...

Ubah Video TikTok Jadi Lagu: Panduan Langkah demi Langkah

  • Rayyan
  • May 08, 2024
Inwepo

Di era digital ini, TikTok telah menjadi platform yang tidak hanya menghibur tetapi juga inspiratif. Dengan banyaknya video musik yang viral, banyak orang yang ingin mengubah video TikTok favorit mereka menjadi lagu. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara mengekstrak audio, mengonversi ke format lagu, mengedit, dan mendistribusikan lagu yang dibuat dari video TikTok.

Proses ini tidak hanya mudah tetapi juga dapat membuka peluang kreatif yang tak terbatas. Baik Anda seorang musisi yang ingin memperluas repertoar Anda atau sekadar penggemar TikTok yang ingin melestarikan momen favorit, panduan ini akan memberdayakan Anda untuk mengubah video TikTok menjadi lagu yang unik dan berkesan.

Cara Ekstrak Audio dari Video TikTok

Mengekstrak audio dari video TikTok sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut panduan langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti:

Menggunakan Alat Ekstraksi Audio Online

  • Kunjungi situs web ekstraksi audio online seperti OnlineVideoConverter atau KeepVid.
  • Salin dan tempel URL video TikTok ke dalam kolom yang disediakan.
  • Pilih format audio yang diinginkan (misalnya MP3 atau AAC).
  • Klik tombol “Ekstrak” atau “Konversi”.
  • Setelah proses konversi selesai, unduh file audio yang diekstrak.

Menggunakan Aplikasi Ekstraksi Audio

  • Unduh dan instal aplikasi ekstraksi audio di perangkat Anda (misalnya Video to MP3 Converter atau Audio Extractor).
  • Buka aplikasi dan salin URL video TikTok ke dalam aplikasi.
  • Pilih format audio yang diinginkan.
  • Klik tombol “Ekstrak” atau “Konversi”.
  • File audio yang diekstrak akan disimpan di perangkat Anda.

Tips untuk Mendapatkan Kualitas Audio yang Tinggi

  • Gunakan alat atau aplikasi ekstraksi audio yang berkualitas tinggi.
  • Pilih format audio dengan bitrate yang tinggi (misalnya MP3 dengan bitrate 320 kbps).
  • Pastikan video TikTok yang diekstrak memiliki kualitas audio yang baik.
  • Edit file audio yang diekstrak untuk meningkatkan kualitasnya (misalnya menghilangkan kebisingan atau menyesuaikan level volume).

Konversi Audio TikTok ke Format Lagu

Setelah mengekstrak audio dari video TikTok, langkah selanjutnya adalah mengonversinya ke format lagu yang sesuai. Berbagai format lagu didukung, termasuk MP3, WAV, dan AAC.

Jika Anda ingin mengekstrak lagu dari video TikTok untuk dinikmati secara terpisah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memanfaatkan fitur bawaan di perangkat Anda. Setelah berhasil mengonversi video TikTok menjadi lagu, Anda dapat mematikan sementara layanan lokasi di iPhone untuk menghemat baterai dan menjaga privasi.

Cara mematikan lokasi di iPhone sementara sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah yang disediakan. Setelah lokasi dimatikan, Anda dapat kembali menikmati lagu yang diekstrak dari video TikTok tanpa gangguan.

Format Lagu yang Didukung

  • MP3: Format paling umum dan banyak didukung, cocok untuk penggunaan umum.
  • WAV: Format lossless yang menghasilkan kualitas suara terbaik, tetapi ukuran filenya lebih besar.
  • AAC: Format lossy yang menawarkan keseimbangan antara kualitas suara dan ukuran file.

Panduan Langkah demi Langkah untuk Konversi Audio

  1. Buka aplikasi atau perangkat lunak konversi audio.
  2. Impor file audio TikTok yang diekstrak.
  3. Pilih format lagu yang diinginkan (misalnya, MP3).
  4. Atur bitrate dan sampling rate (jika tersedia).
  5. Konversi audio dan simpan file yang dikonversi.

Pentingnya Bitrate dan Sampling Rate

Bitrate mengacu pada jumlah data yang digunakan untuk mengodekan audio per detik. Bitrate yang lebih tinggi menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, tetapi juga ukuran file yang lebih besar.

Untuk mengubah video TikTok menjadi lagu, Anda dapat menggunakan aplikasi pengonversi video seperti KeepVid atau Savefrom.net. Setelah Anda mengonversi video, Anda dapat mengunggah lagu tersebut ke platform musik pilihan Anda. Jika Anda ingin mematikan lokasi di iPhone tanpa menonaktifkan GPS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel Cara mematikan lokasi di iPhone tanpa GPS . Setelah mematikan lokasi, Anda dapat kembali ke proses mengonversi video TikTok Anda menjadi lagu dan membagikannya dengan dunia.

Sampling rate mengacu pada jumlah sampel suara yang diambil per detik. Sampling rate yang lebih tinggi menangkap lebih banyak detail suara, tetapi juga membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Untuk sebagian besar penggunaan, bitrate 128 kbps dan sampling rate 44,1 kHz sudah cukup. Namun, untuk kualitas suara yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan bitrate yang lebih tinggi (misalnya, 192 kbps atau 256 kbps) dan sampling rate yang lebih tinggi (misalnya, 48 kHz atau 96 kHz).

Pengeditan dan Peningkatan Audio Lagu

Untuk menyempurnakan kualitas lagu yang diekstrak dari video TikTok, kamu dapat memanfaatkan berbagai teknik pengeditan audio. Berikut panduan langkah demi langkah untuk meningkatkan hasil akhir:

Pemangkasan dan Pengaturan Durasi

Sesuaikan durasi lagu sesuai keinginan dengan memotong bagian yang tidak perlu atau memperpanjangnya dengan menggandakan segmen tertentu.

Penghapusan Kebisingan dan Gangguan

Hilangkan suara latar belakang yang tidak diinginkan, seperti kebisingan angin atau gangguan lain, menggunakan alat pengurangan kebisingan.

Penyesuaian Level Audio

Sesuaikan volume keseluruhan lagu dan keseimbangan antara instrumen dan vokal untuk menghasilkan campuran audio yang seimbang.

Penambahan Efek dan Transisi

Tingkatkan lagu dengan menambahkan efek suara seperti gema, reverb, atau penundaan. Selain itu, gunakan transisi untuk menciptakan aliran yang mulus antara bagian-bagian yang berbeda.

Penguasaan Akhir

Langkah terakhir adalah menguasai lagu untuk mengoptimalkan kualitas suaranya secara keseluruhan. Ini melibatkan penyesuaian tingkat frekuensi, kompresi, dan pembatasan untuk menghasilkan hasil yang dipoles dan profesional.

Untuk mengubah video TikTok menjadi lagu, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan video atau situs web konverter online. Setelah lagu diekstrak, Anda dapat mengeditnya lebih lanjut dengan aplikasi pengeditan audio. Selain itu, untuk meningkatkan privasi Anda saat menggunakan iPhone, Anda dapat mempelajari cara mematikan lokasi secara permanen melalui tautan ini . Dengan mematikan lokasi, Anda dapat mengontrol informasi lokasi yang dibagikan ke aplikasi dan layanan lain.

Kembali ke topik sebelumnya, Anda juga dapat menambahkan efek suara dan transisi ke video TikTok yang telah diubah menjadi lagu untuk menciptakan konten yang lebih menarik.

Penambahan Lirik dan Vokal

Untuk menyempurnakan lagu yang diekstrak dari video TikTok, kamu dapat menambahkan lirik dan vokal. Proses ini membutuhkan kreativitas dan keterampilan musik.

Berikut adalah panduan untuk menambahkan lirik dan vokal ke lagu:

Menulis Lirik

Tulislah lirik yang sesuai dengan tema dan suasana lagu. Perhatikan ritme dan melodi lagu saat menulis lirik.

Merekam Vokal

  • Gunakan mikrofon berkualitas baik untuk merekam vokal.
  • Berlatihlah menyanyikan lirik dengan baik sebelum merekam.
  • Rekam vokal di lingkungan yang tenang dan bebas gangguan.

Menyelaraskan Vokal dengan Musik

  • Gunakan perangkat lunak pengeditan audio untuk menyelaraskan vokal dengan musik.
  • Perhatikan tempo dan irama lagu saat menyelaraskan vokal.
  • Gunakan efek seperti kompresor dan EQ untuk meningkatkan kualitas vokal.

Distribusi dan Promosi Lagu yang Dibuat

Inwepo

Setelah lagu TikTok Anda selesai, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya ke platform streaming dan mempromosikannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Selain mengubah video TikTok menjadi lagu, kamu juga bisa mengontrol privasi lokasi iPhone dengan kode rahasia. Cara mematikan lokasi di iPhone dengan kode rahasia ini memungkinkan kamu menonaktifkan layanan lokasi sementara, melindungi privasi kamu dari aplikasi yang tidak diinginkan. Kembali ke topik mengubah video TikTok menjadi lagu, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga atau situs web untuk mengekstrak audio dari video dan menyimpannya sebagai file MP3.

Platform Distribusi

  • Spotify
  • Apple Music
  • YouTube Music
  • Amazon Music
  • Deezer

Strategi Promosi

Media Sosial

Manfaatkan platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan lagu Anda. Bagikan klip, posting teaser, dan ajak pengikut untuk mendengarkan versi lengkapnya.

Saluran Lainnya

  • Kirimkan lagu Anda ke blog dan situs web musik.
  • Buat daftar putar di Spotify dan platform streaming lainnya.
  • Hubungi stasiun radio lokal untuk memutar lagu Anda.

Membangun Basis Penggemar

Terlibatlah dengan audiens Anda di media sosial, balas komentar, dan bangun hubungan dengan penggemar Anda. Buat konten eksklusif dan tawarkan hadiah untuk membangun loyalitas.

Mendapatkan Eksposur

  • Iklankan lagu Anda di platform streaming dan media sosial.
  • Berkolaborasi dengan influencer dan musisi lain untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Ikut serta dalam kontes dan kompetisi untuk mendapatkan eksposur.

Penutupan Akhir

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mengubah video TikTok favorit Anda menjadi lagu yang dapat dinikmati, dibagikan, dan dipromosikan. Kemungkinannya tidak terbatas, jadi jangan ragu untuk bereksperimen dan biarkan kreativitas Anda mengalir. Ingat, proses ini tidak hanya tentang mengonversi audio, tetapi juga tentang menciptakan karya musik yang bermakna dan memikat.

Kumpulan Pertanyaan Umum

Bagaimana cara memastikan kualitas audio yang tinggi saat mengekstrak audio dari video TikTok?

Gunakan alat atau aplikasi yang mendukung pengunduhan audio berkualitas tinggi dan pilih pengaturan bitrate yang lebih tinggi.

Format lagu apa yang didukung untuk konversi?

Format umum termasuk MP3, WAV, AAC, dan FLAC.

Bagaimana cara menambahkan efek suara dan transisi ke lagu yang diedit?

Gunakan perangkat lunak pengeditan audio yang menyediakan berbagai efek suara dan transisi. Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan untuk menciptakan suara yang diinginkan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *