahui ketentuan yang berlaku, kedua belah pihak dapat memastikan bahwa hak dan kewajiban dipenuhi sesuai peraturan perundang-undangan. Pemberian THR yang tepat waktu dan sesuai ketentuan tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan karyawan, tetapi juga menciptakan hubungan kerja yang harmonis dan produktif.

Pertanyaan Populer dan Jawabannya

Apa saja komponen yang termasuk dalam perhitungan THR?

Komponen THR meliputi gaji pokok, tunjangan tetap, dan bonus yang bersifat tetap.

Bagaimana cara menghitung THR untuk karyawan dengan masa kerja kurang dari 12 bulan?

THR dihitung secara proporsional berdasarkan masa kerja yang telah dijalani.

Apakah karyawan yang mengundurkan diri berhak menerima THR?

Ya, karyawan yang mengundurkan diri berhak menerima THR secara proporsional hingga tanggal pengunduran diri.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *