...

Cara Melihat Password WiFi Tersimpan di Android: Panduan Langkah demi Langkah

  • Rayyan
  • May 05, 2024
Cara melihat password wifi yang sudah tersimpan di android

Lupa password WiFi Anda? Jangan khawatir! Dalam panduan komprehensif ini, kami akan mengungkap cara mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Baik Anda ingin berbagi akses internet dengan teman atau memecahkan masalah koneksi, kami siap membantu Anda.

Dengan langkah-langkah terperinci dan aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan, kami akan memandu Anda melalui proses menemukan password WiFi tersimpan Anda secara aman dan efisien. Mari kita mulai!

Cara Menemukan Password WiFi yang Tersimpan di Android

Menemukan password WiFi yang tersimpan di Android dapat berguna jika Anda perlu menghubungkan perangkat baru atau membagikan akses ke jaringan Anda. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menemukan password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda.

Menggunakan Pengaturan WiFi

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk “Jaringan & internet” atau “WiFi”.
  3. Ketuk jaringan WiFi yang terhubung saat ini atau yang telah terhubung sebelumnya.
  4. Ketuk tombol “Bagikan”.
  5. Perangkat Anda akan menampilkan kode QR yang berisi informasi jaringan, termasuk password.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak dapat menemukan password WiFi menggunakan Pengaturan WiFi, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Password Viewer atau WiFi Key Recovery. Aplikasi ini memindai perangkat Anda untuk mencari jaringan WiFi yang tersimpan dan menampilkan passwordnya.

Menggunakan Perintah ADB

Anda juga dapat menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge) untuk menemukan password WiFi yang tersimpan. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan komputer dengan ADB yang diinstal.

Untuk melihat kata sandi Wi-Fi yang tersimpan di perangkat Android, Anda dapat mengakses pengaturan Wi-Fi dan mengetuk jaringan yang terhubung. Setelah itu, ketuk ikon roda gigi dan pilih opsi “Bagikan”. Untuk keamanan tambahan, Anda mungkin perlu mematikan lokasi di iPhone sementara untuk mencegah pelacakan yang tidak diinginkan.

Anda dapat menemukan langkah-langkah terperinci tentang cara mematikan lokasi di iPhone sementara di sini . Setelah lokasi dinonaktifkan, Anda dapat kembali ke pengaturan Wi-Fi Android dan melanjutkan proses melihat kata sandi yang tersimpan.

  1. Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka jendela Command Prompt atau Terminal di komputer Anda.
  3. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:
  4. adb shell “su -c ‘cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf'”

  5. Perintah ini akan menampilkan daftar jaringan WiFi yang tersimpan dan passwordnya.

Catatan

  • Untuk menggunakan metode ADB, Anda memerlukan akses root pada perangkat Android Anda.
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menemukan password WiFi mungkin memerlukan izin tambahan.
  • Menemukan password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda hanya boleh dilakukan jika Anda memiliki izin dari pemilik jaringan.

Aplikasi untuk Melihat Password WiFi Tersimpan

Mengakses jaringan WiFi yang telah tersimpan dapat menjadi tantangan jika Anda lupa kata sandinya. Namun, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat kata sandi WiFi tersimpan di perangkat Android Anda.

Jika Anda ingin melihat kata sandi WiFi yang telah tersimpan di perangkat Android Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana. Di sisi lain, jika Anda pengguna iPhone dan ingin mematikan lokasi tanpa menonaktifkan data seluler, artikel ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat.

Setelah Anda mengetahui cara mematikan lokasi di iPhone tanpa menonaktifkan data seluler, Anda dapat kembali ke topik cara melihat kata sandi WiFi yang tersimpan di Android untuk melanjutkan proses pengambilan kata sandi yang diperlukan.

Aplikasi yang Direkomendasikan

Nama Aplikasi Fitur Tautan Unduhan
WiFi Password Viewer Antarmuka yang mudah digunakan, mendukung Android 6.0 dan yang lebih baru Unduh
WiFi Password Recovery Tidak memerlukan root, mendukung Android 10 dan yang lebih baru Unduh
WiFi Password Show Tampilan kata sandi secara real-time, mendukung Android 5.0 dan yang lebih baru Unduh

Risiko Keamanan Terkait Melihat Password WiFi Tersimpan

Mengakses password WiFi yang tersimpan di perangkat Android dapat menimbulkan risiko keamanan jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Untuk melihat password wifi yang tersimpan di Android, Anda dapat membuka menu Pengaturan, pilih Jaringan dan Internet, lalu ketuk Wi-Fi. Di sana, pilih jaringan yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketuk ikon roda gigi. Kemudian, ketuk “Bagikan” dan Anda akan diminta memasukkan kode sandi perangkat.

Setelah memasukkan kode sandi, kode QR akan muncul yang berisi informasi login Wi-Fi. Untuk keamanan tambahan, Anda dapat mematikan riwayat lokasi di iPhone dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di Cara mematikan riwayat lokasi di iPhone . Setelah mematikan riwayat lokasi, Anda dapat kembali ke pengaturan Wi-Fi di Android dan melihat password Wi-Fi yang tersimpan tanpa khawatir akan masalah privasi.

Informasi sensitif ini dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang, menyebabkan akses tidak sah ke jaringan WiFi, pencurian identitas, atau bahkan serangan siber.

Untuk melihat password Wi-Fi yang tersimpan di perangkat Android, Anda dapat membuka pengaturan Wi-Fi, memilih jaringan yang diinginkan, dan mengetuk ikon berbagi. Namun, untuk alasan privasi, password akan disembunyikan di balik titik-titik. Jika Anda perlu melihat password dengan jelas, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Di sisi lain, jika Anda ingin menonaktifkan berbagi lokasi di iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel Cara mematikan berbagi lokasi di iPhone . Kembali ke topik password Wi-Fi, perlu diingat bahwa membagikan password dengan orang lain dapat menimbulkan risiko keamanan.

Praktik Terbaik untuk Mencegah Akses Tidak Sah

  • Aktifkan fitur enkripsi pada perangkat Android untuk melindungi data yang disimpan, termasuk password WiFi.
  • Gunakan password yang kuat dan unik untuk perangkat Android dan jaringan WiFi.
  • Hindari menyimpan password WiFi di aplikasi pihak ketiga atau mencatatnya secara fisik.
  • Perbarui perangkat Android dan aplikasi secara teratur untuk menambal kerentanan keamanan.
  • Gunakan aplikasi antivirus yang bereputasi baik untuk memindai malware yang mungkin mencuri password.
  • Nonaktifkan fitur berbagi WiFi otomatis untuk mencegah perangkat yang tidak dikenal mengakses jaringan WiFi tanpa izin.

Perbedaan Metode untuk Berbagai Versi Android

Melihat password lengkap setelah pilih seperti kelola

Metode untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android bervariasi tergantung pada versi Android yang digunakan. Setiap versi memiliki fitur dan batasan unik.

Android 10 dan Lebih Baru

  • Pengguna dapat melihat password WiFi tersimpan melalui menu “Jaringan dan Internet” di pengaturan.
  • Bagian “WiFi” berisi daftar jaringan yang terhubung sebelumnya.
  • Ketuk jaringan yang ingin dilihat passwordnya, lalu ketuk ikon roda gigi “Pengaturan”.
  • Pilih opsi “Bagikan” dan verifikasi identitas menggunakan PIN atau sidik jari.
  • Password akan ditampilkan dalam bentuk kode QR atau teks biasa.

Android 9 dan Sebelumnya

  • Tidak ada metode bawaan untuk melihat password WiFi tersimpan.
  • Pengguna perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau metode rooting untuk mengakses password.
  • Aplikasi seperti WiFi Password Viewer atau WiFi Key Recovery dapat digunakan untuk mengekstrak password dari file sistem.

Android 11 dan Lebih Baru

  • Metode yang sama dengan Android 10 berlaku.
  • Selain itu, pengguna dapat menggunakan fitur “Bagikan WiFi” untuk membagikan jaringan yang terhubung ke perangkat lain secara nirkabel.
  • Saat membagikan WiFi, penerima akan menerima kode QR yang dapat dipindai untuk terhubung ke jaringan tanpa perlu memasukkan password.

Troubleshooting Masalah Umum

Saat mencoba melihat password WiFi yang tersimpan di Android, beberapa masalah umum mungkin muncul. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut:

Password Hilang atau Tidak Dapat Diakses

  • Pastikan perangkat Android Anda terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  • Coba sambungkan kembali ke jaringan WiFi untuk menyegarkan koneksi dan memastikan perangkat Anda terautentikasi dengan benar.
  • Jika password masih tidak dapat diakses, coba atur ulang pengaturan jaringan di perangkat Android Anda. Ini akan menghapus semua jaringan WiFi yang tersimpan dan memerlukan Anda untuk memasukkan password lagi.

Ringkasan Terakhir

Cara melihat password wifi yang sudah tersimpan di android

Mengakses password WiFi tersimpan di Android Anda kini mudah dilakukan dengan mengikuti panduan ini. Ingatlah praktik terbaik keamanan untuk melindungi informasi sensitif ini. Nikmati akses internet yang lancar dan tanpa gangguan dengan mengetahui password WiFi Anda kapan saja, di mana saja.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Bagaimana cara melihat password WiFi tersimpan tanpa root?

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Password Viewer atau WiFi Key Recovery.

Apakah ada risiko keamanan saat melihat password WiFi tersimpan?

Ya, pastikan Anda melindungi perangkat Anda dari akses yang tidak sah dan hindari berbagi password dengan orang yang tidak tepercaya.

Apa yang harus dilakukan jika password WiFi tersimpan tidak dapat diakses?

Coba restart perangkat Anda, atur ulang pengaturan jaringan, atau hubungi penyedia layanan internet Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *