...

Panduan Lengkap Split Screen MacBook: Cara Membagi Layar dengan Mudah

  • Rayyan
  • May 28, 2024
Split

Membagi layar MacBook adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas dan multitasking. Dengan fitur bawaan dan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah membagi layar menjadi dua atau lebih bagian, memungkinkan Anda bekerja pada beberapa tugas sekaligus. Panduan komprehensif ini akan memandu Anda melalui berbagai metode split screen MacBook, sehingga Anda dapat memaksimalkan ruang layar dan efisiensi Anda.

Dari pintasan keyboard yang praktis hingga gerakan trackpad yang intuitif, kami akan membahas semua cara untuk membagi layar MacBook Anda. Kami juga akan mengeksplorasi aplikasi pihak ketiga yang dapat memperluas fungsionalitas split screen, serta cara berbagi layar dan merekam aktivitas Anda.

Cara Split Screen MacBook dengan Shortcut Keyboard

Membagi layar di MacBook menggunakan pintasan keyboard adalah cara cepat dan mudah untuk meningkatkan produktivitas. Dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu, Anda dapat membagi layar secara horizontal atau vertikal, memungkinkan Anda untuk bekerja dengan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Saat menggunakan split screen di MacBook, Anda mungkin menghadapi gangguan akibat virus. Jika ini terjadi, segera lakukan langkah-langkah untuk menghilangkan virus di MacBook Anda untuk melindungi perangkat dan data Anda. Setelah virus berhasil diatasi, Anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan split screen seperti biasa.

Split screen memungkinkan Anda membagi layar MacBook menjadi dua bagian, sehingga Anda dapat mengerjakan dua aplikasi atau dokumen secara bersamaan. Untuk mengaktifkan split screen, cukup seret jendela aplikasi ke salah satu sisi layar hingga muncul garis pembatas.

Membagi Layar Secara Horizontal

Untuk membagi layar secara horizontal, tekan Command + Option + F. Layar akan dibagi menjadi dua bagian yang sama, dengan aplikasi saat ini mengisi bagian atas dan bagian bawah tetap kosong. Anda dapat menarik jendela aplikasi lain ke bagian bawah untuk mengisinya.

Membagi Layar Secara Vertikal

Untuk membagi layar secara vertikal, tekan Command + Option + R. Layar akan dibagi menjadi dua bagian yang sama, dengan aplikasi saat ini mengisi bagian kiri dan bagian kanan tetap kosong. Anda dapat menarik jendela aplikasi lain ke bagian kanan untuk mengisinya.

Menyesuaikan Ukuran Layar yang Dibagi

Setelah layar dibagi, Anda dapat menyesuaikan ukuran bagian-bagian dengan menyeret pembatas di antara keduanya. Arahkan kursor ke pembatas dan seret ke kiri atau kanan (untuk pembagian horizontal) atau ke atas atau bawah (untuk pembagian vertikal) untuk mengubah ukuran.

Keluar dari Mode Layar Terbagi

Untuk keluar dari mode layar terbagi, cukup seret pembatas ke tepi layar. Bagian yang dibagi akan menutup dan layar akan kembali ke tampilan penuh.

Cara Split Screen MacBook Menggunakan Trackpad

Membagi layar di MacBook menggunakan trackpad sangat mudah dan intuitif. Metode ini memungkinkan Anda untuk menampilkan dua aplikasi atau dokumen secara berdampingan, sehingga memudahkan untuk multitasking dan membandingkan informasi.

Jika Anda ingin membagi layar MacBook Anda menjadi beberapa jendela, Anda dapat menggunakan fitur split screen. Untuk melakukannya, cukup seret salah satu jendela ke sisi kiri atau kanan layar. Saat Anda melepaskan mouse, jendela akan terkunci pada tempatnya dan Anda dapat memilih jendela lain untuk mengisi sisi layar yang berlawanan.

Jika Anda perlu memotong atau menyalin teks dari satu jendela ke jendela lain, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl+X untuk memotong, lalu tekan Ctrl+V untuk menempelkan teks di jendela lain. Setelah selesai bekerja dalam mode split screen, Anda dapat mengembalikan jendela ke ukuran aslinya dengan menyeret bilah pemisah ke tengah layar.

Menggunakan Gerakan Trackpad

Untuk membagi layar menggunakan trackpad, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Posisikan kursor pada garis pemisah antara dua jendela.
  2. Tekan dan tahan tombol “Option” (Alt) pada keyboard.
  3. Geser garis pemisah ke kiri atau kanan menggunakan dua jari.
  4. Lepaskan tombol “Option” dan dua jari saat garis pemisah berada di posisi yang diinginkan.

Layar akan terbagi menjadi dua bagian dengan rasio yang dapat disesuaikan. Anda dapat menyesuaikan ukuran bagian dengan menyeret garis pemisah ke atas atau ke bawah.

Menggunakan Mission Control

Selain menggunakan trackpad, Anda juga dapat membagi layar menggunakan Mission Control. Berikut caranya:

  • Tekan tombol “F3” pada keyboard atau geser ke atas dengan tiga jari di trackpad.
  • Arahkan kursor ke jendela yang ingin Anda bagi.
  • Klik tombol “Bagikan Layar” di sudut kiri atas jendela.
  • Pilih jendela lain yang ingin Anda bagikan layar.

Layar akan terbagi menjadi dua bagian dengan rasio yang sama.

Cara Split Screen MacBook Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga menawarkan opsi tambahan untuk membagi layar MacBook, menyediakan fitur dan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan metode bawaan. Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

BetterTouchTool

BetterTouchTool adalah aplikasi yang komprehensif yang memungkinkan Anda mengontrol banyak aspek macOS, termasuk manajemen jendela. Ini menawarkan berbagai opsi pembagian layar, termasuk:

  • Membagi layar secara vertikal atau horizontal
  • Menyesuaikan ukuran jendela dengan mudah
  • Menyimpan dan memuat tata letak jendela yang telah ditentukan sebelumnya

Magnet

Magnet adalah aplikasi khusus untuk manajemen jendela yang menyederhanakan proses pembagian layar. Ini menggunakan pintasan keyboard dan gerakan mouse untuk dengan cepat memindahkan dan mengatur jendela:

  • Snap jendela ke sisi atau sudut layar
  • Buat tata letak jendela yang telah ditentukan sebelumnya
  • Ubah ukuran jendela secara otomatis

Moom

Moom adalah aplikasi lain yang menawarkan berbagai fitur pembagian layar, termasuk:

  • Membagi layar menjadi beberapa zona
  • Mengontrol ukuran dan posisi jendela secara tepat
  • Mengatur tata letak jendela yang rumit

Aplikasi pihak ketiga ini memberikan kontrol yang lebih baik atas manajemen jendela, memungkinkan Anda menyesuaikan lingkungan kerja untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Cara Split Screen MacBook dan Berbagi Layar dengan Orang Lain

: Berikan gambaran umum tentang manfaat dan cara membagi layar MacBook serta berbagi layar dengan orang lain

Saat membagi layar di MacBook, Anda dapat mengakses berbagai jaringan Wi-Fi. Namun, jika Anda perlu melupakan jaringan yang tersimpan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara melupakan wifi di macbook . Setelah menghapus jaringan yang tidak diinginkan, Anda dapat kembali ke pengaturan split screen MacBook dan melanjutkan pekerjaan Anda dengan mudah, menikmati layar yang terbagi untuk meningkatkan produktivitas.

Cara Membagi Layar MacBook

: Jelaskan langkah-langkah membagi layar MacBook menggunakan fitur bawaan

Berbagi Layar dengan Orang Lain

: Berikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara berbagi layar MacBook dengan orang lain melalui aplikasi berbagi layar

Aplikasi Berbagi Layar yang Direkomendasikan

  • Zoom
  • Google Meet
  • Microsoft Teams

Paragraf penutup: Ringkas manfaat dan kemudahan berbagi layar MacBook dengan orang lain

Split screen pada MacBook memungkinkan Anda bekerja dengan dua aplikasi secara berdampingan. Untuk melakukannya, seret jendela satu aplikasi ke tepi kiri atau kanan layar, lalu seret jendela aplikasi lain ke tepi yang berlawanan. Jika Anda ingin meng-uninstall aplikasi dari MacBook, Anda dapat melakukannya dengan menyeretnya ke Sampah.

Namun, untuk penghapusan yang lebih menyeluruh, disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini: cara uninstall aplikasi di macbook . Setelah meng-uninstall aplikasi yang tidak diinginkan, Anda dapat kembali ke split screen dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya.

Cara Split Screen MacBook dan Merekam Aktivitas

Split screen adalah fitur yang memungkinkan Anda membagi layar MacBook menjadi dua atau lebih bagian, sehingga Anda dapat melihat dan bekerja pada beberapa aplikasi atau dokumen secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna untuk multitasking, seperti menulis makalah sambil meneliti online, atau membandingkan dua dokumen.

Cara Split Screen di MacBook

Untuk membagi layar di MacBook, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi atau dokumen yang ingin Anda lihat berdampingan.
  • Arahkan kursor ke tombol hijau “Maksimumkan” di sudut kiri atas jendela aplikasi.
  • Tahan tombol “Option” dan klik tombol “Maksimumkan”.
  • Pilih tata letak layar split yang diinginkan dari opsi yang tersedia.

Cara Merekam Aktivitas Layar saat Split Screen

Anda dapat merekam aktivitas layar Anda saat membagi layar menggunakan perekam layar bawaan macOS atau aplikasi pihak ketiga. Berikut cara menggunakan perekam layar bawaan:

  • Buka aplikasi Perekam Layar yang terdapat di folder Aplikasi > Utilitas.
  • Klik tombol “Rekam” untuk memulai perekaman.
  • Untuk merekam bagian layar tertentu, klik dan seret untuk memilih area yang ingin Anda rekam.
  • Untuk berhenti merekam, klik tombol “Stop” di bilah menu atau tekan tombol “Command” + “Control” + “Esc”.

Ringkasan Penutup

Split

Dengan menguasai teknik split screen, Anda dapat mengubah MacBook Anda menjadi ruang kerja yang lebih fleksibel dan produktif. Baik Anda seorang siswa, profesional, atau penggemar multitasking, panduan ini akan membantu Anda mengoptimalkan layar MacBook Anda dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

Kumpulan FAQ

Apakah saya dapat membagi layar MacBook secara vertikal dan horizontal?

Ya, Anda dapat membagi layar MacBook secara horizontal dan vertikal menggunakan pintasan keyboard atau gerakan trackpad.

Aplikasi pihak ketiga apa yang dapat saya gunakan untuk split screen MacBook?

Aplikasi pihak ketiga seperti BetterTouchTool dan Magnet menawarkan fitur tambahan untuk split screen, seperti pembagian layar yang dapat disesuaikan dan tata letak jendela yang telah ditentukan.

Bisakah saya berbagi layar MacBook saya yang terbagi dengan orang lain?

Ya, Anda dapat berbagi layar MacBook Anda yang terbagi dengan orang lain menggunakan fitur berbagi layar bawaan atau aplikasi pihak ketiga seperti Zoom atau Google Meet.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *