...

Cara Membagi Layar MacBook: Panduan Komprehensif

  • Rayyan
  • May 28, 2024
Layar membelah split

Apakah Anda seorang multitasker yang ingin memaksimalkan ruang layar Anda? Jika ya, Anda harus menguasai seni membagi layar di MacBook. Teknik ini memungkinkan Anda bekerja dengan beberapa aplikasi secara bersamaan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi Anda.

Dalam panduan ini, kami akan menguraikan langkah demi langkah cara membagi layar di MacBook menggunakan keyboard, Mission Control, dan aplikasi pihak ketiga. Kami juga akan membahas cara mengatur ukuran jendela yang dibagi dan cara membagi layar dengan beberapa aplikasi. Mari kita mulai!

Cara Split Layar MacBook Menggunakan Keyboard

Membagi layar MacBook menggunakan keyboard adalah cara cepat dan mudah untuk mengatur beberapa jendela sekaligus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat dan bekerja dengan dua atau lebih aplikasi secara berdampingan, meningkatkan produktivitas dan alur kerja.

Membagi layar di MacBook dapat meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan Anda melihat beberapa jendela secara bersamaan. Jika Anda juga ingin memperbarui sistem operasi MacBook ke iOS terbaru, Anda dapat mengikuti panduan cara update iOS MacBook . Setelah memperbarui sistem, Anda dapat kembali ke fitur split layar dengan membuka dua aplikasi dan menyeretnya ke tepi layar hingga muncul garis pemisah.

Pintasan Keyboard

  • Split Layar Horizontal: Control + Command + F
  • Split Layar Vertikal: Control + Command + Option + F

Langkah-langkah Menggunakan Pintasan Keyboard

  1. Buka dua aplikasi yang ingin Anda gunakan secara berdampingan.
  2. Tekan pintasan keyboard yang sesuai untuk orientasi split layar yang diinginkan (horizontal atau vertikal).
  3. Jendela akan otomatis menyesuaikan ukuran dan berdampingan.
  4. Mengubah Ukuran Jendela

    Setelah membagi layar, Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela sesuai keinginan dengan menyeret pembatas di antara keduanya. Cukup arahkan kursor ke pembatas dan seret ke kiri atau kanan (untuk split layar horizontal) atau ke atas atau bawah (untuk split layar vertikal).

    Cara split layar di MacBook dapat meningkatkan produktivitas, memungkinkan Anda mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan. Jika Anda kesulitan mengingat kata sandi Wi-Fi yang tersimpan, Anda dapat dengan mudah melupakannya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang diuraikan dalam panduan cara melupakan wifi di macbook . Setelah Anda menyelesaikan proses tersebut, Anda dapat kembali ke split layar di MacBook Anda dengan mengaktifkan Mission Control atau menggunakan pintasan keyboard yang sesuai, seperti Control + Command + Kiri/Kanan.

    Menambahkan Jendela Ketiga

    Jika Anda ingin menambahkan jendela ketiga ke layar split, tekan Control + Command + Option + F saat jendela yang sudah dibagi aktif. Jendela ketiga akan ditambahkan di samping jendela yang sudah ada, menciptakan tata letak tiga jendela.

    Mematikan Split Layar

    Untuk keluar dari mode split layar, cukup tekan tombol Esc atau klik tombol hijau di pojok kiri atas salah satu jendela.

    Cara Split Layar MacBook Menggunakan Mission Control

    Mission Control adalah fitur macOS yang memungkinkan Anda mengelola semua jendela dan desktop Anda di satu tempat. Anda dapat menggunakan Mission Control untuk membagi layar MacBook Anda dengan cepat dan mudah.

    Langkah-langkah Menggunakan Mission Control untuk Membagi Layar

    1. Tekan tombol F3 atau usap ke atas dengan tiga jari pada trackpad.
    2. Seret jendela yang ingin Anda bagi ke sisi layar.
    3. Lepaskan jendela saat berada di tepi layar.
    4. Jendela akan secara otomatis diubah ukurannya dan ditempelkan ke sisi layar.
    5. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk membagi layar menjadi beberapa jendela.

    Menyesuaikan Ukuran Jendela yang Dibagi

    Setelah membagi layar, Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela dengan menyeret pembatas di antara jendela.

    Membagi Layar Secara Otomatis

    macOS juga memiliki fitur yang disebut Split View yang memungkinkan Anda membagi layar menjadi dua jendela secara otomatis. Untuk menggunakan Split View:

    1. Tempatkan kursor di jendela yang ingin Anda bagi.
    2. Klik tombol hijau di pojok kiri atas jendela.
    3. Jendela akan dibagi menjadi dua bagian yang sama.
    4. Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela yang dibagi dengan menyeret pembatas di antara jendela.

    Cara Split Layar MacBook Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

    Selain fitur bawaan macOS, terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat memperluas fungsionalitas split layar pada MacBook. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tambahan, seperti penyesuaian ukuran jendela yang lebih fleksibel, pengaturan tata letak yang lebih canggih, dan pintasan yang dapat disesuaikan.

    Untuk mengoptimalkan penggunaan layar MacBook, pengguna dapat mengaktifkan fitur split screen yang memungkinkan dua aplikasi ditampilkan berdampingan. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membandingkan dokumen, mengelola beberapa tugas, atau mengikuti kelas online sambil mencatat. Selain split screen, pengguna juga dapat menghubungkan iPhone mereka ke MacBook melalui cara tethering iphone ke macbook untuk berbagi koneksi internet.

    Dengan begitu, pengguna dapat mengakses internet di MacBook mereka meskipun tidak ada jaringan Wi-Fi atau Ethernet yang tersedia. Kembali ke topik split screen, pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengarahkan kursor ke tombol hijau (maksimalkan) pada jendela aplikasi dan memilih “Tile Window to the Left of Screen” atau “Tile Window to the Right of Screen”.

    Aplikasi Pihak Ketiga untuk Split Layar

    Berikut beberapa aplikasi pihak ketiga populer yang dapat digunakan untuk split layar pada MacBook:

    • BetterSnapTool: Aplikasi ini memungkinkan penyesuaian ukuran jendela yang lebih presisi, serta pintasan keyboard yang dapat disesuaikan untuk berbagai tata letak split layar.
    • Divvy: Divvy menawarkan berbagai tata letak split layar yang telah ditentukan sebelumnya, serta opsi untuk membuat tata letak khusus. Aplikasi ini juga menyertakan fitur “pemasangan” otomatis, yang secara otomatis menyesuaikan ukuran dan posisi jendela saat Anda menyeretnya ke layar.
    • Moom: Moom menyediakan antarmuka yang intuitif untuk mengelola tata letak split layar, termasuk kemampuan untuk menyimpan dan memuat tata letak yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini juga mendukung pintasan keyboard dan fitur “pusatkan jendela” untuk mengatur jendela secara otomatis di tengah layar.
    • Spectacle: Spectacle adalah aplikasi gratis dan open-source yang menawarkan berbagai tata letak split layar, termasuk tata letak asimetris dan bertumpuk. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat tata letak khusus dan menyimpannya untuk digunakan nanti.

    Pilihan aplikasi pihak ketiga terbaik untuk Anda akan bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik Anda. Sebagian besar aplikasi ini menawarkan uji coba gratis atau versi berbayar dengan fitur tambahan.

    Cara Split Layar MacBook dengan Berbagai Ukuran

    Layar membelah split

    Membagi layar MacBook menjadi beberapa bagian dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan multitasking. Berikut adalah cara melakukannya dengan berbagai ukuran:

    Mengatur Ukuran Jendela yang Di-Split

    Setelah membagi layar, Anda dapat mengatur ukuran jendela yang di-split:

    1. Arahkan kursor ke batas jendela.
    2. Tahan tombol Command (⌘) dan seret batas untuk mengubah ukuran jendela.

    Tips: Untuk mengatur ukuran jendela dengan tepat, tahan tombol Option (⌥) saat menyeret batas.

    Jika Anda perlu bekerja pada beberapa aplikasi sekaligus, Anda dapat membagi layar MacBook Anda untuk membuat dua jendela terpisah. Ini adalah cara mudah untuk membagi fokus Anda dan meningkatkan produktivitas. Jika Anda tidak lagi memerlukan salah satu aplikasi tersebut, Anda dapat dengan mudah meng-uninstall-nya dengan mengikuti langkah-langkah cara uninstall app di macbook . Setelah meng-uninstall aplikasi yang tidak diinginkan, Anda dapat terus menggunakan fitur split layar MacBook Anda untuk mengelola beberapa jendela dengan efisien.

    Cara Split Layar MacBook dengan Beberapa Aplikasi

    Membagi layar MacBook memungkinkan Anda bekerja secara efisien dengan beberapa aplikasi sekaligus. Fitur ini sangat berguna untuk multitasking, seperti membandingkan dokumen, meneliti sambil menulis, atau menonton video saat mengerjakan tugas lain.

    Split Layar dengan Dua Aplikasi

    1. Buka aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan.
    2. Seret jendela aplikasi ke sisi kiri atau kanan layar.
    3. Jendela aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan ukuran dan mengambil setengah dari layar.
    4. Pilih aplikasi kedua yang ingin Anda gunakan dan seret ke sisi layar yang berlawanan.
    5. Jendela aplikasi kedua akan mengisi sisa layar, membagi layar menjadi dua bagian yang sama.

    Split Layar dengan Tiga Aplikasi atau Lebih

    Untuk membagi layar dengan lebih dari dua aplikasi, Anda dapat menggunakan fitur “Spaces” di macOS.

    1. Buat “Space” baru dengan mengklik ikon “+” di bilah menu atas.
    2. Seret jendela aplikasi yang ingin Anda gunakan ke “Space” baru.
    3. Ulangi proses ini untuk setiap aplikasi tambahan yang ingin Anda gunakan.
    4. Beralih di antara “Spaces” menggunakan pintasan keyboard Control + Angka (misalnya, Control + 1 untuk “Space” pertama).

    Metode ini memungkinkan Anda membagi layar secara efektif dengan tiga atau lebih aplikasi, menjaga setiap aplikasi tetap terisolasi di “Space” sendiri.

    Kesimpulan

    Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat dengan mudah membagi layar di MacBook dan meningkatkan alur kerja Anda. Entah Anda seorang siswa, profesional, atau siapa saja yang ingin memaksimalkan layar Anda, teknik ini akan menjadi alat yang sangat berharga dalam gudang senjata Anda. Selamat membagi layar dan semoga produktivitas Anda meningkat!

    Pertanyaan yang Kerap Ditanyakan

    Apakah saya dapat membagi layar MacBook secara vertikal dan horizontal?

    Ya, Anda dapat membagi layar MacBook secara horizontal dan vertikal menggunakan pintasan keyboard atau Mission Control.

    Apa keuntungan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membagi layar?

    Aplikasi pihak ketiga menawarkan fitur tambahan seperti penyesuaian ukuran jendela yang lebih tepat, manajemen jendela yang lebih baik, dan dukungan untuk beberapa layar.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *