...

Tutorial Lengkap: Cara Menyelesaikan Sisi Atas Kubus Rubik 3×3

  • Rayyan
  • Apr 02, 2024
Tutorial menyelesaikan sisi atas pada Rubik 3x3

Selamat datang di panduan langkah demi langkah untuk menaklukkan sisi atas kubus Rubik 3×3 Anda! Perjalanan ini akan mengungkap rahasia untuk menyelaraskan dan memutar bagian atas kubus, sehingga Anda dapat menyelesaikan teka-teki ikonik ini dengan percaya diri.

Mari kita mulai dengan menavigasi struktur dan notasi kubus Rubik, dan kemudian menyelami teknik untuk menaklukkan setiap sisi atas, satu per satu.

Pengantar Sisi Atas Rubik 3×3

Sisi atas Rubik 3×3 terdiri dari 9 kotak yang membentuk bidang persegi. Setiap kotak memiliki satu warna dari enam warna berbeda (putih, kuning, merah, oranye, biru, dan hijau). Tujuan dari tutorial ini adalah untuk memandu Anda menyelesaikan sisi atas Rubik 3×3.

Notasi Rubik 3×3

Untuk menyelesaikan sisi atas, Anda perlu memahami notasi Rubik 3×3. Notasi ini digunakan untuk mewakili gerakan yang Anda buat pada kubus.

  • F: Memutar sisi depan searah jarum jam.
  • B: Memutar sisi belakang searah jarum jam.
  • L: Memutar sisi kiri searah jarum jam.
  • R: Memutar sisi kanan searah jarum jam.
  • U: Memutar sisi atas searah jarum jam.
  • D: Memutar sisi bawah searah jarum jam.

Mengidentifikasi Sisi Atas yang Belum Terselesaikan

Untuk mengidentifikasi sisi atas yang belum terselesaikan, cari sisi yang memiliki kotak tengah dengan warna yang berbeda dari kotak tengah sisi lainnya.

Setelah menguasai sisi atas Rubik 3×3, kini saatnya untuk menjelajahi tempat-tempat menakjubkan di Malang yang ramah bagi penyandang disabilitas. Jelajahi Malang: Tempat Wisata Ramah Disabilitas untuk Pengalaman Tak Terlupakan menawarkan wawasan mendalam tentang berbagai destinasi yang dapat diakses oleh semua orang.

Kembali ke sisi atas Rubik, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan lapisan kedua, yang akan membuka jalan menuju penyelesaian seluruh kubus.

Mengatur Sudut Sisi Atas

Langkah pertama untuk menyelesaikan sisi atas adalah mengatur sudutnya. Ini dilakukan dengan memindahkan sudut ke posisi yang benar dan kemudian memutarnya ke orientasi yang benar.

  • Memindahkan Sudut ke Posisi yang Benar:Untuk memindahkan sudut ke posisi yang benar, gunakan algoritma berikut:
    • F R’ F’ R
  • Memutar Sudut ke Orientasi yang Benar:Setelah sudut berada di posisi yang benar, Anda perlu memutarnya ke orientasi yang benar. Untuk melakukan ini, gunakan algoritma berikut:
    • R U R’ U’

Mengatur Tepi Sisi Atas

Setelah sudut diatur, Anda perlu mengatur tepinya. Ini dilakukan dengan memindahkan tepi ke posisi yang benar dan kemudian memutarnya ke orientasi yang benar.

  • Memindahkan Tepi ke Posisi yang Benar:Untuk memindahkan tepi ke posisi yang benar, gunakan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R F R’ F’
  • Memutar Tepi ke Orientasi yang Benar:Setelah tepi berada di posisi yang benar, Anda perlu memutarnya ke orientasi yang benar. Untuk melakukan ini, gunakan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’

Memposisikan Sisi Atas

Setelah sudut dan tepi diatur, Anda perlu memposisikan sisi atas dengan benar. Ini dilakukan dengan memutar sisi atas hingga sisi berwarna sesuai dengan sisi samping.

Menguasai sisi atas Rubik 3×3 membutuhkan pemahaman mendasar tentang algoritma. Setelah memahami dasar-dasarnya, kita dapat menjelajahi dunia pendidikan yang lebih luas, seperti yang ditawarkan di Malang. Kota ini menjadi rumah bagi berbagai tempat wisata edukasi yang menakjubkan, seperti Museum Brawijaya dan Taman Rekreasi Sengkaling . Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kita dapat memperluas pengetahuan kita sambil menikmati pengalaman yang menyenangkan.

Kembali ke Rubik 3×3, menguasai sisi atas hanyalah langkah awal dalam perjalanan kita menaklukkan teka-teki yang menantang ini.

  • Jika sisi atas berwarna putih, Anda tidak perlu melakukan apa pun.
  • Jika sisi atas berwarna kuning, lakukan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’
  • Jika sisi atas berwarna merah, lakukan algoritma berikut:
    • F R’ F’ R U R’ U’ R
  • Jika sisi atas berwarna oranye, lakukan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’
  • Jika sisi atas berwarna biru, lakukan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’
  • Jika sisi atas berwarna hijau, lakukan algoritma berikut:
    • F R’ F’ R U R’ U’ R

Menyelesaikan Sisi Atas

Langkah terakhir adalah menyelesaikan sisi atas. Ini dilakukan dengan memutar sisi atas hingga semua kotak berwarna sesuai dengan sisi samping.

Setelah menguasai teknik dasar, menyelesaikan sisi atas pada Rubik 3×3 menjadi langkah berikutnya. Dengan mempelajari metode ini, kamu akan selangkah lebih dekat untuk menaklukkan teka-teki kubus ini. Sementara itu, bagi para pencari petualangan, Malang menawarkan berbagai destinasi menarik yang dapat memacu adrenalin.

Mulai dari arung jeram di Sungai Brantas hingga paralayang di Bukit Paralayang, Jelajahi Wisata Petualangan Seru di Malang siap memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kembali ke Rubik, menyelesaikan sisi atas membutuhkan pemahaman pola dan urutan gerakan. Dengan latihan dan kesabaran, kamu pasti bisa menguasai teknik ini dan melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam memecahkan Rubik 3×3.

  • Jika sisi atas sudah terselesaikan, Anda tidak perlu melakukan apa pun.
  • Jika sisi atas belum terselesaikan, lakukan algoritma berikut:
    • R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’

Menyelesaikan Sisi Tengah

Setelah menyelesaikan sisi bawah dan sisi tengah, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan sisi tengah sisi atas. Ini melibatkan pencocokan warna sisi tengah dengan warna sisi bawah yang sesuai.

Menyelaraskan Sisi Tengah

Untuk menyelaraskan sisi tengah, gunakan algoritma berikut:

R U R’ U’ R U2 R’

Tutorial menyelesaikan sisi atas pada Rubik 3×3 dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pemecahan masalah dan pengembangan keterampilan kognitif. Untuk pemula yang ingin menjelajahi alam, Jalur Pendakian Mudah di Malang untuk Pemula menawarkan pilihan yang bagus. Jalur-jalur ini memberikan medan yang dapat diatasi, memungkinkan pendaki pemula membangun kepercayaan diri dan mengembangkan teknik dasar.

Setelah menguasai dasar-dasar pendakian, kembali ke Tutorial menyelesaikan sisi atas pada Rubik 3×3 dapat memberikan tantangan baru dan peluang untuk menerapkan keterampilan pemecahan masalah yang telah diperoleh.

Algoritma ini akan memindahkan sisi tengah yang salah ke posisi yang benar sambil mempertahankan orientasi sisi bawah.

Memasukkan Sisi Tengah

Setelah sisi tengah sejajar, masukkan ke posisi yang benar menggunakan algoritma berikut:

  • Jika sisi tengah berada di sisi depan, gunakan algoritma: R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ F’
  • Jika sisi tengah berada di sisi kanan, gunakan algoritma: R U R’ U’ R U R’ U’ R U2 R’ F R’ F’
  • Jika sisi tengah berada di sisi belakang, gunakan algoritma: R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ F’
  • Jika sisi tengah berada di sisi kiri, gunakan algoritma: R U R’ U’ R U2 R’ F R’ F’

Algoritma ini akan memindahkan sisi tengah ke posisi yang benar dan menyelesaikan sisi tengah sisi atas.

Memposisikan dan Memutar Sisi Tepi

Tutorial menyelesaikan sisi atas pada Rubik 3x3

Setelah menyelesaikan sisi atas, langkah selanjutnya adalah memposisikan dan memutar sisi tepi untuk menyelesaikan Rubik 3×3.

Mengidentifikasi Sisi Tepi yang Benar

Periksa sisi tepi yang belum terpasang pada sisi atas. Identifikasi sisi tepi yang memiliki dua warna yang sama dengan sisi atas.

Memasang Sisi Tepi

  1. Pegang kubus dengan sisi tepi yang benar di bagian depan.
  2. Putar sisi atas searah jarum jam sehingga sisi tepi yang benar sejajar dengan celah kosong di sisi depan.
  3. Masukkan sisi tepi ke dalam celah dengan memutar sisi depan berlawanan arah jarum jam.

Memutar Sisi Tepi

Setelah sisi tepi terpasang, periksa orientasinya. Jika warnanya tidak cocok dengan sisi yang berdekatan, putar sisi tepi menggunakan algoritma berikut:

U’ L U L’ U F U’ F’

Ulangi algoritma ini hingga sisi tepi terorientasi dengan benar.

Ringkasan Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda akan menguasai seni menyelesaikan sisi atas kubus Rubik 3×3. Ingatlah untuk bersabar, berlatih secara teratur, dan jangan menyerah pada frustrasi. Setiap pemecahan yang berhasil akan membawa Anda lebih dekat untuk menaklukkan kubus secara keseluruhan.

Ringkasan FAQ

Mengapa sisi atas kubus Rubik saya tidak bisa diselesaikan?

Pastikan semua sisi lainnya sudah diselesaikan dengan benar. Jika tidak, ketidaksejajaran pada lapisan bawah dapat menghalangi penyelesaian sisi atas.

Apa algoritma untuk menyelaraskan sisi tengah sisi atas?

R U2 R’ U’ R U2 R’

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *