...

Panduan Lengkap Cara Menghitung THR Lembur

  • Rayyan
  • Apr 03, 2024
Cara menghitung thr lembur

THR lembur merupakan hak yang harus diterima pekerja yang telah bekerja lembur. Perhitungannya memiliki rumus tersendiri yang telah diatur dalam peraturan yang berlaku. Artikel ini akan mengupas tuntas cara menghitung THR lembur, mulai dari faktor yang memengaruhi hingga contoh kasus praktis.

Dengan memahami cara perhitungan yang benar, pekerja dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan haknya secara utuh. Selain itu, pemberi kerja juga dapat menghitung THR lembur dengan tepat sehingga terhindar dari masalah hukum.

Perhitungan Dasar THR Lembur

THR lembur merupakan hak karyawan yang telah bekerja melebihi waktu kerja yang telah ditentukan. Perhitungan THR lembur didasarkan pada peraturan yang berlaku, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Dalam menghitung THR lembur, terdapat perhitungan khusus yang perlu dilakukan untuk memastikan akurasi. Di sisi lain, bagi pengguna K Vision Bromo, memahami langkah memasukkan kode 3b sangat penting untuk menikmati tayangan yang optimal. Kembali ke topik THR lembur, setelah melakukan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku, karyawan berhak menerima pembayaran THR lembur tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kerja kerasnya.

Rumus perhitungan THR lembur adalah sebagai berikut:

THR Lembur = Upah Lembur x 17%

Upah lembur dihitung berdasarkan ketentuan yang berlaku, yaitu:

Upah Lembur = Upah per Jam x Jumlah Jam Lembur

Contoh perhitungan THR lembur untuk kasus sederhana:

Seorang karyawan bekerja lembur selama 10 jam dengan upah per jam Rp 50. 000. Maka perhitungan THR lemburnya adalah:

Upah Lembur = Rp 50.000 x 10 jam = Rp 500.000THR Lembur = Rp 500.000 x 17% = Rp 85.000

Setelah mengetahui cara menghitung THR lembur, Anda mungkin perlu mengakses saluran televisi untuk hiburan. Salah satu opsi yang tersedia adalah K Vision, yang mengharuskan Anda mengisi kode measat 3b. Untuk mengetahui cara melakukannya, silakan merujuk ke panduan pengisian kode measat 3b di K Vision . Setelah kode dimasukkan dengan benar, Anda dapat kembali menghitung THR lembur dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Faktor yang Mempengaruhi Perhitungan THR Lembur

Lembur excel karyawan menghitung gaji

Perhitungan THR lembur dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Upah per jam:Upah per jam merupakan dasar perhitungan THR lembur. Semakin tinggi upah per jam, semakin besar pula THR lembur yang diterima.
  • Jumlah jam lembur:Jumlah jam lembur yang dikerjakan juga memengaruhi THR lembur. Semakin banyak jam lembur yang dikerjakan, semakin besar pula THR lembur yang diterima.
  • Hari libur/hari raya:THR lembur yang dibayarkan pada hari libur atau hari raya biasanya lebih besar dibandingkan dengan THR lembur yang dibayarkan pada hari biasa. Hal ini karena pada hari libur atau hari raya, pekerja berhak mendapatkan upah lembur yang lebih tinggi.

Cara Menghitung THR Lembur untuk Kasus Kompleks

Dalam situasi tertentu, menghitung THR lembur dapat menjadi kompleks. Berikut adalah langkah-langkah untuk menangani kasus-kasus tersebut:

Lembur di Hari Libur/Hari Raya

  • Gunakan upah lembur per jam standar.
  • Kalikan upah lembur per jam dengan jumlah jam lembur.
  • Tambahkan tunjangan hari raya (THR) yang sesuai.

Lembur di Luar Jam Kerja Normal

  • Gunakan upah lembur per jam standar.
  • Kalikan upah lembur per jam dengan jumlah jam lembur.
  • Tambahkan THR sesuai dengan masa kerja lembur.

Untuk menghitung THR lembur dalam kasus kompleks, penting untuk mempertimbangkan semua faktor yang relevan, seperti upah lembur per jam, jumlah jam lembur, dan hari kerja atau hari libur di mana lembur dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan perhitungan THR lembur yang akurat.

Saat menghitung THR lembur, penting untuk memahami ketentuan yang berlaku. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah cara menambahkan kode 3b di k vision. Kode ini terkait dengan Cara menambahkan kode 3b di k vision . Setelah memahami cara menambahkan kode tersebut, Anda dapat melanjutkan perhitungan THR lembur dengan benar.

Dengan mengikuti ketentuan yang berlaku, Anda dapat memastikan bahwa THR lembur yang Anda terima sesuai dengan hak yang seharusnya.

Pembuatan Tabel Perhitungan THR Lembur

Cara menghitung thr lembur

Untuk memudahkan perhitungan THR lembur, disarankan untuk membuat tabel yang merincikan berbagai skenario perhitungan.

Tabel ini harus mencakup kolom-kolom berikut:

  • Upah per jam
  • Jumlah jam lembur
  • Total THR lembur

Dengan mengisi kolom-kolom ini untuk setiap skenario yang relevan, Anda dapat dengan mudah menghitung THR lembur yang harus dibayarkan kepada karyawan.

Berikut adalah contoh tabel perhitungan THR lembur:

Upah per jam Jumlah jam lembur Total THR lembur
Rp100.000 20 Rp2.000.000
Rp120.000 15 Rp1.800.000
Rp150.000 10 Rp1.500.000

Tabel ini memberikan gambaran yang jelas tentang THR lembur yang harus dibayarkan untuk berbagai tingkat upah dan jumlah jam lembur.

Contoh Praktis Perhitungan THR Lembur

Untuk memperjelas cara menghitung THR lembur, berikut adalah contoh kasus praktis:

Rumus Perhitungan

THR Lembur = (Upah per jam x Jumlah jam lembur) x 12

Untuk menghitung THR lembur, Anda perlu mengetahui jumlah jam lembur yang telah Anda kerjakan dan mengalikannya dengan upah per jam Anda. Upah per jam dihitung dengan membagi gaji bulanan Anda dengan jumlah jam kerja bulanan Anda. Sebagai referensi tambahan, Anda juga dapat mempelajari cara memasukkan kode 3b di receiver k vision pada tautan ini: Cara memasukkan kode 3b di receiver k vision . Kembali ke topik THR lembur, setelah Anda menghitung upah per jam, Anda dapat mengalikannya dengan jumlah jam lembur untuk mendapatkan total THR lembur Anda.

Kasus Praktis

Seorang karyawan memiliki upah per jam sebesar Rp25.000 dan telah bekerja lembur selama 20 jam.

Langkah-langkah Perhitungan

  1. Hitung total upah lembur: Rp25.000 x 20 jam = Rp500.000
  2. Kalikan dengan 12: Rp500.000 x 12 = Rp6.000.000

Jadi, THR lembur yang akan diterima karyawan tersebut adalah Rp6.000.000.

Kesimpulan Akhir

Dengan memahami cara menghitung THR lembur, pekerja dan pemberi kerja dapat memenuhi kewajiban dan hak masing-masing. Perhitungan yang tepat akan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dan terhindar dari perselisihan.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa saja faktor yang memengaruhi perhitungan THR lembur?

Upah per jam, jumlah jam lembur, dan hari libur/hari raya.

Bagaimana cara menghitung THR lembur di hari libur/hari raya?

Upah per jam x jumlah jam lembur x 2.

Apakah ada contoh kasus praktis perhitungan THR lembur?

Ya, akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *