...

Cara Screenshot di Laptop dan Ponsel: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • May 19, 2024
Laptop aplikasi merek berbagai pakai kombinasi keyboard bisa compaq hipwee theverge

Mengabadikan momen di layar kini lebih mudah dari sebelumnya. Dengan berbagai perangkat yang kita miliki, seperti laptop dan ponsel, kita dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar atau screenshot dari konten penting, halaman web, atau percakapan. Panduan komprehensif ini akan memberikan langkah-langkah mudah untuk melakukan screenshot di berbagai platform, baik laptop Windows, Mac, ponsel Android, iOS, maupun Chromebook.

Apakah Anda perlu mendokumentasikan kesalahan, berbagi informasi dengan rekan kerja, atau menyimpan kenangan digital, panduan ini akan membekali Anda dengan pengetahuan yang diperlukan untuk mengambil screenshot secara efisien dan efektif.

Cara Screenshot di Laptop Windows

Mengambil screenshot di laptop Windows sangat mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa metode. Metode yang paling umum adalah menggunakan tombol “PrtScn”, Snipping Tool, atau kombinasi keyboard dan touchpad.

Selain cara ss laptop hp yang telah dijelaskan, Anda mungkin juga perlu mengetahui cara cek password wifi di laptop. Hal ini berguna jika Anda lupa password wifi yang sedang terhubung. Dengan mengetahui cara cek password wifi di laptop, Anda dapat mengambil kembali password tersebut dan menggunakannya untuk terhubung kembali ke jaringan wifi yang sama.

Setelah Anda mengetahui password wifi, Anda dapat kembali ke cara ss laptop hp yang telah dibahas sebelumnya untuk mengambil tangkapan layar dari konten yang diinginkan.

Screenshot Menggunakan Tombol “PrtScn”

Tombol “PrtScn” (Print Screen) pada keyboard laptop berfungsi untuk mengambil screenshot dari seluruh layar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “PrtScn” pada keyboard.
  2. Gambar tangkapan layar akan disalin ke clipboard.
  3. Buka program pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop.
  4. Tekan “Ctrl” + “V” untuk menempelkan gambar tangkapan layar.
  5. Simpan gambar dalam format yang diinginkan.

Screenshot Area Tertentu Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dari area tertentu di layar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Windows” + “R” untuk membuka jendela Run.
  2. Ketik “snippingtool” dan tekan “Enter”.
  3. Pilih mode tangkapan layar yang diinginkan (Rectangular Snip, Free-form Snip, atau Window Snip).
  4. Seret kursor untuk memilih area yang ingin di-screenshot.
  5. Lepaskan kursor untuk mengambil tangkapan layar.
  6. Gambar tangkapan layar akan terbuka di jendela Snipping Tool.
  7. Klik “File” > “Save As” untuk menyimpan gambar dalam format yang diinginkan.

Screenshot Menggunakan Keyboard dan Touchpad

Beberapa laptop memungkinkan Anda mengambil screenshot menggunakan kombinasi keyboard dan touchpad. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Fn” + tombol “PrtScn” pada keyboard.
  2. Gambar tangkapan layar akan disimpan di folder “Pictures” di komputer Anda.

Cara Screenshot di Laptop Mac

Mengambil screenshot di laptop Mac adalah tugas yang mudah dan nyaman, memungkinkan Anda menangkap gambar dari layar Anda dengan cepat dan efisien.

Menggunakan Tombol Pintas

Metode paling umum untuk mengambil screenshot di Mac adalah menggunakan tombol pintas:

  • Screenshot Seluruh Layar: Tekan “Command + Shift + 3”.
  • Screenshot Area Tertentu: Tekan “Command + Shift + 4”, lalu seret kursor untuk memilih area yang ingin di-screenshot.

Opsi Screenshot

Setelah mengambil screenshot, Anda akan melihat opsi untuk:

  • Menyimpan sebagai File: Klik tombol “Simpan” dan pilih lokasi untuk menyimpan screenshot.
  • Menyalin ke Clipboard: Klik tombol “Salin” untuk menyalin screenshot ke clipboard, sehingga dapat ditempelkan ke aplikasi lain.

Fitur Tambahan

Selain metode dasar, macOS juga menawarkan fitur tambahan untuk screenshot:

  • Menggunakan Touch Bar: Jika Mac Anda memiliki Touch Bar, Anda dapat mengklik tombol “Screenshot” untuk mengambil screenshot.
  • Menyesuaikan Opsi Screenshot: Anda dapat menyesuaikan opsi screenshot dengan membuka System Preferences > Keyboard > Screenshots.

Kesimpulan

Mengambil screenshot di laptop Mac sangat mudah dan serbaguna, memberikan Anda berbagai opsi untuk menangkap dan menyimpan gambar dari layar Anda.

Cara Screenshot di Ponsel Android

Mengambil screenshot di ponsel Android sangatlah mudah. Tersedia beberapa metode untuk melakukannya, bergantung pada jenis ponsel yang Anda miliki.

Jika Anda ingin mengabadikan tangkapan layar dari laptop HP, tekan tombol “PrtScn” atau “Fn + PrtScn”. Tangkapan layar akan disimpan di clipboard Anda. Anda juga dapat menjual laptop Anda di pegadaian jika Anda membutuhkan uang tunai cepat. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam cara jual laptop di pegadaian . Setelah Anda menjual laptop Anda, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli yang baru atau mengabadikan lebih banyak tangkapan layar dari laptop baru Anda.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Metode paling umum untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol Daya secara bersamaan.
  • Tahan tombol hingga Anda mendengar suara rana kamera atau melihat animasi screenshot.

Menggunakan Gesture

Beberapa ponsel Android juga memungkinkan Anda mengambil screenshot menggunakan gesture. Berikut langkah-langkahnya:

  • Usap tiga jari ke bawah layar dari atas.
  • Tahan hingga Anda mendengar suara rana kamera atau melihat animasi screenshot.

Fitur Screenshot Lanjutan

Beberapa ponsel Android memiliki fitur screenshot lanjutan, seperti screenshot bergulir. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dari seluruh halaman web atau dokumen, bahkan yang lebih panjang dari layar ponsel.

Untuk menggunakan fitur screenshot bergulir, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas.
  • Ketuk tombol “Scroll Capture” yang muncul di bagian bawah layar.
  • Gulir ke bawah halaman atau dokumen untuk menangkap area yang ingin Anda screenshot.

Cara Screenshot di Ponsel iOS

Laptop aplikasi merek berbagai pakai kombinasi keyboard bisa compaq hipwee theverge

Screenshot adalah cara mudah untuk mengabadikan momen di layar ponsel iOS Anda. Ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, tergantung pada model iPhone Anda.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Untuk mengambil screenshot menggunakan tombol kombinasi, tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume naik secara bersamaan. Layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara rana kamera. Screenshot akan disimpan di aplikasi Foto.

Untuk mengabadikan tampilan layar laptop atau HP, Anda dapat menggunakan fitur screenshot. Jika setelah mengambil screenshot, Anda menemukan banyak file sampah menumpuk di laptop, Anda dapat menghapusnya dengan mengikuti panduan cara hapus file sampah di laptop . File sampah tersebut dapat memperlambat kinerja laptop, sehingga perlu dibersihkan secara berkala.

Setelah membersihkan file sampah, Anda dapat melanjutkan mengambil screenshot pada laptop atau HP Anda dengan lebih optimal.

Menggunakan AssistiveTouch

Jika Anda kesulitan menekan tombol fisik, Anda dapat menggunakan AssistiveTouch untuk mengambil screenshot. Untuk mengaktifkan AssistiveTouch, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch. Ketuk ikon AssistiveTouch di layar, lalu ketuk Perangkat > Screenshot.

Opsi Screenshot di iOS

Setelah Anda mengambil screenshot, Anda dapat menggunakan opsi pengeditan bawaan iOS untuk menandai atau membuat anotasi pada gambar. Untuk mengakses opsi ini, ketuk pratinjau screenshot di sudut kiri bawah layar. Anda dapat menggunakan alat penanda, menambahkan teks, atau memangkas gambar.

Cara Screenshot di Chromebook

Screenshot atau tangkapan layar adalah cara mudah untuk mengabadikan konten di layar Chromebook. Artikel ini akan memandu Anda melalui berbagai metode untuk mengambil screenshot, baik untuk seluruh layar maupun area tertentu.

Setelah menguasai cara mengambil tangkapan layar pada laptop HP, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengabadikan momen penting selama rapat virtual. Untuk bergabung dalam Zoom meeting di laptop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan pada artikel cara join zoom meeting di laptop . Dengan menguasai kedua teknik ini, Anda dapat dengan mudah berpartisipasi dalam rapat virtual sambil menyimpan catatan penting melalui tangkapan layar.

Mengambil Screenshot Seluruh Layar

  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + F5 secara bersamaan.
  • Screenshot akan secara otomatis disimpan sebagai file PNG di folder “Download”.

Mengambil Screenshot Area Tertentu

  • Tekan dan tahan tombol Shift.
  • Kemudian, tekan kombinasi tombol Ctrl + F5.
  • Kursor akan berubah menjadi tanda silang.
  • Klik dan seret tanda silang untuk memilih area yang ingin di-screenshot.
  • Lepaskan tombol mouse untuk mengambil screenshot.
  • Screenshot akan disalin ke clipboard, siap untuk ditempelkan ke aplikasi lain.

Opsi Screenshot Lainnya

Selain metode di atas, Chromebook juga menawarkan beberapa opsi screenshot lainnya:

  • Simpan sebagai File: Setelah mengambil screenshot, Anda dapat mengklik ikon “Simpan” di bilah notifikasi untuk menyimpannya sebagai file.
  • Bagikan ke Google Drive: Anda juga dapat mengklik ikon “Bagikan” di bilah notifikasi untuk berbagi screenshot ke Google Drive.
  • Edit Screenshot: Setelah mengambil screenshot, Anda dapat mengklik ikon “Edit” di bilah notifikasi untuk mengeditnya menggunakan editor gambar bawaan Chromebook.

Simpulan Akhir

Dengan menguasai teknik screenshot di berbagai perangkat, Anda dapat dengan mudah menangkap dan membagikan informasi penting, mendokumentasikan proses, atau sekadar mengabadikan momen berharga. Panduan ini telah memberikan panduan langkah demi langkah yang komprehensif untuk membantu Anda menguasai seni screenshot, sehingga Anda dapat memanfaatkan fitur praktis ini secara maksimal.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Bagaimana cara mengambil screenshot area tertentu di laptop Windows?

Gunakan Snipping Tool atau tekan tombol “PrtScn” dan tempelkan ke program pengedit gambar seperti Paint.

Apa kombinasi tombol untuk screenshot di ponsel Android?

Umumnya “Volume Turun + Daya”, tetapi dapat bervariasi tergantung perangkat.

Bagaimana cara screenshot di Chromebook tanpa tombol “PrtScn”?

Tekan “Ctrl + F5” untuk mengambil screenshot seluruh layar atau “Shift + Ctrl + F5” untuk area tertentu.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *