...

Cara Mengambil Password Instagram via Google: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • May 01, 2024
Mengetahui nomor reset

Lupa kata sandi Instagram bisa membuat frustrasi, namun jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengambilnya kembali, salah satunya melalui Google. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk memulihkan akses ke akun Instagram Anda menggunakan Google dan metode alternatif lainnya.

Artikel ini akan membahas metode pengambilan kata sandi melalui Google, alat dan layanan eksternal, tindakan pencegahan keamanan, serta alternatif pengambilan kata sandi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memulihkan akun Instagram Anda dengan cepat dan mudah.

Metode Pengambilan Password Instagram Melalui Google

Mengetahui caramiaw

Instagram menyediakan opsi untuk memulihkan kata sandi menggunakan akun Google yang terhubung. Metode ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang kata sandi mereka dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengingat kata sandi sebelumnya.

Persyaratan untuk menggunakan metode ini adalah:

  • Memiliki akun Instagram yang terhubung ke akun Google
  • Memiliki akses ke akun Google yang terhubung

Panduan Langkah Demi Langkah

  1. Buka halaman login Instagram.
  2. Ketuk “Lupa Kata Sandi?” di bawah kolom kata sandi.
  3. Pilih “Masuk dengan Google”.
  4. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Google yang terhubung.
  5. Ketuk “Berikutnya”.
  6. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang kata sandi.

Batasan

Metode ini hanya dapat digunakan jika akun Instagram terhubung ke akun Google. Jika tidak terhubung, pengguna perlu menggunakan metode pemulihan lainnya, seperti melalui email atau nomor telepon.

Alat dan Layanan Eksternal untuk Pengambilan Password

Untuk mengambil password Instagram yang terlupakan, tersedia berbagai alat dan layanan pihak ketiga yang dapat membantu. Layanan ini menyediakan fitur yang berbeda-beda, mulai dari pengiriman ulang tautan reset password hingga mengidentifikasi dan memulihkan password yang tersimpan.

Selain mengambil password Instagram di Google, penting juga untuk menjaga privasi lokasi Anda. Untuk mematikan berbagi lokasi di iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini . Dengan menonaktifkan berbagi lokasi, Anda dapat mengontrol informasi pribadi yang dibagikan dengan aplikasi dan layanan lain.

Setelah mematikan berbagi lokasi, Anda dapat melanjutkan mengambil password Instagram di Google dengan aman dan terjamin.

Berikut beberapa alat dan layanan populer yang dapat digunakan:

Layanan Pemulihan Kata Sandi

  • iMyFone D-Back: Alat ini mengklaim dapat memulihkan password Instagram yang terlupakan dari perangkat iOS dan Android.
  • dr.fone: Layanan ini menawarkan fitur pemulihan kata sandi Instagram yang komprehensif, termasuk opsi untuk memulihkan password yang tersimpan di browser.
  • Tenorshare 4uKey: Alat ini dirancang khusus untuk memulihkan kata sandi Instagram dari perangkat iOS.

Fitur yang Ditawarkan

  • Pemulihan Kata Sandi yang Tersimpan: Beberapa alat memungkinkan pengguna untuk memulihkan kata sandi yang tersimpan di browser atau perangkat.
  • Pengiriman Ulang Tautan Reset: Layanan lain menawarkan opsi untuk mengirim ulang tautan reset password ke alamat email atau nomor telepon yang terdaftar.
  • Dukungan Berbagai Perangkat: Alat tertentu kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk iOS, Android, dan komputer.

Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan:
    • Mudah digunakan dan nyaman.
    • Dapat memulihkan password bahkan jika pengguna lupa detail login.
  • Kekurangan:
    • Beberapa alat mungkin memerlukan biaya.
    • Keberhasilan pemulihan password tidak selalu terjamin.

Tindakan Pencegahan dan Keamanan

Mengetahui nomor reset

Untuk mencegah peretasan akun Instagram dan kehilangan kata sandi, ada beberapa praktik terbaik yang dapat diterapkan.

Salah satu langkah penting adalah membuat kata sandi yang kuat. Kata sandi harus terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti nama atau tanggal lahir Anda.

Verifikasi Dua Faktor

Selain kata sandi yang kuat, verifikasi dua faktor (2FA) memberikan lapisan keamanan tambahan. Dengan 2FA, pengguna akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon atau alamat email terdaftar mereka saat masuk ke akun dari perangkat baru.

Tanda Akun Instagram yang Diretas

Jika Anda mencurigai akun Instagram Anda telah diretas, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan:

  • Kata sandi diubah tanpa sepengetahuan Anda
  • Posting atau pesan yang tidak Anda buat muncul di akun Anda
  • Anda tidak dapat masuk ke akun Anda
  • Alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda diubah

Langkah-langkah Pemulihan Akun yang Diretas

Jika akun Instagram Anda diretas, segera lakukan langkah-langkah berikut:

  • Laporkan akun yang diretas ke Instagram
  • Ubah kata sandi Anda
  • Aktifkan verifikasi dua faktor
  • Tinjau aktivitas akun Anda untuk mengidentifikasi aktivitas mencurigakan

Alternatif Pengambilan Kata Sandi

Selain menggunakan metode reset kata sandi standar, ada beberapa alternatif yang dapat Anda coba untuk mengambil kata sandi Instagram yang terlupakan:

Nomor Telepon yang Ditautkan

Jika Anda telah menautkan nomor telepon ke akun Instagram Anda, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Instagram akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon Anda, yang dapat Anda gunakan untuk mengakses akun Anda.

Untuk mengambil kata sandi Instagram di Google, kamu bisa memanfaatkan fitur “Pengelola Kata Sandi” yang tersedia di akun Google kamu. Setelah berhasil mengambil kata sandi Instagram, kamu mungkin ingin meningkatkan privasi dengan mematikan pelacakan lokasi di iPhone kamu. Hal ini dapat dilakukan melalui pengaturan iPhone dengan menonaktifkan opsi “Layanan Lokasi”.

Dengan menonaktifkan pelacakan lokasi, kamu dapat melindungi privasi dan mencegah aplikasi melacak pergerakan kamu. Kembali ke topik utama, setelah mengambil kata sandi Instagram di Google, pastikan untuk menyimpannya dengan aman dan tidak membagikannya kepada siapa pun untuk menghindari penyalahgunaan.

Kode Verifikasi SMS

Mirip dengan metode nomor telepon, Anda juga dapat menggunakan kode verifikasi SMS jika Anda memiliki akses ke nomor telepon yang terdaftar di akun Anda. Instagram akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS, yang dapat Anda gunakan untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Untuk mengambil kata sandi Instagram di Google, pengguna dapat mengunjungi halaman “Kelola Akun Google” mereka dan memilih “Keamanan”. Di sana, mereka akan menemukan daftar kata sandi yang disimpan, termasuk kata sandi Instagram. Jika Anda ingin mematikan layanan lokasi di iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel Cara mematikan layanan lokasi di iPhone . Setelah menonaktifkan layanan lokasi, pengguna dapat kembali ke Google dan melanjutkan proses mengambil kata sandi Instagram mereka.

Hubungi Dukungan Instagram

Jika Anda tidak dapat mengakses nomor telepon atau email yang tertaut ke akun Anda, Anda dapat menghubungi dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan. Mereka mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi tambahan untuk memverifikasi identitas Anda dan membantu Anda memulihkan akun Anda.

Mengambil password Instagram di Google memerlukan proses verifikasi akun yang ketat. Namun, jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai cara menonaktifkan layanan lokasi pada iPhone, Anda dapat merujuk ke artikel ini: Cara mematikan lokasi di iPhone dengan kontrol pusat . Setelah memahami cara mematikan lokasi, Anda dapat kembali ke proses pengambilan password Instagram di Google dan melanjutkan verifikasi akun Anda dengan aman.

Potensi Risiko dan Keterbatasan

Meskipun metode alternatif ini dapat berguna, penting untuk menyadari potensi risiko dan keterbatasannya:

  • Jika nomor telepon atau email Anda tidak lagi aktif, Anda mungkin tidak dapat menggunakan metode ini.
  • Jika akun Anda telah diretas, peretas mungkin telah mengubah informasi kontak Anda, membuat metode ini tidak dapat digunakan.
  • Mendukung Instagram mungkin memerlukan waktu untuk merespons permintaan Anda, terutama selama periode sibuk.

Contoh Kasus dan Skenario

Dalam kasus nyata, banyak pengguna berhasil memulihkan kata sandi Instagram mereka menggunakan Google atau metode lain. Berikut beberapa contoh:

Kasus Pengguna dengan Kata Sandi yang Terlupakan

Seorang pengguna bernama Sarah lupa kata sandi Instagram-nya. Dia mencoba mengatur ulang melalui email, namun email tersebut tidak pernah tiba. Sarah kemudian menggunakan opsi “Lupa Kata Sandi?” di aplikasi Instagram dan mengikuti petunjuk untuk mengatur ulang kata sandinya melalui Google.

Kasus Pengguna dengan Akun yang Diretas

Seorang pengguna bernama John akun Instagram-nya diretas. Pelaku mengubah kata sandi dan mengendalikan akunnya. John melaporkan peretasan tersebut ke Instagram dan menggunakan fitur “Pemulihan Akun” untuk memulihkan akunnya dengan bantuan Google.

Kasus Pengguna dengan Akun yang Dinonaktifkan

Seorang pengguna bernama Mary akun Instagram-nya dinonaktifkan karena melanggar persyaratan layanan. Mary mengajukan banding atas penonaktifan tersebut dan memberikan bukti identitasnya melalui Google untuk memverifikasi kepemilikan akunnya.

Penutupan

Mengambil password Instagram yang terlupakan melalui Google atau metode lain bukanlah hal yang mustahil. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat memulihkan akses ke akun Anda dan mengamankannya dari potensi peretasan di masa mendatang. Ingatlah untuk mempraktikkan langkah-langkah keamanan yang baik, seperti membuat kata sandi yang kuat dan mengaktifkan verifikasi dua faktor, untuk menjaga akun Anda tetap aman.

Panduan Tanya Jawab

Bagaimana cara mengambil password Instagram saya jika saya lupa?

Anda dapat mengambil password Instagram Anda melalui Google jika Anda memiliki email atau nomor telepon yang terdaftar di akun Anda.

Apa saja alat eksternal yang dapat membantu saya mengambil password Instagram?

Ada beberapa alat pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengambil password Instagram yang terlupakan, seperti iMyFone D-Back dan PassFab iPhone Password Manager.

Apa yang harus saya lakukan jika akun Instagram saya diretas?

Jika akun Instagram Anda diretas, Anda harus segera mengubah kata sandi Anda dan mengaktifkan verifikasi dua faktor. Anda juga harus menghubungi dukungan Instagram untuk melaporkan akun yang diretas.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *