...

Cara Keluar Aplikasi di MacBook: Panduan Lengkap

  • Rayyan
  • May 31, 2024
Uninstall mudah

Menutup aplikasi di MacBook adalah tugas sederhana namun penting untuk menjaga kinerja sistem yang optimal. Artikel ini akan memandu Anda melalui berbagai metode untuk keluar dari aplikasi, mulai dari Force Quit hingga menggunakan pintasan keyboard.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga penting untuk memahami semuanya agar dapat memilih pendekatan terbaik untuk situasi tertentu.

Cara Keluar Aplikasi Menggunakan Force Quit

Force Quit adalah fitur bawaan macOS yang memungkinkan pengguna menutup aplikasi yang tidak merespons atau beku. Berikut langkah-langkah menggunakan Force Quit:

Mengakses Force Quit

Tekan kombinasi tombol Command + Option + Esc (Escape) atau klik menu Apple di pojok kiri atas layar dan pilih Force Quit Applications.

Memilih Aplikasi yang Akan Ditutup

Jendela Force Quit akan menampilkan daftar semua aplikasi yang sedang berjalan. Pilih aplikasi yang tidak merespons dan klik tombol Force Quit.

Membandingkan Force Quit dengan Metode Lain

Tabel berikut membandingkan Force Quit dengan metode lain untuk keluar aplikasi:

Metode Langkah Keuntungan Kekurangan
Force Quit Kombinasi tombol atau menu Apple Menutup paksa aplikasi yang tidak merespons Dapat menyebabkan kehilangan data yang belum disimpan
Klik Kanan Dock Klik kanan ikon aplikasi di Dock Mudah diakses Tidak menutup aplikasi yang tidak merespons
Menu Aplikasi Pilih Quit dari menu aplikasi Metode standar Tidak menutup aplikasi yang tidak merespons

Keluar Aplikasi Melalui Dock

Dock adalah bilah yang terdapat di bagian bawah layar MacBook, menyediakan akses cepat ke aplikasi yang sering digunakan. Dock juga dapat digunakan untuk keluar dari aplikasi yang sedang berjalan.

Ada dua cara untuk keluar dari aplikasi melalui Dock:

Klik Kanan dan Keluar

Untuk keluar dari aplikasi menggunakan klik kanan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada ikon aplikasi di Dock.
  2. Pilih “Keluar” dari menu konteks yang muncul.

Tombol Pintas

Selain klik kanan, Anda juga dapat menggunakan tombol pintas untuk keluar dari aplikasi melalui Dock:

  • Tekan dan tahan tombol “Command” (⌘).
  • Klik ikon aplikasi di Dock.
  • Lepaskan tombol “Command”.

Tindakan ini akan langsung menutup aplikasi.

Keluar Aplikasi Menggunakan Menu Aplikasi

Menu aplikasi menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menutup aplikasi di MacBook. Menu ini dapat diakses dengan mengklik ikon aplikasi di bilah menu bagian atas.

Menu aplikasi menawarkan dua opsi untuk menutup aplikasi:

Keluar

Opsi “Keluar” menutup seluruh aplikasi, termasuk semua jendela dan dokumen yang terbuka. Opsi ini harus digunakan saat Anda ingin menutup aplikasi sepenuhnya dan menghentikan semua prosesnya.

Setelah menyelesaikan pekerjaan pada aplikasi di MacBook, penting untuk mengetahui cara keluar dari aplikasi dengan benar. Dengan menutup aplikasi, Anda dapat menghemat sumber daya sistem dan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang. Setelah Anda menutup aplikasi, Anda dapat menyimpan dokumen Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam cara save word di macbook . Setelah dokumen Anda disimpan, Anda dapat kembali ke aplikasi yang Anda tutup dan keluar dengan benar menggunakan opsi yang disediakan dalam menu aplikasi.

Tutup Jendela

Opsi “Tutup Jendela” hanya menutup jendela aplikasi yang sedang aktif. Aplikasi tetap terbuka di latar belakang, dan jendela lain yang terkait dengan aplikasi tersebut tetap terbuka.

Contoh Langkah Demi Langkah

Untuk keluar dari aplikasi menggunakan menu aplikasi:

  1. Klik ikon aplikasi di bilah menu bagian atas.
  2. Pilih “Keluar” untuk menutup seluruh aplikasi atau “Tutup Jendela” untuk hanya menutup jendela yang sedang aktif.

Menggunakan Pintasan Keyboard

Menggunakan pintasan keyboard adalah cara cepat dan mudah untuk keluar dari aplikasi di MacBook Anda. Berbagai kombinasi tombol tersedia untuk menutup jendela, mengakhiri aplikasi, atau memaksa aplikasi keluar jika terjadi kesalahan.

Force Quit

Untuk memaksa aplikasi keluar, tekan kombinasi tombol berikut:

  • Command (⌘) + Option (⌥) + Esc

Kotak dialog akan muncul, memungkinkan Anda memilih aplikasi yang ingin ditutup secara paksa.

Untuk keluar dari aplikasi di MacBook, Anda dapat menekan Command + Q atau klik menu File dan pilih “Quit”. Jika aplikasi tidak merespons, Anda dapat menggunakan Force Quit dengan menekan Command + Option + Esc. Jika Anda perlu mematikan MacBook, Anda dapat memilih “Shut Down” dari menu Apple.

Cara turn off macbook yang benar dapat membantu menghemat daya baterai dan menjaga kinerja perangkat. Setelah mematikan MacBook, Anda dapat kembali membuka aplikasi yang diperlukan saat Anda menyalakannya kembali.

Menutup Jendela

Untuk menutup jendela aplikasi saat ini, tekan kombinasi tombol berikut:

  • Command (⌘) + W

Ini akan menutup jendela depan dari aplikasi yang sedang aktif.

Untuk keluar dari aplikasi di MacBook, cukup tekan Command + Q pada keyboard. Jika aplikasi tersebut tidak merespons, Anda dapat memaksa keluar aplikasi tersebut dengan menekan Command + Option + Esc, memilih aplikasi yang ingin ditutup, lalu mengklik tombol “Paksa Keluar”.

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan Safari, Anda mungkin perlu mengupdate-nya ke versi terbaru. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel cara update safari di macbook untuk memperbarui Safari di MacBook Anda. Setelah Safari diperbarui, Anda dapat mencoba membuka kembali aplikasi yang Anda coba keluar sebelumnya.

Menutup Semua Jendela

Untuk menutup semua jendela aplikasi yang terbuka, tekan kombinasi tombol berikut:

  • Command (⌘) + Q

Ini akan menutup semua jendela yang terkait dengan aplikasi yang sedang aktif.

Menyelesaikan Masalah Aplikasi yang Tidak Mau Keluar

Uninstall mudah

Terkadang, aplikasi di Mac Anda mungkin tidak mau keluar dengan benar. Ini bisa membuat frustasi dan menghambat alur kerja Anda. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menyelesaikan masalah ini.

Setelah menyelesaikan pekerjaan pada aplikasi tertentu, penting untuk mengetahui cara keluar aplikasi di MacBook Anda dengan benar. Untuk melakukannya, cukup klik menu “File” pada bilah menu atas dan pilih “Quit”. Cara ini akan menutup aplikasi secara permanen. Jika Anda ingin keluar dari akun iCloud Anda di MacBook, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini tentang cara log out icloud macbook . Setelah keluar dari akun iCloud, Anda dapat kembali ke langkah-langkah di atas untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan di MacBook Anda.

Menggunakan Monitor Aktivitas

Monitor Aktivitas adalah utilitas bawaan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi aplikasi yang tidak mau keluar. Untuk menggunakan Monitor Aktivitas:

  1. Buka Aplikasi > Utilitas > Monitor Aktivitas.
  2. Di kolom “Nama Proses”, temukan aplikasi yang tidak mau keluar.
  3. Klik pada aplikasi dan pilih “Keluar Proses” dari menu Proses.

Tips dan Trik Lainnya

  • Restart Mac Anda: Ini dapat membantu menyelesaikan masalah kecil yang mungkin menyebabkan aplikasi tidak mau keluar.
  • Perbarui Aplikasi: Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi yang bermasalah. Pengembang mungkin telah merilis pembaruan yang memperbaiki masalah ini.
  • Hapus dan Instal Ulang Aplikasi: Jika metode lain tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali.
  • Hubungi Dukungan Pelanggan: Jika Anda masih mengalami masalah, hubungi dukungan pelanggan pengembang aplikasi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Ulasan Penutup

Dengan memahami metode yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah keluar dari aplikasi di MacBook, memastikan bahwa sistem Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Detail FAQ

Bagaimana cara keluar dari aplikasi yang tidak merespons?

Gunakan Force Quit dengan menekan Command + Option + Esc.

Bagaimana cara menutup aplikasi dari Dock?

Klik kanan ikon aplikasi dan pilih “Keluar” atau gunakan Command + Q.

Bagaimana cara keluar dari aplikasi menggunakan menu aplikasi?

Klik pada nama aplikasi di bilah menu dan pilih “Keluar”.

Related Post :