...

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dengan File Manager: Panduan Langkah demi Langkah

  • Rayyan
  • May 03, 2024
Cara terhapus mengembalikan jalantikus kanan ikon

Menghapus pesan WhatsApp secara tidak sengaja dapat menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Namun, jangan khawatir! Ada cara untuk memulihkan percakapan yang terhapus dengan bantuan File Manager. Artikel ini akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah untuk mengembalikan chat WA yang hilang menggunakan File Manager, memastikan Anda tidak kehilangan komunikasi penting.

File Manager adalah alat yang memungkinkan Anda mengakses dan mengelola file di perangkat Anda. Dengan memanfaatkan fitur-fiturnya, Anda dapat menemukan database chat WhatsApp yang terhapus dan mengekstraknya untuk memulihkan pesan yang hilang. Panduan ini akan membahas berbagai File Manager, kompatibilitasnya, dan tips untuk memaksimalkan peluang pemulihan.

Cara Menggunakan File Manager untuk Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

WhatsApp secara otomatis membuat cadangan chat secara berkala. Namun, jika Anda tidak sengaja menghapus chat penting sebelum cadangan dibuat, Anda masih dapat memulihkannya menggunakan File Manager.

File Manager adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses dan mengelola file di perangkat Anda. Berikut cara menggunakan File Manager untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus:

Mengakses File Manager

Langkah-langkah mengakses File Manager bervariasi tergantung pada perangkat Anda. Biasanya, Anda dapat mengakses File Manager melalui menu Aplikasi atau layar Beranda.

Menemukan Folder WhatsApp

Setelah membuka File Manager, navigasikan ke folder WhatsApp. Biasanya terletak di penyimpanan internal perangkat Anda, di bawah folder “WhatsApp”.

Menemukan Database Chat

Di dalam folder WhatsApp, cari folder “Databases”. Folder ini berisi file cadangan chat WhatsApp Anda. File-file ini diberi nama “msgstore.db.crypt12” atau serupa.

Mengekstrak dan Mengimpor Database Chat

Untuk mengekstrak database chat, tekan lama pada file cadangan dan pilih “Ekstrak”. Anda dapat mengekstrak file ke folder mana pun di perangkat Anda.

Setelah diekstrak, ganti nama file menjadi “msgstore.db.crypt12” dan salin ke folder “Databases” di direktori WhatsApp Anda.

Jika Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp penting, jangan panik. Anda dapat memulihkannya dengan menggunakan file manager di ponsel Anda. Caranya, buka file manager, cari folder WhatsApp, lalu buka folder Database. Di sana, Anda akan menemukan file bernama “msgstore.db.crypt12”. Ganti nama file tersebut menjadi “msgstore.db”

dan salin ke folder “WhatsApp/Databases” di ponsel Anda. Sekarang, instal ulang WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda. Chat yang terhapus akan dipulihkan secara otomatis. Jika Anda ingin mematikan lokasi di iPhone sementara, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di sini . Setelah itu, Anda dapat kembali ke WhatsApp dan melanjutkan proses pemulihan chat yang terhapus menggunakan file manager.

Buka WhatsApp dan tunggu hingga chat Anda dipulihkan. Proses pemulihan dapat memakan waktu, tergantung pada ukuran file cadangan.

Jenis File Manager yang Dapat Digunakan

Untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus menggunakan File Manager, tersedia beberapa pilihan yang dapat digunakan. Masing-masing File Manager memiliki fitur dan keunggulan tersendiri.

File Manager Android

  • ES File Explorer: File Manager komprehensif dengan fitur pemulihan data dan penjelajahan file yang canggih.
  • Solid Explorer: File Manager berbayar dengan antarmuka yang intuitif dan dukungan untuk banyak layanan penyimpanan cloud.
  • Astro File Manager: File Manager gratis dengan fitur pembersihan dan pengelolaan file yang ekstensif.

File Manager iOS

  • File Hub: File Manager default di iOS, menyediakan akses ke file lokal dan cloud.
  • Documents by Readdle: File Manager populer dengan dukungan pengelolaan file yang kuat dan integrasi dengan layanan cloud.
  • FileBrowser: File Manager berbayar dengan fitur canggih seperti penjelajahan jaringan dan dukungan FTP.

Batasan dan Keterbatasan

Metode pemulihan chat WhatsApp menggunakan File Manager memiliki beberapa batasan:

Frekuensi Pencadangan

Keberhasilan pemulihan chat sangat bergantung pada frekuensi pencadangan. Jika pencadangan dilakukan jarang, maka hanya chat yang dicadangkan sebelum pencadangan terakhir yang dapat dipulihkan.

Dalam situasi darurat, Anda mungkin perlu menonaktifkan layanan lokasi di iPhone Anda dengan cepat. Untungnya, Cara mematikan lokasi di iPhone dengan tombol cepat telah tersedia. Namun, jika Anda khawatir kehilangan percakapan WhatsApp penting yang terhapus, jangan panik. Dengan menggunakan File Manager, Anda dapat dengan mudah mengembalikan chat WA yang terhapus.

Prosesnya sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah.

Jenis Perangkat

Metode ini hanya dapat digunakan untuk memulihkan chat pada perangkat Android. Pengguna iOS tidak dapat menggunakan File Manager untuk memulihkan chat yang terhapus.

Untuk memulihkan riwayat obrolan WhatsApp yang terhapus, Anda dapat menggunakan fitur File Manager di perangkat Anda. Buka File Manager, navigasikan ke penyimpanan internal, dan cari folder WhatsApp. Di dalam folder ini, temukan file bernama “msgstore.db.crypt12”. Salin file ini ke lokasi yang aman untuk cadangan.

Setelah itu, Anda dapat merujuk pada artikel Cara mematikan lokasi di iPhone dengan kontrol pusat untuk mempelajari cara mengelola pengaturan lokasi pada perangkat iOS. Terakhir, untuk memulihkan riwayat obrolan, instal ulang WhatsApp dan ikuti petunjuk di layar untuk memulihkan cadangan dari file “msgstore.db.crypt12”

yang telah Anda simpan sebelumnya.

Minimisasi Risiko Kehilangan Chat

Untuk meminimalkan risiko kehilangan chat WhatsApp di masa mendatang, disarankan untuk:

  • Mengaktifkan pencadangan otomatis secara teratur.
  • Menyimpan salinan cadangan di lokasi yang aman, seperti Google Drive atau iCloud.
  • Menginstal ulang WhatsApp pada perangkat yang sama untuk memulihkan chat dari cadangan.

Tutorial Langkah-demi-Langkah

Cara terhapus mengembalikan jalantikus kanan ikon

Untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus menggunakan File Manager, ikuti langkah-langkah berikut:

Menemukan Folder Database WhatsApp

Buka File Manager dan navigasikan ke direktori penyimpanan internal perangkat.

Setelah berhasil mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus menggunakan file manager, penting juga untuk memastikan privasi Anda terjaga. Untuk itu, Anda dapat mematikan layanan lokasi di iPhone Anda. Dengan mematikan layanan ini, aplikasi tidak akan dapat melacak lokasi Anda, sehingga meningkatkan keamanan dan privasi Anda.

Ikuti langkah-langkah Cara mematikan layanan lokasi di iPhone untuk melindungi data pribadi Anda. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan proses pemulihan chat WhatsApp Anda dengan tenang.

  • Android 11 ke atas: /Internal Storage/Android/media/com.whatsapp/WhatsApp/Databases
  • Android 10 ke bawah: /Internal Storage/WhatsApp/Databases

Mengganti Nama File Database

Temukan file bernama “msgstore.db.crypt12” atau “msgstore.db.crypt14” dan ganti namanya menjadi “msgstore.db”.

Memulihkan Chat

Buka WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi dan memulihkan chat dari file database yang diganti namanya.

Catatan Tambahan

Metode ini hanya berfungsi untuk chat yang telah di-backup secara lokal. Jika chat belum di-backup, tidak dapat dipulihkan menggunakan metode ini.

Tips Tambahan

Berikut beberapa tips tambahan untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam memulihkan chat WhatsApp:

Pastikan untuk mencadangkan chat WhatsApp secara teratur. Fitur pencadangan otomatis di WhatsApp sangat membantu, tetapi Anda juga dapat membuat cadangan manual dengan mengekspor chat ke file.

Teknik Pemecahan Masalah Umum

  • Jika Anda tidak dapat menemukan file cadangan chat WhatsApp, periksa apakah file tersebut tersembunyi. File tersembunyi biasanya memiliki nama file yang dimulai dengan titik (.).
  • Jika file cadangan chat WhatsApp rusak, Anda dapat mencoba menggunakan alat perbaikan file pihak ketiga untuk memperbaikinya.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan.

Cara Melindungi dan Mencadangkan Chat WhatsApp Secara Teratur

  • Aktifkan fitur pencadangan otomatis di WhatsApp.
  • Cadangkan chat WhatsApp secara manual secara berkala dengan mengekspornya ke file.
  • Simpan file cadangan chat WhatsApp di beberapa lokasi, seperti di komputer dan di cloud.

Pemungkas

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda akan dapat memulihkan chat WA yang terhapus dengan mudah dan efektif. Ingatlah untuk mencadangkan pesan Anda secara teratur untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang. Dengan memanfaatkan File Manager, Anda dapat memastikan bahwa percakapan WhatsApp Anda tetap aman dan mudah diakses.

FAQ dan Panduan

Bagaimana cara mengakses File Manager di perangkat saya?

Cara mengakses File Manager bervariasi tergantung pada perangkat dan sistem operasinya. Pada perangkat Android, Anda dapat menemukannya di daftar aplikasi atau melalui Pengaturan > Penyimpanan > File Saya. Pada perangkat iOS, File Manager terintegrasi ke dalam aplikasi Files.

Apakah semua File Manager dapat digunakan untuk memulihkan chat WA?

Tidak semua File Manager memiliki fitur yang diperlukan untuk memulihkan chat WA. Artikel ini merekomendasikan File Manager yang populer dan terbukti efektif untuk tugas ini.

Apa saja faktor yang memengaruhi keberhasilan pemulihan chat WA?

Keberhasilan pemulihan chat WA dipengaruhi oleh frekuensi pencadangan, jenis perangkat, dan apakah pesan telah ditimpa oleh data baru.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *