...

Cara Print Screen MacBook: Panduan Lengkap untuk Pengambilan Tangkapan Layar

  • Rayyan
  • May 29, 2024
Screen mac print screenshot capture commands basic

Dalam era digital ini, mengambil tangkapan layar (screenshot) telah menjadi kebutuhan penting. Baik untuk mendokumentasikan proses, menangkap momen penting, atau sekadar berbagi ide, MacBook menawarkan berbagai cara untuk print screen yang mudah dan efisien.

Panduan komprehensif ini akan memandu Anda melalui metode yang berbeda untuk print screen MacBook, termasuk pintasan keyboard, Screenshot Utility, dan cara menyimpan dan mengedit tangkapan layar.

Cara Print Screen MacBook Menggunakan Shortcut Keyboard

Mengambil tangkapan layar pada MacBook dapat dilakukan dengan mudah menggunakan pintasan keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Command + Shift + 3

Tekan kombinasi tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Seluruh layar akan diambil dan disimpan sebagai file PNG di desktop.

Menggunakan Command + Shift + 4

Tekan kombinasi tombol Command + Shift + 4. Kursor akan berubah menjadi tanda silang. Seret kursor untuk memilih area layar yang ingin diambil. Lepaskan tombol mouse atau trackpad untuk menyimpan tangkapan layar sebagai file PNG di desktop.

Menggunakan Command + Shift + 4 + Spacebar

Tekan kombinasi tombol Command + Shift + 4 + Spacebar. Kursor akan berubah menjadi kamera. Arahkan kamera ke jendela yang ingin diambil tangkapan layarnya. Klik tombol mouse atau trackpad untuk menyimpan tangkapan layar sebagai file PNG di desktop.

Menggunakan Command + Shift + 5

Tekan kombinasi tombol Command + Shift + 5. Toolbar tangkapan layar akan muncul. Gunakan toolbar untuk memilih opsi tangkapan layar yang diinginkan, seperti menangkap seluruh layar, jendela tertentu, atau sebagian layar.

Cara Print Screen MacBook Menggunakan Screenshot Utility

Screenshot Utility adalah alat bawaan macOS yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari seluruh layar, sebagian layar, atau jendela tertentu. Alat ini menawarkan opsi penyesuaian yang komprehensif, sehingga Anda dapat menyesuaikan tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Untuk menangkap layar di MacBook, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan. Jika Anda ingin memotong bagian tertentu dari tangkapan layar, Anda dapat menggunakan pintasan cara ctrl x di macbook . Pintasan ini memungkinkan Anda untuk memotong teks atau gambar yang dipilih dan menempelkannya ke lokasi lain.

Setelah Anda melakukan pemotongan, Anda dapat kembali ke tangkapan layar dengan menekan tombol Command dan V untuk menempelkannya.

Mengakses Screenshot Utility

Untuk mengakses Screenshot Utility, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard berikut:

  • Command + Shift + 3: Mengambil tangkapan layar seluruh layar
  • Command + Shift + 4: Mengambil tangkapan layar sebagian layar
  • Command + Shift + 4 + Spasi: Mengambil tangkapan layar jendela tertentu

Opsi Penyesuaian Tangkapan Layar

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyesuaikannya menggunakan opsi berikut:

  • Format: PNG, JPEG, atau TIFF
  • Lokasi: Desktop, Dokumen, atau lokasi khusus
  • Timer: Menunda tangkapan layar selama 5 atau 10 detik
  • Mouse Pointer: Menyertakan atau mengecualikan mouse pointer
  • Bayangan: Menambahkan bayangan ke tangkapan layar

Tabel Perbandingan Opsi Tangkapan Layar

Opsi Deskripsi
Seluruh Layar Mengambil tangkapan layar dari seluruh layar
Sebagian Layar Memungkinkan Anda memilih area tertentu dari layar untuk diambil
Jendela Tertentu Mengambil tangkapan layar hanya dari jendela yang dipilih

Dengan Screenshot Utility, Anda dapat dengan mudah mengambil dan menyesuaikan tangkapan layar di MacBook Anda, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Print Screen MacBook dan Menyimpannya sebagai File

Screen mac print screenshot capture commands basic

Setelah menangkap layar MacBook Anda, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar untuk referensi di masa mendatang. Proses ini mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah.

Selain mengetahui cara print screen di Macbook, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur cara split layar macbook untuk mempermudah multitasking. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagi layar menjadi dua atau lebih bagian, sehingga dapat membuka beberapa aplikasi atau dokumen secara bersamaan.

Dengan menguasai cara print screen dan cara split layar macbook, pengguna dapat memaksimalkan produktivitas dan efisiensi kerja mereka.

Menyimpan Tangkapan Layar sebagai File

Untuk menyimpan tangkapan layar sebagai file, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka tangkapan layar yang ingin Anda simpan.
  • Klik tombol “Bagikan” di sudut kanan atas jendela.
  • Pilih opsi “Simpan sebagai File”.
  • Pilih lokasi untuk menyimpan file.
  • Beri nama file dan pilih format file yang diinginkan.
  • Klik tombol “Simpan”.

Format File yang Didukung

MacBook mendukung beberapa format file gambar, termasuk:

  • PNG
  • JPEG
  • TIFF
  • BMP

Format PNG direkomendasikan untuk tangkapan layar karena menghasilkan file yang berukuran lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar.

Untuk menangkap layar di MacBook, tekan kombinasi tombol Command (⌘) + Shift + 3. Untuk merekam layar, gunakan metode yang lebih komprehensif, yaitu cara screen record di MacBook . Metode ini memungkinkan Anda merekam seluruh layar atau hanya sebagian tertentu, dan bahkan merekam audio dari mikrofon.

Setelah merekam layar, Anda dapat mengedit dan membagikan rekaman tersebut sesuai kebutuhan.

Lokasi Penyimpanan Default

Secara default, tangkapan layar akan disimpan di folder “Desktop” Anda. Namun, Anda dapat memilih lokasi penyimpanan yang berbeda saat menyimpan file.

Cara Print Screen MacBook dan Menyalinnya ke Clipboard

Mengambil tangkapan layar di MacBook dan menyalinnya ke clipboard adalah proses yang mudah dan bermanfaat. Panduan ini akan menjelaskan langkah-langkah sederhana untuk melakukan hal ini.

Cara Mengambil Tangkapan Layar

  • Tekan tombol “Command” + “Shift” + “3” untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar.
  • Tekan tombol “Command” + “Shift” + “4” untuk mengambil tangkapan layar sebagian dari layar. Seret kursor untuk memilih area yang ingin ditangkap.

Menyalin Tangkapan Layar ke Clipboard

Setelah mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyalinnya ke clipboard untuk ditempel di aplikasi lain.

  1. Tekan tombol “Command” + “C” untuk menyalin tangkapan layar.
  2. Buka aplikasi tempat Anda ingin menempel tangkapan layar.
  3. Tekan tombol “Command” + “V” untuk menempel tangkapan layar.

Pintasan Keyboard yang Berguna

  • Command + Shift + 3: Tangkapan layar seluruh layar
  • Command + Shift + 4: Tangkapan layar sebagian layar
  • Command + C: Salin tangkapan layar
  • Command + V: Tempel tangkapan layar

Cara Print Screen MacBook dan Mengeditnya

Mengambil tangkapan layar (print screen) di MacBook adalah tugas yang mudah, dan begitu juga mengeditnya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara print screen MacBook dan mengedit tangkapan layar Anda.

Alat Pengeditan Dasar Screenshot Utility

Saat Anda mengambil tangkapan layar di MacBook, secara otomatis disimpan ke desktop Anda sebagai file PNG. Anda dapat mengedit tangkapan layar ini menggunakan Screenshot Utility bawaan, yang menyediakan alat pengeditan dasar berikut:

  • Crop
  • Rotate
  • Resize
  • Add text
  • Add shapes

Menggunakan Alat Pengeditan

Untuk mengedit tangkapan layar, klik dua kali pada file PNG di desktop Anda. Screenshot Utility akan terbuka, menampilkan tangkapan layar Anda. Anda dapat menggunakan alat pengeditan di bilah alat untuk melakukan perubahan yang diperlukan.

Sebagai contoh, untuk membuat anotasi, klik ikon “A” pada bilah alat. Ini akan memungkinkan Anda menambahkan teks, bentuk, atau garis ke tangkapan layar Anda. Anda juga dapat menggunakan alat krop untuk memotong bagian yang tidak diinginkan dari tangkapan layar.

Untuk mengambil tangkapan layar di MacBook, tekan kombinasi tombol Shift+Command+3 atau Shift+Command+4. Sedangkan untuk memperbarui Safari di MacBook, Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara update safari di macbook . Setelah Safari diperbarui, Anda dapat kembali menggunakan kombinasi tombol pintas tersebut untuk mengambil tangkapan layar.

Menyimpan Tangkapan Layar yang Diedit

Setelah selesai mengedit tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file PNG atau PDF. Klik menu “File” dan pilih “Save As”. Anda dapat memilih lokasi penyimpanan dan format file yang diinginkan.

Ringkasan Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda akan menguasai seni print screen MacBook. Baik untuk tujuan pribadi maupun profesional, Anda dapat dengan mudah menangkap dan berbagi tangkapan layar yang jelas dan informatif.

Detail FAQ

Bagaimana cara menyimpan tangkapan layar sebagai file?

Setelah mengambil tangkapan layar, tekan “Command + Shift + S” untuk menyimpannya sebagai file.

Bagaimana cara menyalin tangkapan layar ke clipboard?

Tekan “Command + Control + Shift + 3” untuk menyalin tangkapan layar ke clipboard.

Apa saja alat pengeditan yang tersedia di Screenshot Utility?

Screenshot Utility menawarkan alat dasar seperti crop, annotate, dan resize.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *