...

Cara Screenshot HP Samsung dengan Telapak Tangan: Mudah dan Praktis

  • Rayyan
  • Apr 03, 2024
Langkah j1 mudah

Menangkap layar pada HP Samsung kini semakin mudah dan praktis dengan fitur screenshot telapak tangan. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar hanya dengan mengusap telapak tangan di atas layar. Simak panduan lengkapnya di sini!

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menekan tombol kombinasi yang rumit atau menggunakan aplikasi tambahan. Cukup aktifkan fitur telapak tangan dan Anda siap mengambil screenshot dengan gerakan yang intuitif.

Langkah-Langkah Screenshot HP Samsung dengan Telapak Tangan

Screenshot dengan telapak tangan adalah fitur praktis yang memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar di HP Samsung hanya dengan mengusapkan telapak tangan di layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka “Pengaturan” > “Fitur Lanjutan” > “Gerakan dan Gestur” > “Tangkap Layar dengan Telapak Tangan”. Pastikan sakelar diaktifkan.

Buat yang punya HP Samsung, cara screenshot dengan telapak tangan itu gampang banget. Tinggal usap layar dari samping ke tengah, langsung ke-capture deh. Nah, kalau kamu pengguna HP Vivo, pernah nggak sih kesal sama iklan yang muncul tiba-tiba? Cara menghilangkan iklan di HP Vivo juga nggak kalah mudah.

Tinggal ikuti langkah-langkahnya di artikel itu, dijamin iklan-iklan bandel bakal ilang. Balik lagi ke HP Samsung, selain screenshot dengan telapak tangan, kamu juga bisa screenshot pakai tombol power dan volume down secara bersamaan.

Cara Mengambil Screenshot dengan Telapak Tangan

  1. Letakkan telapak tangan di tepi layar, pastikan seluruh tepi telapak tangan menyentuh layar.
  2. Usapkan telapak tangan ke arah berlawanan secara cepat dan tegas.
  3. Suara rana kamera akan terdengar dan screenshot akan diambil.

Model HP Samsung yang Mendukung Fitur Ini

  • Galaxy S20 Series
  • Galaxy S21 Series
  • Galaxy S22 Series
  • Galaxy Note 20 Series
  • Galaxy Note 21 Series
  • Galaxy Z Fold Series
  • Galaxy Z Flip Series

Cara Mengubah Pengaturan Screenshot dengan Telapak Tangan

Tipe androbuntu

Untuk menyesuaikan pengalaman screenshot Anda, Anda dapat mengubah pengaturan screenshot telapak tangan sesuai dengan preferensi Anda.

Sensitivitas Telapak Tangan

Sesuaikan sensitivitas telapak tangan untuk menentukan seberapa mudah telapak tangan Anda dapat mengaktifkan tangkapan layar. Sensitivitas yang lebih tinggi berarti Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan gerakan yang lebih ringan, sementara sensitivitas yang lebih rendah membutuhkan tekanan yang lebih kuat.

Pengguna Samsung pasti tahu cara praktis mengambil screenshot dengan telapak tangan. Nah, kalau kamu terganggu iklan saat browsing di HP, ada cara menghilangkan iklan di hp tanpa aplikasi lho! Cukup ikuti langkah-langkahnya di sini . Setelah iklan hilang, kamu bisa kembali fokus ke cara screenshot HP Samsung dengan telapak tangan yang tadi sempat tertunda.

Waktu Tunda

Atur waktu tunda sebelum tangkapan layar diambil. Waktu tunda memberi Anda waktu untuk memposisikan tangan dan mempersiapkan layar sebelum tangkapan layar diambil. Waktu tunda yang lebih lama memberikan lebih banyak waktu untuk persiapan, sementara waktu tunda yang lebih pendek menghasilkan tangkapan layar yang lebih cepat.

Akurasi

Tingkatkan akurasi tangkapan layar dengan menyesuaikan sensitivitas telapak tangan dan waktu tunda. Pastikan telapak tangan Anda menutupi seluruh layar dan tetap stabil saat mengambil tangkapan layar. Gunakan gerakan yang tegas dan konsisten untuk memastikan tangkapan layar yang akurat.

Screenshot hp Samsung bisa gampang banget pakai telapak tangan. Tinggal usap dari samping layar ke tengah. Tapi kalau hp Infinix kamu kebanjiran iklan, coba deh cek cara menghilangkan iklan di hp infinix . Nanti kamu bisa screenshot lagi dengan telapak tangan tanpa gangguan iklan.

Tips Menggunakan Screenshot dengan Telapak Tangan Secara Efektif

Gesture a12 tombol panjang

Fitur screenshot dengan telapak tangan pada ponsel Samsung sangat praktis dan efisien. Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan fitur ini secara maksimal:

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan:Mudah dan cepat digunakan, tanpa memerlukan tombol fisik.
  • Kekurangan:Terkadang dapat memicu tangkapan layar yang tidak diinginkan, terutama saat memegang ponsel dengan tangan.

Situasi Bermanfaat

Fitur screenshot dengan telapak tangan sangat berguna dalam situasi di mana:

  • Tangan Anda sibuk dan tidak dapat menekan tombol fisik.
  • Anda ingin menangkap layar dengan cepat tanpa gangguan.
  • Anda ingin menghindari menekan tombol fisik yang berulang kali.

Tujuan Berbagai Penggunaan

Screenshot dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • Menyimpan informasi penting atau instruksi.
  • Membagikan informasi dengan orang lain.
  • Sebagai bukti atau dokumentasi.
  • Mengedit atau membuat anotasi pada gambar.

Alternatif untuk Screenshot dengan Telapak Tangan

Selain menggunakan telapak tangan, Samsung juga menawarkan beberapa metode alternatif untuk mengambil tangkapan layar pada ponselnya.

Tombol Fisik

Metode tradisional ini melibatkan menekan kombinasi tombol fisik secara bersamaan, biasanya tombol daya dan volume turun. Metode ini mudah dilakukan dan dapat diandalkan.

Assistant Suara

Pada ponsel Samsung dengan Bixby, kamu dapat menggunakan perintah suara untuk mengambil tangkapan layar. Cukup ucapkan “Hai Bixby, ambil tangkapan layar” dan Bixby akan melakukannya untukmu.

Gerakan Layar

Beberapa ponsel Samsung mendukung gerakan layar untuk mengambil tangkapan layar. Geser telapak tanganmu melintasi layar dari satu sisi ke sisi lain untuk menangkap seluruh layar.

Buat kamu yang sering merasa terganggu iklan saat main game atau buka aplikasi di HP Advan, jangan khawatir! Ada cara mudah menghilangkan iklan di HP Advan yang bisa kamu ikuti di sini . Tapi, kalau kamu pengguna Samsung dan pengen tahu cara screenshot pakai telapak tangan, kamu bisa langsung geser tangan dari atas layar ke bawah, mudah banget!

Aplikasi Pihak Ketiga

Tersedia banyak aplikasi pihak ketiga di Google Play Store yang memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar dengan berbagai fitur tambahan, seperti pengeditan dan anotasi.

Aplikasi Tambahan untuk Screenshot yang Lebih Canggih

Langkah j1 mudah

Selain fitur screenshot bawaan Samsung, ada aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman screenshot.

Dengan menginstal dan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengakses berbagai opsi pengeditan, otomatisasi, dan penyesuaian yang memperluas kemampuan screenshot Anda.

Aplikasi yang Direkomendasikan

  • Screenshot Easy: Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan gerakan tangan atau tombol volume, mengedit screenshot dengan cepat, dan berbagi ke berbagai platform.
  • LongShot: Khusus untuk mengambil screenshot halaman web atau percakapan yang panjang, aplikasi ini menggulir dan menggabungkan beberapa tangkapan layar menjadi satu gambar yang komprehensif.
  • Assistive Touch: Menambahkan tombol mengambang ke layar Anda yang menyediakan akses cepat ke fitur screenshot, bersama dengan opsi lain seperti perekaman layar dan kontrol volume.
  • Screenshot Ultimate: Aplikasi yang kaya fitur yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan berbagai cara, menjadwalkan tangkapan layar, dan mengeditnya dengan alat canggih seperti pemangkasan, anotasi, dan filter.
  • Floating Screenshot: Menampilkan jendela pop-up yang memungkinkan Anda mengedit screenshot saat mengambilnya, memotong, memutar, dan menambahkan teks atau gambar dengan mudah.

Kesimpulan Akhir

Fitur screenshot telapak tangan di HP Samsung menawarkan kemudahan dan efisiensi yang luar biasa. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengabadikan momen penting atau informasi penting dengan cepat dan mudah. Manfaatkan fitur ini untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan HP Samsung Anda.

FAQ dan Panduan

Bagaimana cara mengaktifkan fitur screenshot telapak tangan?

Buka Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur > Screenshot dengan Telapak Tangan.

Apakah semua HP Samsung mendukung fitur ini?

Tidak, fitur ini hanya tersedia pada model HP Samsung tertentu yang menjalankan One UI 2.1 atau lebih tinggi.

Bagaimana cara meningkatkan akurasi screenshot?

Atur sensitivitas telapak tangan pada pengaturan yang lebih tinggi dan pastikan tangan Anda kering dan bersih.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *