...

Panduan Lengkap Cara Membersihkan File Other di MacBook

  • Rayyan
  • May 29, 2024
Cleanmymac macbook menghapus uninstaller redirect sampai tuntas uninstall bersih lewat promised

File Other yang menumpuk di MacBook dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga dan memperlambat kinerja perangkat Anda. Panduan komprehensif ini akan memberikan Anda langkah-langkah terperinci dan solusi efektif untuk membersihkan file Other secara manual dan otomatis, mengosongkan ruang penyimpanan, dan mencegah penumpukan file Other di masa mendatang.

Artikel ini akan membahas berbagai metode pembersihan, termasuk pembersihan manual, penggunaan utilitas pembersihan otomatis, penghapusan file cache, pengoptimalan penyimpanan, dan tips pencegahan untuk menjaga MacBook Anda tetap bersih dan berjalan optimal.

Pembersihan Dasar

Membersihkan file lain di MacBook secara teratur dapat meningkatkan kinerja dan mengosongkan ruang penyimpanan yang berharga. Ada dua metode utama untuk membersihkan file lain: manual dan otomatis.

Jika penyimpanan Other di MacBook Anda sudah penuh, membersihkannya dapat membantu mengosongkan ruang. Salah satu cara untuk mematikan MacBook Air Anda adalah dengan mengklik menu Apple di pojok kiri atas layar, lalu pilih “Matikan…” ( cara turn off macbook air ). Setelah MacBook Air Anda mati, Anda dapat membersihkan file Other dengan menghapus file yang tidak diinginkan atau menggunakan alat pembersih pihak ketiga.

Mengosongkan penyimpanan Other dapat membantu meningkatkan kinerja MacBook Air Anda dan mengosongkan ruang untuk file yang lebih penting.

Metode Pembersihan Manual

Metode ini melibatkan penghapusan file lain secara manual dari folder Library di MacBook Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Finder dan klik “Go” di bilah menu.
  • Tahan tombol “Option” dan klik “Library”.
  • Temukan folder “Other” dan klik dua kali untuk membukanya.
  • Hapus file atau folder apa pun yang tidak lagi diperlukan.

Metode Pembersihan Otomatis

Metode ini menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindai dan menghapus file lain secara otomatis. Ada banyak aplikasi yang tersedia, seperti CleanMyMac X dan CCleaner. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan dapat mengotomatiskan proses pembersihan, menghemat waktu dan tenaga Anda.

Jika kamu mengalami masalah penyimpanan pada MacBook karena file “Other” yang besar, ada beberapa langkah untuk membersihkannya. Selain itu, untuk meningkatkan performa MacBook, kamu dapat mempertimbangkan untuk menginstal XAMPP di perangkatmu. Cara install XAMPP di MacBook cukup mudah dan dapat membantu kamu menjalankan aplikasi web dan database secara lokal.

Setelah menginstal XAMPP, kamu dapat melanjutkan dengan membersihkan file “Other” yang tersisa untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan MacBook kamu.

Tabel Perbandingan Metode Pembersihan

Metode Keuntungan Kekurangan
Manual – Gratis
– Kontrol lebih besar atas file yang dihapus
– Membutuhkan waktu dan usaha
– Risiko menghapus file penting
Otomatis – Cepat dan mudah
– Memindai dan menghapus file lain secara menyeluruh
– Berbayar
– Kurang kontrol atas file yang dihapus

Tips Mengidentifikasi dan Menghapus File Lain yang Tidak Diperlukan

Saat membersihkan file lain, penting untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak lagi diperlukan. Berikut beberapa tips:

  • Hapus file cache dan log dari aplikasi yang tidak lagi digunakan.
  • Hapus file unduhan yang tidak lagi diperlukan.
  • Hapus file cadangan yang berlebihan atau usang.
  • Hapus file bahasa yang tidak digunakan.
  • Hapus file instalasi dan pembaruan lama.

Utilitas Pembersihan Otomatis

Utilitas pembersihan otomatis dapat mengotomatiskan proses penghapusan file lain, menghemat waktu dan usaha. Beberapa utilitas populer meliputi:

CleanMyMac X

  • Membersihkan file cache, log, dan sampah sistem lainnya
  • Menghapus aplikasi dan ekstensi yang tidak diinginkan
  • Memantau kesehatan sistem dan menyarankan pembersihan

Disk Drill

  • Memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja
  • Membersihkan file sampah dan duplikat
  • Mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan mengidentifikasi file besar

OnyX

  • Membersihkan cache dan log sistem
  • Memperbaiki izin disk dan file
  • Menjalankan pemeliharaan sistem dan tugas-tugas diagnostik

Pro dan Kontra Utilitas Pembersihan Otomatis

Meskipun utilitas pembersihan otomatis menawarkan kenyamanan, ada juga beberapa pertimbangan:

  • Pro: Menghemat waktu dan tenaga, Otomatisasi pembersihan, Peningkatan kinerja
  • Kontra: Dapat menghapus file penting secara tidak sengaja, Mungkin tidak selalu efektif, Biaya tambahan

Penghapusan File Cache

File cache adalah file sementara yang disimpan oleh sistem operasi dan aplikasi untuk mempercepat akses ke data yang sering digunakan. MacBook menyimpan berbagai jenis file cache, termasuk:

* Cache aplikasi: File-file ini menyimpan data yang terkait dengan aplikasi tertentu, seperti pengaturan dan data sesi.
* Cache sistem: File-file ini menyimpan data yang digunakan oleh sistem operasi, seperti pengaturan sistem dan informasi log.
* Cache browser: File-file ini menyimpan data yang terkait dengan penjelajahan web, seperti riwayat penelusuran dan gambar yang diunduh.

Menghapus file cache secara teratur dapat membantu meningkatkan kinerja MacBook dengan membebaskan ruang penyimpanan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengakses data.

Penghapusan Manual File Cache

Untuk menghapus file cache secara manual, Anda dapat menggunakan Terminal:

“`
sudo purge
“`

Perintah ini akan menghapus sebagian besar file cache dari MacBook Anda. Namun, beberapa file cache mungkin tidak dihapus oleh perintah ini.

Penghapusan Otomatis File Cache

Jika Anda ingin menghapus file cache secara otomatis, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CleanMyMac X atau CCleaner. Aplikasi ini akan memindai MacBook Anda untuk mencari file cache dan menghapusnya secara aman.

Pengoptimalan Penyimpanan

Mengoptimalkan penyimpanan MacBook sangat penting untuk mengurangi file lain dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Berikut beberapa tips untuk mengelola file dan mengosongkan ruang penyimpanan:

Menggunakan Fitur “Optimize Storage”

Fitur “Optimize Storage” di macOS secara otomatis mengosongkan ruang penyimpanan dengan memindahkan file yang jarang digunakan ke iCloud atau menyimpannya di tempat sampah selama 30 hari. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Apple > “About This Mac” > “Storage”.
  • Klik “Manage”.
  • Pilih tab “Storage Recommendations”.
  • Aktifkan “Optimize Storage”.

Menghapus File yang Tidak Diperlukan

File yang tidak lagi diperlukan dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Periksa lokasi berikut untuk file yang tidak perlu:

  • Folder Unduhan
  • Folder Sampah
  • Folder Cache
  • File aplikasi yang tidak digunakan

Menggunakan Aplikasi Pembersih Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pembersih pihak ketiga dapat membantu mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diperlukan, termasuk file duplikat, file sementara, dan cache yang tidak digunakan.

Setelah membersihkan file-file lain di MacBook Anda, Anda mungkin perlu membatalkan beberapa perubahan yang tidak diinginkan. Untuk membatalkan perubahan di aplikasi Notes, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: cara undo di notes macbook . Setelah Anda berhasil membatalkan perubahan, Anda dapat melanjutkan proses pembersihan file-file lain di MacBook Anda untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan meningkatkan performa perangkat Anda.

Menghapus File Duplikat

File duplikat dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Gunakan aplikasi pihak ketiga atau perintah Terminal berikut untuk menemukan dan menghapus file duplikat:

find . -type f -exec md5 \; | sort | uniq -w32 | cut -d " " -f2 | xargs -I find . -name -delete

Mengosongkan Cache

Cache dapat menumpuk dan menghabiskan ruang penyimpanan. Mengosongkan cache secara teratur dapat membantu mengosongkan ruang. Untuk mengosongkan cache, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka “Terminal”.
  • Masukkan perintah berikut:
  •   sudo purge
      

Pencegahan Penumpukan File Lain

Cleanmymac macbook menghapus uninstaller redirect sampai tuntas uninstall bersih lewat promised

Penumpukan file lain di MacBook dapat dicegah dengan mengikuti beberapa praktik terbaik:

Cadangan Reguler

Cadangkan MacBook secara teratur untuk melindungi data penting dari kehilangan. Pencadangan dapat dilakukan ke hard drive eksternal, layanan penyimpanan cloud, atau Time Machine. Dengan mencadangkan secara teratur, kamu dapat memulihkan file yang hilang atau rusak dari penumpukan file lain.

Penghapusan File Tidak Diperlukan

Tinjau dan hapus file yang tidak diperlukan secara berkala. File yang tidak lagi digunakan, seperti unduhan lama, file sementara, dan cache, dapat menumpuk dan berkontribusi pada file lain. Hapus file ini untuk mengosongkan ruang dan mengurangi potensi penumpukan.

Konfigurasi Pengaturan macOS

Sesuaikan pengaturan macOS untuk meminimalkan pembuatan file lain:

Nonaktifkan Pengindeksan Spotlight: Spotlight terus mengindeks file di MacBook, yang dapat menghasilkan file lain. Nonaktifkan pengindeksan untuk folder yang tidak perlu, seperti folder unduhan.
Kurangi Penggunaan Cache: Batasi jumlah cache yang disimpan oleh aplikasi dengan mengurangi ukuran cache atau menonaktifkan cache sama sekali.
Hapus Cache DNS: Hapus cache DNS secara berkala untuk menghapus file lain yang dibuat oleh proses resolusi nama.

Ringkasan Penutup

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat secara efektif membersihkan file Other di MacBook, mengosongkan ruang penyimpanan yang berharga, meningkatkan kinerja perangkat, dan mencegah penumpukan file yang tidak perlu di masa mendatang. Mengelola file Other secara teratur akan memastikan MacBook Anda tetap berjalan dengan lancar dan efisien.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Bagaimana cara mengidentifikasi file Other yang tidak diperlukan?

File Other yang tidak diperlukan biasanya berukuran besar dan memiliki nama yang tidak dikenal. Anda dapat menggunakan alat seperti GrandPerspective untuk memvisualisasikan file dan mengidentifikasi file yang tidak diperlukan.

Apa pro dan kontra menggunakan utilitas pembersihan otomatis?

Utilitas pembersihan otomatis dapat menghemat waktu dan tenaga, tetapi beberapa mungkin menghapus file yang diperlukan. Selalu periksa dengan cermat file yang akan dihapus sebelum menjalankan utilitas.

Bagaimana cara menghapus file cache secara otomatis?

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CleanMyMac atau Onyx untuk menghapus file cache secara otomatis.

Untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan pada MacBook, salah satu cara yang efektif adalah membersihkan kategori “Other”. Setelah membersihkan “Other”, jika masih memerlukan ruang tambahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginstal sistem operasi Windows di MacBook. Panduan tentang cara windows di macbook dapat ditemukan secara online.

Setelah menginstal Windows, Anda dapat mengakses aplikasi dan file Windows secara langsung dari MacBook. Kembali ke topik pembersihan “Other”, setelah membersihkan file-file yang tidak diperlukan, MacBook Anda akan memiliki lebih banyak ruang penyimpanan yang tersedia.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *