...

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dari Laptop: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • May 03, 2024
Cara terhapus mengembalikan aplikasi tanpa pilihan jalantikus

Kehilangan pesan WhatsApp bisa menjadi mimpi buruk, terutama jika berisi informasi penting atau kenangan berharga. Namun, jangan panik! Ada beberapa cara efektif untuk mengembalikan chat WA yang terhapus dari laptop, baik melalui fitur bawaan WhatsApp maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dalam panduan komprehensif ini, kami akan menguraikan berbagai metode pemulihan pesan WA, mulai dari menggunakan fitur pemulihan pesan bawaan hingga memulihkan cadangan lokal dan cloud. Kami juga akan membahas tips untuk mencegah kehilangan pesan di masa mendatang.

Pemulihan Pesan yang Terhapus Melalui Aplikasi WhatsApp

WhatsApp menyediakan fitur bawaan untuk memulihkan pesan yang terhapus dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini memanfaatkan cadangan obrolan yang dibuat secara berkala pada perangkat atau layanan cloud.

Memulihkan chat WhatsApp yang terhapus dari laptop dapat dilakukan dengan mudah menggunakan software pihak ketiga. Salah satu fitur yang juga berguna untuk privasi adalah mematikan lokasi di iPhone saat aplikasi tidak digunakan. Cara mematikan lokasi di iPhone saat aplikasi tidak digunakan ini dapat mencegah pelacakan lokasi yang tidak diinginkan.

Kembali ke topik chat WhatsApp yang terhapus, pastikan untuk mencadangkan chat secara berkala agar dapat dipulihkan dengan mudah jika terjadi penghapusan yang tidak disengaja.

Mengakses Fitur Pemulihan Pesan

Untuk mengakses fitur pemulihan pesan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka WhatsApp dan navigasikan ke obrolan tempat pesan terhapus.
  • Ketuk tombol titik tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih “Cadangan”
  • Pilih “Pulihkan” untuk memulihkan pesan dari cadangan terakhir.

Batasan Fitur Pemulihan Pesan WhatsApp

Fitur pemulihan pesan WhatsApp memiliki beberapa batasan:

  • Hanya pesan yang dicadangkan sebelum dihapus yang dapat dipulihkan.
  • Cadangan obrolan hanya disimpan selama jangka waktu tertentu, biasanya 7 hari untuk cadangan lokal dan lebih lama untuk cadangan cloud.
  • Pesan yang dihapus sebelum cadangan terakhir dibuat tidak dapat dipulihkan.

Menggunakan Cadangan Lokal untuk Memulihkan Pesan

WhatsApp menawarkan fitur pencadangan lokal untuk menyimpan riwayat obrolan secara berkala di perangkat Anda. Jika Anda tidak sengaja menghapus pesan, Anda dapat memulihkannya dari cadangan lokal jika masih tersedia.

Jika Anda mengalami masalah dengan cara mengembalikan chat WA yang terhapus dari laptop, Anda dapat mencoba beberapa metode yang tersedia secara online. Salah satu opsi yang mungkin berguna adalah menggunakan aplikasi pemulihan data. Di sisi lain, jika Anda ingin mempelajari cara mematikan lokasi di iPhone menggunakan Siri, Anda dapat merujuk ke panduan bermanfaat ini: Cara mematikan lokasi di iPhone menggunakan Siri . Setelah berhasil mematikan lokasi, Anda dapat kembali ke topik awal dan melanjutkan upaya untuk memulihkan chat WA yang terhapus dari laptop.

Jenis File Cadangan

WhatsApp menggunakan file bernama “msgstore.db.crypt12” untuk menyimpan cadangan lokal. File ini dienkripsi dan berisi riwayat obrolan Anda, termasuk pesan teks, media, dan informasi kontak.

Lokasi Penyimpanan Cadangan Lokal

Lokasi penyimpanan file cadangan lokal bervariasi tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan:

  • Android: /sdcard/WhatsApp/Databases/
  • iOS: /private/var/mobile/Containers/Data/Application/WhatsApp/Documents/
  • Windows: %appdata%\WhatsApp\Databases\
  • Mac: ~/Library/Application Support/WhatsApp/Databases/

Memulihkan Pesan dari Cadangan Cloud

Jika Anda secara tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp dari laptop, Anda dapat memulihkannya dari cadangan cloud. WhatsApp memungkinkan Anda membuat cadangan percakapan secara otomatis atau manual ke platform penyimpanan cloud seperti Google Drive atau iCloud.

Jika Anda tidak sengaja menghapus chat WhatsApp dari laptop, ada beberapa metode yang dapat dicoba untuk mengembalikannya. Salah satu metode yang efektif adalah dengan mematikan lokasi di iPhone untuk aplikasi tertentu, seperti WhatsApp, menggunakan panduan terperinci di Cara mematikan lokasi di iPhone untuk aplikasi tertentu . Setelah lokasi dimatikan, Anda dapat melanjutkan proses pemulihan chat WhatsApp dari cadangan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah Memulihkan Cadangan Cloud

  1. Buka WhatsApp di laptop Anda dan pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan saat membuat cadangan.
  2. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menginstal WhatsApp di laptop, Anda akan diminta untuk memulihkan cadangan. Pilih “Pulihkan” dan ikuti petunjuk di layar.
  3. Jika Anda telah menggunakan WhatsApp di laptop sebelumnya, buka “Pengaturan” > “Obrolan” > “Cadangan Obrolan” > “Pulihkan”.
  4. Pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan. WhatsApp akan mulai memulihkan pesan dan media dari cadangan tersebut.

Platform Penyimpanan Cloud yang Didukung

  • Google Drive (untuk pengguna Android dan iOS)
  • iCloud (untuk pengguna iOS)

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Pihak Ketiga

Cara terhapus mengembalikan aplikasi tanpa pilihan jalantikus

Jika metode bawaan tidak berhasil, Anda dapat mencoba aplikasi pemulihan data pihak ketiga untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus.

Jika Anda tidak sengaja menghapus percakapan WhatsApp dari laptop, jangan panik. Ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk memulihkannya. Setelah berhasil mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, penting juga untuk memperhatikan privasi Anda. Untuk mencegah orang lain melacak lokasi Anda, Anda dapat mempelajari cara mematikan berbagi lokasi di iPhone . Dengan menonaktifkan fitur ini, Anda dapat menjaga kerahasiaan lokasi Anda dan menghindari potensi pelanggaran privasi.

Setelah memastikan keamanan lokasi Anda, Anda dapat melanjutkan upaya memulihkan chat WhatsApp yang terhapus dari laptop Anda.

Aplikasi pemulihan data ini dirancang untuk memindai perangkat Anda dan memulihkan file yang terhapus, termasuk pesan WhatsApp. Beberapa aplikasi populer meliputi EaseUS MobiSaver, Disk Drill, dan Wondershare Dr.Fone.

Fitur dan Kemampuan

  • Pemindaian mendalam untuk menemukan file yang terhapus
  • Dukungan untuk berbagai format file, termasuk pesan WhatsApp
  • Opsi pemulihan yang fleksibel untuk memulihkan file ke perangkat atau komputer Anda
  • Antarmuka yang ramah pengguna

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

  • Tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode bawaan
  • Dapat memulihkan pesan yang terhapus secara permanen
  • Tidak memerlukan cadangan sebelumnya

Kekurangan:

  • Biaya untuk aplikasi berbayar
  • Tidak semua aplikasi dapat memulihkan semua jenis file
  • Membutuhkan akses root pada perangkat Android

Pencegahan Kehilangan Pesan di Masa Mendatang

Mencadangkan pesan WhatsApp secara teratur sangat penting untuk mencegah kehilangan pesan yang tidak disengaja. Fitur pencadangan WhatsApp memungkinkan pengguna menyimpan riwayat obrolan mereka di Google Drive atau iCloud. Untuk mengaktifkan pencadangan, buka WhatsApp > Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan.

Selain mencadangkan pesan, WhatsApp juga menawarkan fitur keamanan seperti verifikasi dua langkah. Fitur ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun WhatsApp pengguna, sehingga lebih sulit bagi orang lain untuk mengakses akun dan menghapus pesan tanpa izin. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah.

Ringkasan Akhir

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan chat WA yang terhapus dari laptop Anda. Ingatlah untuk mencadangkan pesan Anda secara teratur dan mengaktifkan fitur keamanan untuk melindungi pesan dari penghapusan yang tidak disengaja.

Tanya Jawab Umum

Apakah mungkin memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dari laptop?

Ya, dimungkinkan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dari laptop menggunakan fitur bawaan WhatsApp, cadangan lokal, cadangan cloud, atau aplikasi pemulihan data pihak ketiga.

Bagaimana cara mengakses fitur pemulihan pesan WhatsApp?

Untuk mengakses fitur pemulihan pesan WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Setelan”, lalu ketuk “Chat” dan “Cadangan chat”.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *