...

Cara Jitu Menjaga Layar MacBook Tetap Aktif

  • Rayyan
  • May 30, 2024
Mati berhasil mengatasi psddesain kembali tidak dihidupkan coba menghidupkan seharusnya

Apakah Anda pernah merasa frustrasi ketika layar MacBook Anda mati secara otomatis, mengganggu alur kerja Anda? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Artikel ini akan memandu Anda melalui berbagai cara efektif untuk mencegah layar MacBook mati secara otomatis, memastikan pengalaman penggunaan yang tidak terputus.

Baik Anda seorang profesional yang perlu menjaga layar tetap aktif untuk presentasi atau siswa yang ingin memperpanjang masa belajar, teknik yang diuraikan di sini akan membantu Anda menyesuaikan pengaturan dan memanfaatkan fitur bawaan MacBook Anda untuk mengontrol batas waktu layar.

Pengaturan Preferensi Sistem

Pengaturan “Tampilan” dalam Preferensi Sistem memungkinkan Anda mengonfigurasi batas waktu layar MacBook. Mengubah pengaturan ini dapat mencegah layar mati secara otomatis setelah periode tidak aktif tertentu.

Mengubah Pengaturan Tampilan

Untuk mengubah pengaturan tampilan:

1. Klik menu Apple dan pilih “Preferensi Sistem”.
2. Klik “Tampilan”.
3. Di tab “Tampilan”, cari bagian “Matikan Tampilan Setelah”.
4. Pilih interval waktu yang diinginkan dari menu tarik-turun.

Opsi Beda untuk Daya Baterai dan Daya

Anda dapat mengatur batas waktu layar yang berbeda untuk saat MacBook menggunakan daya baterai dan saat terhubung ke daya. Ini memungkinkan Anda memperpanjang masa pakai baterai dengan mematikan layar lebih cepat saat menggunakan daya baterai, sambil tetap menjaga layar tetap aktif lebih lama saat terhubung ke daya.

Untuk mengatur batas waktu layar yang berbeda:

1. Di tab “Tampilan”, klik tombol “Opsi Daya”.
2. Centang kotak “Matikan Tampilan Lebih Cepat Saat Menggunakan Baterai”.
3. Pilih interval waktu yang diinginkan dari menu tarik-turun di sebelahnya.

Nonaktifkan Layar Mati Otomatis dengan Aplikasi

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat menonaktifkan fitur layar mati otomatis pada MacBook. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan kontrol yang dapat disesuaikan untuk menyesuaikan pengaturan tampilan.

Untuk menjaga layar MacBook tetap aktif, Anda dapat mengatur pengaturan daya sistem atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda perlu menyimpan tangkapan layar, Anda dapat mempaste tangkapan layar langsung ke dokumen atau menggunakan pintasan keyboard Command + Shift + 4 untuk mengambil tangkapan layar dan menyimpannya ke desktop.

Setelah mengatur pengaturan daya yang sesuai, layar MacBook Anda akan tetap aktif hingga Anda mematikan atau menguncinya secara manual.

Aplikasi Pihak Ketiga

  • Caffeine: Aplikasi gratis dan mudah digunakan yang menonaktifkan layar mati otomatis dengan menekan tombol pintasan.
  • Amphetamine: Aplikasi canggih yang menyediakan kontrol yang lebih detail, termasuk penjadwalan khusus dan pengecualian aplikasi tertentu.
  • InsomniaX: Aplikasi berbayar yang menawarkan fitur tambahan seperti kontrol jarak jauh dan opsi untuk menonaktifkan layar mati hanya saat komputer dicolokkan ke daya.

Fitur Tambahan

  • Kontrol yang Dapat Disesuaikan: Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna mengatur waktu tunda sebelum layar mati atau menonaktifkan fitur ini hanya untuk aplikasi tertentu.
  • Penjadwalan: Aplikasi seperti Amphetamine memungkinkan pengguna membuat jadwal untuk menonaktifkan layar mati otomatis pada waktu tertentu, misalnya saat bekerja atau menonton film.
  • Pengecualian Aplikasi: Beberapa aplikasi menawarkan pengecualian untuk aplikasi tertentu, sehingga fitur layar mati otomatis tetap aktif saat aplikasi tersebut sedang digunakan.

Pertimbangan

Meskipun aplikasi ini dapat bermanfaat, penting untuk diingat bahwa menonaktifkan layar mati otomatis dapat menyebabkan peningkatan konsumsi daya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi ini hanya saat diperlukan dan mengaktifkan kembali fitur layar mati otomatis saat tidak diperlukan.

Menonton film di MacBook dapat terganggu jika layar mati secara otomatis. Untuk mengatasinya, buka System Preferences > Energy Saver dan atur “Turn display off after” menjadi “Never”. Dengan layar yang tetap aktif, Anda dapat menikmati konten favorit Anda di Netflix.

Cara nonton Netflix di MacBook cukup mudah, cukup kunjungi situs Netflix, masuk dengan akun Anda, dan pilih film atau serial yang ingin ditonton. Setelah selesai menonton, Anda dapat kembali ke pengaturan Energy Saver dan mengatur kembali waktu mati layar sesuai keinginan Anda.

Gunakan Terminal

Terminal adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk menonaktifkan layar mati otomatis pada MacBook.

Untuk mengatasi layar MacBook yang tidak mati, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek pengaturan sistem operasi. Cara melihat OS MacBook dapat dilakukan dengan mengklik menu Apple di pojok kiri atas layar dan memilih “Tentang Mac Ini”. Pada tab “Tinjauan”, pengguna dapat melihat versi OS yang terpasang.

Pengaturan tampilan dan manajemen daya juga dapat disesuaikan melalui menu ini untuk mencegah layar mati secara otomatis.

Untuk menggunakan Terminal, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah

  1. Buka Terminal dengan menekan Command + Spasi, lalu ketik “Terminal” dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:
  3. sudo pmset -a displaysleep 0

  4. Masukkan kata sandi Anda saat diminta.

Setelah Anda menjalankan perintah ini, layar MacBook Anda tidak akan mati secara otomatis lagi.

Catatan

  • Perintah ini akan menonaktifkan layar mati otomatis untuk semua akun pengguna.
  • Untuk mengaktifkan kembali layar mati otomatis, ketik perintah berikut di Terminal:
  • sudo pmset -a displaysleep 15

    Jika Anda mengalami masalah layar MacBook tidak mati, salah satu solusi yang dapat dicoba adalah memeriksa pengaturan daya dan memastikan bahwa pengaturan “Putar Tampilan Off Setelah” diatur ke “Tidak Pernah”. Namun, jika Anda telah melakukan downgrade ke sistem operasi macOS versi lama, pengaturan ini mungkin tidak tersedia.

    Dalam kasus ini, Anda dapat mengikuti panduan cara downgrade os macbook untuk mengembalikan MacBook ke sistem operasi versi terbaru dan mengakses pengaturan daya yang diinginkan.

Pemeriksaan Perangkat Keras

Jika solusi perangkat lunak tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan ada masalah perangkat keras yang menyebabkan layar MacBook mati secara otomatis. Berikut beberapa langkah untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah perangkat keras:

Identifikasi Masalah Perangkat Keras

  • Periksa apakah layar MacBook merespons input eksternal, seperti mouse atau keyboard eksternal.
  • Coba sambungkan MacBook ke monitor eksternal untuk menentukan apakah masalahnya ada pada layar internal atau komponen lainnya.
  • Periksa apakah kipas MacBook berfungsi dengan benar, karena panas berlebih dapat menyebabkan masalah layar.

Diagnosis dan Pemecahan Masalah

Setelah mengidentifikasi kemungkinan masalah perangkat keras, ikuti langkah-langkah berikut untuk diagnosis dan pemecahan masalah:

Sensor Cahaya Sekitar

Sensor cahaya sekitar mengontrol kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan. Jika sensor ini rusak, layar dapat mati secara otomatis dalam kondisi cahaya tertentu.

Untuk mendiagnosis masalah sensor cahaya sekitar, coba sesuaikan kecerahan layar secara manual di pengaturan sistem. Jika layar tidak merespons perubahan, sensor cahaya sekitar mungkin rusak dan perlu diganti.

Kabel Layar

Kabel layar menghubungkan layar ke motherboard. Jika kabel ini longgar atau rusak, dapat menyebabkan layar mati secara otomatis.

Untuk mendiagnosis masalah kabel layar, coba gerakkan MacBook dengan lembut sambil mengamati layar. Jika layar berkedip atau mati saat bergerak, kabel layar mungkin longgar dan perlu dikencangkan atau diganti.

Layar LCD

Layar LCD adalah komponen utama layar MacBook. Jika layar LCD rusak, dapat menyebabkan layar mati secara otomatis.

Untuk mendiagnosis masalah layar LCD, coba terapkan sedikit tekanan pada layar. Jika layar berubah warna atau garis muncul, layar LCD mungkin rusak dan perlu diganti.

Mode Cahaya Malam

Mode Cahaya Malam adalah fitur yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata dengan mengurangi emisi cahaya biru dari layar. Cahaya biru diketahui dapat menekan produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun.

Dengan mengaktifkan Mode Cahaya Malam, batas waktu layar dapat diperpanjang karena mata tidak terlalu tegang dan lelah. Pengaturan Mode Cahaya Malam dapat disesuaikan untuk mengatur tingkat pengurangan cahaya biru dan jadwal waktu aktifnya.

Pengaturan Mode Cahaya Malam

  • Intensitas: Intensitas pengurangan cahaya biru dapat disesuaikan dari rendah hingga tinggi.
  • Jadwal: Mode Cahaya Malam dapat dijadwalkan untuk aktif pada waktu tertentu, seperti saat matahari terbenam atau pada jam tertentu.

Manfaat Mode Cahaya Malam

Selain memperpanjang batas waktu layar, Mode Cahaya Malam juga dapat membantu:

  • Meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi gangguan produksi melatonin.
  • Mengurangi ketegangan mata dan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan mata.
  • Menghemat masa pakai baterai dengan mengurangi konsumsi energi layar.

Pemungkas

Mati berhasil mengatasi psddesain kembali tidak dihidupkan coba menghidupkan seharusnya

Dengan menerapkan tips yang dibahas dalam artikel ini, Anda dapat mengatasi masalah layar MacBook yang mati secara otomatis dan menikmati pengalaman penggunaan yang lebih produktif dan menyenangkan. Ingatlah untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda dan periksa secara berkala untuk memastikan layar Anda tetap aktif sesuai keinginan Anda.

Informasi Penting & FAQ

Bagaimana cara mengubah batas waktu layar MacBook?

Anda dapat mengubah batas waktu layar melalui Preferensi Sistem > Tampilan > Matikan Layar.

Apakah ada aplikasi yang dapat menonaktifkan layar mati otomatis?

Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Caffeine dan InsomniaX yang dapat menonaktifkan layar mati otomatis.

Bagaimana cara menggunakan Terminal untuk menonaktifkan layar mati otomatis?

Buka Terminal dan jalankan perintah berikut: “caffeinate -i -u -s”.

Apa saja masalah perangkat keras yang dapat menyebabkan layar mati otomatis?

Masalah perangkat keras seperti baterai yang lemah atau sensor cahaya yang rusak dapat menyebabkan layar mati otomatis.

Bagaimana cara mengaktifkan mode Cahaya Malam untuk memperpanjang masa pakai baterai?

Anda dapat mengaktifkan mode Cahaya Malam melalui Preferensi Sistem > Tampilan > Cahaya Malam. Mode ini mengurangi cahaya biru, yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *