Memulihkan Pesan WhatsApp yang Terhapus Setelah Diblokir: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • Apr 09, 2024
Mengembalikan pesan terhapus pemulihan dicadangkan

Kehilangan pesan WhatsApp yang berharga akibat pemblokiran bisa sangat membuat frustrasi. Namun, jangan khawatir! Dengan mengikuti panduan komprehensif ini, Anda dapat memulihkan pesan yang terhapus tersebut dan mendapatkan kembali komunikasi penting Anda.

Dalam artikel ini, kami akan mengungkap penyebab teknis di balik penghapusan pesan setelah pemblokiran, membahas metode alternatif untuk memulihkan pesan, dan memberikan praktik terbaik untuk mencegah kehilangan pesan di masa mendatang.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus Karena Diblokir

Kehilangan pesan WhatsApp karena diblokir bisa membuat frustrasi. Namun, ada cara untuk memulihkan pesan-pesan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah terperinci untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus karena diblokir:

Mengembalikan dari Cadangan

  • Cadangan Google Drive:Jika Anda telah mengaktifkan pencadangan otomatis di Google Drive, Anda dapat memulihkan pesan dari cadangan terakhir. Hapus instalan WhatsApp, instal ulang, dan masuk dengan nomor telepon yang sama. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi cadangan dan memulihkan pesan Anda.
  • Cadangan Lokal:WhatsApp secara otomatis membuat cadangan lokal pada pukul 02.00 pagi setiap hari. Cari file cadangan di penyimpanan internal Anda di folder “WhatsApp/Databases”. Ganti nama file cadangan yang terbaru menjadi “msgstore.db.crypt12”. Hapus instalan WhatsApp, instal ulang, dan pulihkan pesan dari cadangan lokal.

    Untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus karena diblokir, tersedia berbagai metode. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan memanfaatkan fitur backup otomatis. Namun, jika fitur ini tidak aktif, Anda masih dapat mengecek apakah ada bansos PKH yang bisa diterima melalui HP dengan mengecek nama penerima melalui situs resmi Kemensos ( Cara cek bansos PKH lewat HP dengan nama penerima ). Kembali ke topik pemulihan pesan WhatsApp, jika backup tidak tersedia, Anda dapat mencoba aplikasi pihak ketiga atau menghubungi pihak WhatsApp secara langsung untuk mendapatkan bantuan.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Pesan

  • WhatsRemoved+:Aplikasi ini memindai notifikasi Anda dan menyimpan pesan yang dihapus, termasuk pesan WhatsApp. Aktifkan notifikasi untuk WhatsApp dan izinkan WhatsRemoved+ mengaksesnya.
  • FoneLab:Perangkat lunak ini dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus dari perangkat Android atau iOS, bahkan jika Anda tidak memiliki cadangan.

Tips untuk Meningkatkan Peluang Pemulihan

  • Aktifkan pencadangan otomatis secara teratur.
  • Jangan menghapus aplikasi WhatsApp atau membersihkan cache setelah pesan dihapus.
  • Gunakan aplikasi pemulihan pesan sesegera mungkin setelah pesan dihapus.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data profesional jika metode lain gagal.

Penyebab Pesan WhatsApp Terhapus Setelah Diblokir

Mengembalikan pesan

Ketika seseorang memblokir Anda di WhatsApp, akses ke percakapan dan pesan sebelumnya akan terputus. Pesan yang dikirim sebelum pemblokiran akan terhapus dari perangkat Anda, sementara pesan yang dikirim setelah pemblokiran tidak akan terkirim dan tidak akan muncul di perangkat orang yang memblokir Anda.

Jika Anda menghadapi masalah kehilangan pesan WhatsApp yang terhapus akibat pemblokiran, jangan khawatir. Ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk memulihkannya. Sementara itu, bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk mengecek status bansos PKH, silakan kunjungi Cara cek bansos PKH lewat HP dengan KTP . Setelah menyelesaikan proses pengecekan bansos, Anda dapat kembali ke pembahasan pemulihan pesan WhatsApp yang terhapus akibat pemblokiran.

Proses Pemblokiran

Proses pemblokiran di WhatsApp melibatkan penghapusan akses ke percakapan dan pesan terkait dari perangkat yang diblokir. Ketika seseorang memblokir Anda, server WhatsApp akan menghapus semua riwayat percakapan dari perangkat Anda, termasuk pesan, gambar, dan video.

Selain cara memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus karena diblokir, Anda juga dapat memeriksa status penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) melalui ponsel dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Informasi ini dapat diakses melalui Cara cek bansos PKH lewat HP dengan NIK . Namun, perlu diingat bahwa memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus karena diblokir memerlukan upaya tambahan, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menghubungi pihak WhatsApp secara langsung.

Perbedaan Pemblokiran Sementara dan Permanen

Dalam konteks pemulihan pesan, perbedaan antara pemblokiran sementara dan permanen tidak relevan. Setelah Anda diblokir, akses ke percakapan dan pesan sebelumnya akan dihapus secara permanen dari perangkat Anda.

Jika Anda diblokir di WhatsApp dan kehilangan pesan penting, jangan khawatir. Ada beberapa metode untuk memulihkan pesan yang terhapus. Salah satu opsi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, metode ini tidak selalu efektif. Jika Anda mencari cara yang lebih andal, Anda dapat mencoba mengecek bansos PKH melalui HP untuk orang lain.

Cara cek bansos PKH lewat HP untuk orang lain dapat membantu Anda mengakses data yang disimpan di ponsel orang lain, termasuk pesan WhatsApp. Setelah Anda mendapatkan akses ke pesan, Anda dapat memulihkan pesan yang terhapus karena diblokir.

Alternatif untuk Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus

Mengembalikan pesan terhapus pemulihan dicadangkan

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, terdapat alternatif lain untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus, yaitu:

Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga dapat membantu memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus. Beberapa aplikasi populer antara lain:

  • Wondershare Dr.Fone
  • EaseUS MobiSaver
  • Tenorshare UltData

Aplikasi ini bekerja dengan memindai memori internal dan eksternal perangkat untuk menemukan dan memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus.

Cadangan

Jika Anda telah membuat cadangan pesan WhatsApp sebelum dihapus, Anda dapat memulihkannya dari cadangan tersebut. WhatsApp memungkinkan Anda membuat cadangan pesan secara otomatis atau manual.

Untuk memulihkan pesan dari cadangan:

  1. Copot pemasangan dan instal ulang WhatsApp.
  2. Masukkan nomor telepon Anda dan verifikasi.
  3. Pilih opsi “Pulihkan” saat diminta.

Terakhir

Memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus karena pemblokiran mungkin memerlukan usaha, tetapi dengan mengikuti panduan yang tepat dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, Anda dapat memastikan bahwa komunikasi penting Anda tetap aman dan dapat diakses kapan saja.

Pertanyaan Populer dan Jawabannya

Apakah mungkin memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus setelah diblokir secara permanen?

Tidak, pemulihan pesan WhatsApp yang terhapus setelah pemblokiran permanen tidak mungkin dilakukan.

Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus?

Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, namun keefektifannya bervariasi.

Bagaimana cara mencegah kehilangan pesan WhatsApp di masa mendatang?

Buat cadangan WhatsApp secara teratur, aktifkan fitur pencadangan otomatis, dan lindungi akun WhatsApp Anda dari peretasan dan pemblokiran yang tidak diinginkan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *