...

Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Vivo V17: Panduan Langkah Demi Langkah

  • Rayyan
  • Apr 09, 2024
Aplikasi menyembunyikan

Menyembunyikan aplikasi di HP menjadi kebutuhan bagi banyak pengguna untuk menjaga privasi atau mengatur tampilan layar utama. HP Vivo V17 menawarkan fitur bawaan dan opsi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan efektif.

Dalam panduan ini, kita akan membahas berbagai metode untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, alasan di baliknya, dan cara menampilkannya kembali saat diperlukan. Kami juga akan memberikan tips keamanan penting untuk menjaga privasi Anda tetap terlindungi.

Metode Menyembunyikan Aplikasi

Ponsel Vivo V17 hadir dengan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi dari layar beranda. Fitur ini berguna untuk melindungi privasi dan menjaga agar layar beranda tetap rapi.

Menggunakan Fitur Bawaan

  1. Buka layar beranda dan sentuh dan tahan pada aplikasi yang ingin disembunyikan.
  2. Pilih “Sembunyikan aplikasi” dari menu yang muncul.
  3. Masukkan kata sandi atau pola kunci layar Anda untuk mengonfirmasi.
  4. Aplikasi akan disembunyikan dari layar beranda.

Contoh

Sebagai contoh, Anda dapat menyembunyikan aplikasi “Galeri” dengan nama ikonnya “Album”. Setelah disembunyikan, aplikasi “Album” tidak akan terlihat di layar beranda.

Opsi Lain

Selain menggunakan fitur bawaan, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi di Vivo V17 menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi populer untuk menyembunyikan aplikasi antara lain App Hider, Hide Apps, dan Vault.

Alasan Menyembunyikan Aplikasi

Aplikasi menyembunyikan

Pengguna menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17 mereka karena berbagai alasan. Salah satu alasan utama adalah untuk melindungi privasi. Aplikasi yang berisi informasi sensitif, seperti aplikasi perbankan atau pesan, dapat disembunyikan untuk mencegah akses yang tidak sah.

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, Anda dapat mengikuti langkah-langkah tertentu. Namun, jika Anda memerlukan informasi terkait cara memeriksa bansos PKH melalui HP dengan alamat, Anda dapat merujuk pada artikel ini . Kembali ke topik utama, setelah menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya kapan pun Anda mau.

Selain itu, menyembunyikan aplikasi juga dapat membantu mengatur tampilan layar utama. Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi yang jarang digunakan atau tidak penting untuk membuat tampilan layar utama lebih rapi dan teratur.

Dampak Negatif Menyembunyikan Aplikasi Berlebihan

Meskipun menyembunyikan aplikasi dapat bermanfaat, menyembunyikan terlalu banyak aplikasi dapat berdampak negatif. Hal ini dapat membuat sulit menemukan aplikasi yang dibutuhkan, terutama jika pengguna lupa di mana mereka menyembunyikannya.

Selain itu, menyembunyikan aplikasi juga dapat menyebabkan masalah keamanan. Jika pengguna menyembunyikan aplikasi yang berbahaya atau tidak tepercaya, aplikasi tersebut mungkin masih dapat berjalan di latar belakang dan mengakses data atau informasi pribadi pengguna.

Cara Menampilkan Kembali Aplikasi yang Tersembunyi

Menampilkan kembali aplikasi yang tersembunyi di HP Vivo V17 dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut panduan langkah demi langkahnya:

Menggunakan Menu Pengaturan

  • Buka menu Pengaturan di HP Vivo V17.
  • Gulir ke bawah dan pilih “Aplikasi & Pemberitahuan”.
  • Ketuk “Aplikasi Tersembunyi”.
  • Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan kembali.
  • Ketuk tombol “Tampilkan”.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan menu pengaturan, pengguna juga dapat menampilkan kembali aplikasi tersembunyi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah “App Hider”.

Setelah aplikasi diinstal, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi App Hider.
  2. Berikan izin yang diperlukan.
  3. Pilih tab “Aplikasi Tersembunyi”.
  4. Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan kembali.
  5. Ketuk tombol “Tampilkan”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah menampilkan kembali aplikasi yang telah disembunyikan di HP Vivo V17.

Tips Keamanan Saat Menyembunyikan Aplikasi

Menyembunyikan aplikasi di HP dapat memberikan privasi dan keamanan tambahan, namun penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan perlindungan maksimal. Berikut beberapa tips untuk menjaga keamanan dan privasi saat menyembunyikan aplikasi:

Hindari Aplikasi Tidak Resmi

Hindari mengunduh aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat menyembunyikan aplikasi. Aplikasi ini seringkali tidak dapat diandalkan dan dapat berisi malware yang dapat membahayakan perangkat Anda.

Gunakan Fitur Bawaan HP

Jika memungkinkan, gunakan fitur bawaan HP Anda untuk menyembunyikan aplikasi. Fitur ini biasanya lebih aman dan dapat diandalkan daripada aplikasi pihak ketiga.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Semua Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu ketuk “Sembunyikan Aplikasi”. Jika ingin mengakses aplikasi tersembunyi, kamu bisa membuka Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Aplikasi Tersembunyi.

Berbeda dengan cara sembunyikan aplikasi, untuk mengecek status penerima bantuan sosial PKH, kamu bisa menggunakan HP dengan mengakses situs Cara cek bansos PKH lewat HP dengan NIK . Cukup masukkan NIK dan data diri lainnya untuk mengetahui apakah kamu terdaftar sebagai penerima bantuan.

Berikan Kata Sandi atau PIN

Aktifkan kata sandi atau PIN untuk mengakses aplikasi tersembunyi. Ini menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk mencegah akses tidak sah.

Tetap Perbarui

Selalu perbarui perangkat dan aplikasi Anda ke versi terbaru. Pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi Anda dari kerentanan yang dapat dieksploitasi.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, kamu dapat menggunakan fitur “Sembunyikan Aplikasi” pada menu pengaturan. Setelah aplikasi disembunyikan, kamu dapat mengembalikannya dengan cara yang sama. Jika kamu kesulitan mencari bantuan sosial (bansos) PKH, kamu bisa mengeceknya melalui HP tanpa aplikasi.

Kunjungi Cara cek bansos PKH lewat HP tanpa aplikasi untuk mengetahui langkah-langkahnya. Setelah mengetahui status bansos, kamu dapat kembali ke pengaturan HP Vivo V17 untuk menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan.

Kenali Aplikasi Berbahaya

Berhati-hatilah terhadap aplikasi yang meminta izin tidak perlu atau berperilaku tidak biasa. Aplikasi seperti ini dapat menyembunyikan malware yang dapat mencuri informasi pribadi atau merusak perangkat Anda.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi & Notifikasi, ketuk Kelola Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Ketuk tombol “Sembunyikan” dan aplikasi akan hilang dari layar beranda. Jika kamu perlu mengakses aplikasi tersembunyi, buka menu Pengaturan dan ketik nama aplikasi di bilah pencarian.

Di sisi lain, kamu juga dapat memeriksa status bansos PKH menggunakan nomor Kartu Keluarga melalui aplikasi Cek Bansos atau situs resmi Kemensos ( Cara cek bansos PKH lewat HP dengan nomor KK ). Untuk menyembunyikan kembali aplikasi di HP Vivo V17, ikuti langkah yang sama dan ketuk tombol “Tampilkan” untuk membuat aplikasi muncul kembali di layar beranda.

Alternatif Menyembunyikan Aplikasi

Selain metode bawaan, ada alternatif lain untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17. Berikut beberapa opsi yang bisa dipertimbangkan:

Folder Aman

Folder Aman adalah fitur bawaan Vivo yang memungkinkan pengguna membuat ruang aman dan terenkripsi di ponsel mereka. Aplikasi yang dipindahkan ke Folder Aman akan disembunyikan dari peluncur dan aplikasi lain, sehingga hanya dapat diakses melalui Folder Aman.

Kontrol Orang Tua

Beberapa aplikasi kontrol orang tua, seperti Google Family Link, memungkinkan orang tua untuk mengelola dan membatasi penggunaan aplikasi pada perangkat anak mereka. Orang tua dapat menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan aplikasi tertentu yang tidak sesuai untuk anak-anak.

Peluncur Pihak Ketiga

Beberapa peluncur pihak ketiga, seperti Nova Launcher dan Apex Launcher, menawarkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Peluncur ini memungkinkan pengguna untuk membuat laci aplikasi khusus yang hanya menampilkan aplikasi tertentu, menyembunyikan yang lain.

Pro dan Kontra Setiap Metode

Setiap metode memiliki pro dan kontra masing-masing:

Folder Aman

* Pro: Sangat aman, aplikasi terenkripsi dan tersembunyi dengan baik.
* Kontra: Mungkin tidak mudah diakses, memerlukan langkah ekstra untuk membuka Folder Aman.

Kontrol Orang Tua

* Pro: Memberikan kontrol orang tua yang komprehensif, dapat menyembunyikan aplikasi dan membatasi penggunaan.
* Kontra: Hanya tersedia pada perangkat anak-anak, tidak cocok untuk penggunaan pribadi.

Peluncur Pihak Ketiga

* Pro: Fleksibel, dapat menyesuaikan laci aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu.
* Kontra: Tidak seaman Folder Aman, mungkin memerlukan akses root.

Rekomendasi

Pilihan metode terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Untuk keamanan maksimal, Folder Aman sangat direkomendasikan. Jika diperlukan kontrol orang tua, aplikasi kontrol orang tua adalah pilihan yang tepat. Bagi yang menginginkan fleksibilitas, peluncur pihak ketiga dapat menjadi alternatif yang baik.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di HP Vivo V17 untuk meningkatkan privasi dan mengoptimalkan tampilan layar utama. Ingatlah untuk mempraktikkan tips keamanan dan mempertimbangkan alternatif lain jika diperlukan. Selamat menyembunyikan!

Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi WhatsApp di HP Vivo V17?

Buka Pengaturan > Keamanan > Privasi > Penyembunyian Aplikasi > Tambahkan Aplikasi > Pilih WhatsApp.

Apa yang terjadi jika saya lupa cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi?

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti App Hider, untuk menampilkan aplikasi tersembunyi.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *