...

Panduan Lengkap: Cara Cek Storage MacBook dengan Mudah

  • Rayyan
  • Jun 02, 2024
Macbook cek medcom ilustrasi

Memeriksa storage MacBook Anda sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan menghindari kehabisan ruang. Artikel komprehensif ini akan memandu Anda melalui berbagai metode untuk memeriksa storage MacBook, mulai dari Finder hingga Terminal, memberikan Anda gambaran yang jelas tentang cara mengelola ruang penyimpanan secara efektif.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mengidentifikasi file dan folder yang memakan banyak ruang, memantau penggunaan storage secara real-time, dan mengonfigurasi pemantauan storage otomatis untuk memastikan ruang penyimpanan Anda selalu terkendali.

Cara Cek Penyimpanan MacBook Melalui Finder

Mac disk penyimpanan

Finder adalah pengelola file bawaan di macOS yang memungkinkan Anda memeriksa penyimpanan yang tersedia dan digunakan di MacBook Anda.

Memeriksa kapasitas penyimpanan MacBook secara berkala sangat penting untuk memastikan performa yang optimal. Namun, terkadang MacBook bisa hang dan tidak merespons. Jika ini terjadi, Anda perlu merestart MacBook. Langkah-langkahnya dapat ditemukan dalam panduan cara restart MacBook yang hang . Setelah MacBook berhasil direstart, Anda dapat melanjutkan memeriksa kapasitas penyimpanan dengan membuka menu Apple dan memilih “About This Mac”.

Di sana, Anda akan menemukan informasi terperinci tentang penggunaan penyimpanan MacBook.

Untuk memeriksa penyimpanan menggunakan Finder, ikuti langkah-langkah berikut:

Mengakses Finder

Klik ikon Finder di Dock atau tekan Command + Space untuk membuka Spotlight dan ketik “Finder”.

Mengecek storage Macbook dapat dilakukan dengan mudah melalui menu “About This Mac” di bagian menu Apple. Selain mengecek storage, penting juga untuk memastikan Macbook Anda terbebas dari virus. Cara cek virus di Macbook dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya.

Setelah melakukan pengecekan virus, Anda dapat kembali mengecek storage Macbook untuk memastikan tidak ada file yang mencurigakan atau menghabiskan banyak ruang penyimpanan.

Memeriksa Penyimpanan

  1. Di bilah sisi kiri Finder, klik “Macintosh HD” atau nama hard drive Anda.
  2. Di bilah menu atas, klik “File” > “Dapatkan Info”.
  3. Pada jendela “Info”, cari bagian “Kapasitas”.

Mengidentifikasi File dan Folder yang Memakan Banyak Ruang

  1. Di bilah menu atas, klik “Tampilan” > “Tampilkan Opsi Tampilan”.
  2. Di bagian “Ukuran”, pilih “Ukuran File”.
  3. File dan folder akan diurutkan berdasarkan ukuran, dengan file terbesar berada di bagian atas.

Cara Cek Penyimpanan MacBook Melalui Monitor Aktivitas

Monitor Aktivitas adalah utilitas bawaan pada MacBook yang menyediakan informasi terperinci tentang penggunaan sumber daya sistem, termasuk penyimpanan. Dengan menggunakan Monitor Aktivitas, Anda dapat memeriksa penggunaan penyimpanan dan mengidentifikasi proses yang menggunakan ruang berlebih.

Saat mengecek storage MacBook, Anda mungkin ingin mengambil tangkapan layar untuk menyimpan informasi penting. Untuk melakukan cara screenshot di MacBook , tekan Command + Shift + 3 untuk menangkap seluruh layar atau Command + Shift + 4 untuk memilih area tertentu.

Setelah mengambil tangkapan layar, Anda dapat kembali memeriksa storage MacBook untuk memastikan ada cukup ruang untuk menyimpan file-file penting Anda.

Mengakses Monitor Aktivitas

Untuk mengakses Monitor Aktivitas, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik logo Apple di pojok kiri atas layar.
  • Pilih “About This Mac”.
  • Klik tab “System Report”.
  • Di panel kiri, pilih “Hardware” dan kemudian “Memory”.

Memeriksa Penggunaan Penyimpanan

Setelah Monitor Aktivitas terbuka, klik tab “Memory”. Di bagian “Memory Pressure”, Anda akan melihat grafik yang menunjukkan penggunaan penyimpanan. Garis hijau menunjukkan memori fisik yang tersedia, sedangkan garis merah menunjukkan memori yang digunakan. Jika garis merah mendekati garis hijau, berarti penyimpanan MacBook Anda hampir penuh.

Setelah mengetahui cara cek storage MacBook, pengguna mungkin mempertimbangkan untuk downgrade OS MacBook. Hal ini dapat dilakukan melalui proses tertentu, yang dapat ditemukan dalam panduan cara downgrade OS MacBook . Setelah berhasil downgrade OS, pengguna dapat kembali mengecek storage MacBook untuk memastikan ketersediaan ruang yang lebih besar.

Mengidentifikasi Proses yang Menggunakan Banyak Ruang

Untuk mengidentifikasi proses yang menggunakan banyak ruang, klik tab “Memory” di Monitor Aktivitas. Di kolom “Memory”, proses akan diurutkan berdasarkan penggunaan memori. Proses yang menggunakan memori paling banyak akan berada di bagian atas daftar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang proses tertentu, klik proses tersebut dan periksa detailnya di panel “Inspector”. Panel “Inspector” akan menampilkan informasi seperti penggunaan CPU, penggunaan memori, dan sumber daya lainnya.

Ringkasan Terakhir

Macbook cek medcom ilustrasi

Dengan memahami cara memeriksa storage MacBook, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan, menjaga kinerja perangkat, dan menghindari frustrasi karena kehabisan ruang. Ingatlah untuk memeriksa storage secara teratur dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengosongkan ruang jika diperlukan, sehingga MacBook Anda dapat terus berfungsi dengan lancar dan efisien.

FAQ Terperinci

Bagaimana cara mengakses Finder di MacBook?

Klik ikon Finder di Dock atau tekan Command + Spasi untuk membuka Spotlight, lalu ketik “Finder” dan tekan Enter.

Bagaimana cara memeriksa storage yang tersedia dan digunakan melalui Menu Apple?

Klik logo Apple di sudut kiri atas layar, pilih “Tentang Mac Ini”, lalu klik tab “Penyimpanan”.

Apa saja aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memeriksa storage MacBook secara otomatis?

Disk Drill, DaisyDisk, dan CleanMyMac adalah beberapa aplikasi populer yang menawarkan pemantauan storage otomatis.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *