Cara Bikin NPWP Online Lewat Handphone: Panduan Lengkap

Npwp syarat membuat siapkan bikin lampung

Membuat NPWP kini semakin mudah dengan hadirnya layanan online. Lewat handphone, kamu bisa mengurus pembuatan NPWP tanpa perlu repot datang ke kantor pajak.

Dalam artikel ini, kita akan bahas lengkap cara bikin NPWP online lewat handphone, mulai dari persyaratan hingga tips sukses membuatnya.

Persyaratan Membuat NPWP Online Lewat Handphone

Buat kamu yang mau bikin NPWP online lewat handphone, pastikan udah punya beberapa dokumen penting ini ya:

  • KTP asli
  • Foto KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pasangan (kalau udah nikah)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) orang tua (kalau belum nikah dan belum punya penghasilan sendiri)

Cara Mendapatkan Dokumen yang Dibutuhkan

Kalau belum punya NPWP pasangan atau orang tua, kamu bisa minta langsung ke mereka. Sementara untuk foto KTP, kamu bisa ambil sendiri pakai kamera handphone. Pastikan fotonya jelas dan nggak buram ya.

Langkah-langkah Membuat NPWP Online Lewat Handphone

Membuat NPWP online lewat handphone itu gampang banget. Cuma butuh beberapa langkah aja, kamu bisa dapetin NPWP tanpa perlu repot ke kantor pajak. Yuk, langsung aja kita bahas langkah-langkahnya:

Akses Situs Web DJP Online

Pertama, kamu harus akses situs web Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online di alamat https://ereg.pajak.go.id. Setelah masuk ke situs web tersebut, klik menu “Daftar” yang ada di pojok kanan atas.

Bikin NPWP online lewat handphone sekarang gampang banget. Cukup siapkan KTP dan foto selfie, kamu bisa langsung daftar lewat aplikasi e-NPWP. Nah, buat kamu yang mau ke Bengkalis dari Batam, cek dulu Jadwal Kapal Pelabuhan Sekupang Batam ke Bengkalis supaya nggak ketinggalan.

Balik lagi ke urusan NPWP, setelah daftar, kamu tinggal verifikasi dan tunggu kartu NPWP dikirim ke alamat kamu. Gampang kan?

Isi Data Pribadi

Setelah klik “Daftar”, kamu akan diminta mengisi data pribadi seperti nama lengkap, NIK, alamat email, dan nomor handphone. Isi semua data tersebut dengan benar dan lengkap, lalu klik tombol “Daftar”.

Verifikasi Akun

Setelah mengisi data pribadi, kamu akan menerima email verifikasi dari DJP Online. Buka email tersebut dan klik link verifikasi yang ada di dalamnya. Setelah akun kamu terverifikasi, kamu bisa langsung login ke situs web DJP Online.

Cara bikin NPWP online lewat handphone sekarang udah gampang banget. Tinggal siapin dokumen-dokumen yang diperlukan, terus ikutin langkah-langkahnya di aplikasi DJP Online. Oh iya, buat yang mau jalan-jalan ke Johor Malaysia, jangan lupa cek Jadwal Kapal Ferry Batam ke Johor Malaysia 2024 biar nggak ketinggalan jadwal.

Balik lagi ke bikin NPWP, setelah selesai nanti kamu bakal dapet softcopy NPWP-nya langsung di aplikasi.

Isi Formulir Pendaftaran NPWP

Setelah login, klik menu “Layanan” lalu pilih “Pendaftaran NPWP”. Kamu akan diarahkan ke formulir pendaftaran NPWP. Isi semua data yang diminta dengan benar dan lengkap, lalu klik tombol “Simpan”.

Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu harus mengunggah dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan surat keterangan domisili. Klik tombol “Unggah Dokumen” dan pilih dokumen yang ingin diunggah. Pastikan semua dokumen yang diunggah jelas dan sesuai dengan format yang ditentukan.

Submit Pendaftaran

Setelah semua data dan dokumen terisi dan terunggah, klik tombol “Submit”. Pendaftaran NPWP kamu akan diproses oleh petugas pajak. Biasanya proses ini memakan waktu beberapa hari kerja.

Cara bikin NPWP online lewat handphone ternyata gampang banget. Nggak perlu repot-repot ke kantor pajak, tinggal siapin dokumen yang dibutuhkan dan ikutin langkah-langkahnya. Kalau mau liburan ke Kuala Tungkal, jangan lupa cek Jadwal Kapal Pelabuhan Sekupang Batam ke Kuala Tungkal biar nggak ketinggalan kapal.

Habis itu, lanjutin bikin NPWP online-nya. Praktis dan efisien banget!

Cetak NPWP

Setelah pendaftaran NPWP kamu disetujui, kamu bisa langsung mencetak NPWP kamu di situs web DJP Online. Klik menu “Layanan” lalu pilih “Cetak NPWP”. Masukkan nomor NPWP kamu dan klik tombol “Cetak”.

Panduan Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP Online

Cara bikin npwp online lewat handphone

Mengisi formulir pendaftaran NPWP online memang nggak sesulit yang dibayangkan. Berikut panduan lengkapnya:

Berikut beberapa bagian penting dalam formulir pendaftaran NPWP online yang perlu diisi dengan benar:

  • Data Pribadi: Isi dengan informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, dan nomor telepon.
  • Data Pekerjaan: Jika Anda seorang karyawan, isi data perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda seorang wirausaha, isi data usaha Anda.
  • Data Penghasilan: Isi dengan penghasilan Anda dari semua sumber, termasuk gaji, usaha, atau investasi.
  • Data Pajak: Isi dengan informasi terkait pajak yang sudah Anda bayar, seperti PPh 21 atau PPh 23.
  • Data Dokumen Pendukung: Unggah dokumen pendukung yang diperlukan, seperti KTP, NPWP lama (jika ada), dan dokumen lainnya yang sesuai.

Cara Cek Status Pendaftaran NPWP Online

Cara bikin npwp online lewat handphone

Setelah mengajukan pendaftaran NPWP online, kamu bisa mengecek status pendaftaranmu untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.

Ngurus NPWP online lewat HP gampang banget, tinggal isi formulir online dan upload dokumen. Nah, buat yang mau ke Batam, jangan lupa cek Jadwal Kapal MV Oceanna dari Sekupang Batam biar nggak ketinggalan kapal. Lanjutin ngurus NPWP online, upload bukti setor pajak, dan tungguin deh kartu NPWP-nya dikirim ke rumah.

Langkah-langkah Mengecek Status Pendaftaran NPWP Online

  1. Buka situs web resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di https://djponline.pajak.go.id/
  2. Pada menu utama, pilih “Layanan” dan kemudian klik “Registrasi NPWP”.
  3. Pada halaman “Registrasi NPWP”, pilih “Cek Status Pendaftaran NPWP”.
  4. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lama (jika ada).
  5. Masukkan kode keamanan yang tertera pada halaman.
  6. Klik tombol “Cari”.

Status pendaftaran NPWP akan ditampilkan pada halaman. Jika pendaftaran berhasil, kamu akan menerima email berisi nomor NPWP baru.

5. Tips Sukses Membuat NPWP Online Lewat Handphone

Npwp syarat membuat siapkan bikin lampung

Agar proses pembuatan NPWP online lewat handphone berjalan lancar, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa meningkatkan peluang keberhasilan dan menghindari kendala yang tidak perlu.

Persiapan Dokumen yang Benar

Pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) lama (jika ada)
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) atau bukti penghasilan lainnya (untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha)

Hindari Kesalahan Umum

Ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat membuat NPWP online lewat handphone. Hindari kesalahan-kesalahan ini agar proses pembuatan NPWP kamu berjalan lancar:

  • Mengisi data yang tidak sesuai dengan dokumen pendukung
  • Memasukkan nomor telepon atau email yang salah
  • Mengunggah dokumen yang tidak sesuai dengan format yang ditentukan
  • Tidak melengkapi semua data yang diperlukan

Optimalkan Koneksi Internet

Koneksi internet yang stabil sangat penting untuk kelancaran proses pembuatan NPWP online. Pastikan kamu terhubung dengan jaringan internet yang kuat dan stabil sebelum memulai proses pembuatan NPWP.

Simpulan Akhir

Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa membuat NPWP online dengan mudah dan cepat. Manfaatkan kemudahan ini untuk memenuhi kewajiban perpajakanmu dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

FAQ Terkini

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat NPWP online?

Biasanya sekitar 1-2 hari kerja setelah pengajuan.

Apakah ada biaya yang dikenakan untuk membuat NPWP online?

Tidak ada biaya yang dikenakan.

Bagaimana cara mengetahui status pendaftaran NPWP online?

Kamu bisa mengecek status pendaftaran melalui situs web DJP Online atau aplikasi e-Registration.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *