...

Panduan Lengkap Cara Membeli Starlink di Indonesia

  • Rayyan
  • May 11, 2024

Cara beli starlink di indonesia – Dengan hadirnya Starlink di Indonesia, kini masyarakat memiliki pilihan baru untuk mengakses internet berkecepatan tinggi. Panduan lengkap ini akan memandu Anda langkah demi langkah dalam membeli dan memasang Starlink di Indonesia.

Starlink menawarkan layanan internet satelit yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh infrastruktur internet konvensional. Dengan kecepatan hingga 150 Mbps, Starlink menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan internet yang semakin tinggi.

Daftra isi

Panduan Langkah Demi Langkah Membeli Starlink di Indonesia

Cara beli starlink di indonesia

Starlink, layanan internet satelit dari SpaceX, kini tersedia di Indonesia. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membeli dan memasang Starlink di Indonesia:

Pendaftaran

Kunjungi situs web Starlink ( starlink.com ) dan klik “Order Now”. Masukkan alamat Anda untuk memeriksa ketersediaan layanan.

Jika Starlink tersedia di wilayah Anda, Anda akan diminta untuk membuat akun dan memberikan informasi pembayaran. Anda akan dikenakan biaya awal sebesar Rp10.250.000, yang mencakup perangkat keras Starlink dan biaya pengiriman.

Pengiriman dan Pemasangan

Setelah Anda melakukan pemesanan, Starlink akan dikirim ke alamat Anda dalam waktu sekitar 2-4 minggu. Paket akan berisi antena parabola, router, dan kabel yang diperlukan.

Pemasangan Starlink cukup mudah. Anda hanya perlu memasang antena parabola di lokasi yang memiliki pandangan langit yang jelas dan menghubungkannya ke router. Starlink akan secara otomatis mengonfigurasi dan menghubungkan ke jaringan satelit.

Pengaktifan

Setelah Starlink terpasang, Anda perlu mengaktifkannya menggunakan aplikasi Starlink. Aplikasi ini akan memandu Anda melalui proses penyiapan dan mengonfirmasi koneksi Anda.

Potensi Kendala dan Pemecahan Masalah

Beberapa kendala yang mungkin Anda hadapi saat membeli dan memasang Starlink di Indonesia meliputi:

  • Ketersediaan terbatas: Starlink saat ini hanya tersedia di wilayah tertentu di Indonesia. Periksa ketersediaan di situs web Starlink sebelum melakukan pemesanan.
  • Hambatan cuaca: Hujan deras atau salju lebat dapat mengganggu koneksi Starlink. Pastikan antena parabola dipasang di lokasi yang terlindung dari cuaca buruk.
  • Obstruksi: Pohon atau bangunan tinggi di sekitar antena parabola dapat menghalangi sinyal Starlink. Pastikan lokasi pemasangan memiliki pandangan langit yang jelas.

Jika Anda mengalami masalah saat membeli atau memasang Starlink, Anda dapat menghubungi dukungan pelanggan Starlink di https://support.starlink.com/ .

Rincian Biaya Perangkat Keras Starlink

Perangkat keras Starlink terdiri dari antena parabola, router Wi-Fi, dan kabel. Berikut rincian biayanya:

Antena Parabola

  • Biaya awal: Rp 7.800.000

Router Wi-Fi

  • Biaya awal: –

Kabel

  • Biaya bervariasi tergantung panjang dan jenis kabel yang dibutuhkan

Biaya Pengiriman

  • Biaya pengiriman: Rp 750.000

Total Biaya Perangkat Keras

Total biaya perangkat keras Starlink, termasuk antena parabola, router Wi-Fi, kabel, dan biaya pengiriman, adalah sekitar Rp 11.515.000.

Paket Langganan Starlink

Starlink menawarkan berbagai paket langganan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan internet yang beragam. Setiap paket memiliki perbedaan dalam kecepatan, kuota data, dan harga.

Kecepatan dan Kuota Data

Kecepatan internet Starlink di Indonesia berkisar antara 50-150 Mbps untuk unduhan dan 10-20 Mbps untuk unggahan. Kuota data yang tersedia bervariasi tergantung paket yang dipilih.

  • Paket Dasar:Kecepatan 50-150 Mbps, kuota data tidak terbatas.
  • Paket Plus:Kecepatan 100-200 Mbps, kuota data 500 GB per bulan.
  • Paket Premium:Kecepatan 150-300 Mbps, kuota data 1 TB per bulan.

Harga

Harga paket langganan Starlink di Indonesia bervariasi tergantung paket yang dipilih. Paket Dasar dibanderol dengan harga Rp1.200.000 per bulan, Paket Plus Rp1.600.000 per bulan, dan Paket Premium Rp2.000.000 per bulan.

Rekomendasi Paket

Pemilihan paket langganan Starlink terbaik bergantung pada kebutuhan dan anggaran masing-masing. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

  • Penggunaan Dasar:Paket Dasar cocok untuk penggunaan dasar seperti browsing, email, dan media sosial.
  • Streaming dan Gaming:Paket Plus direkomendasikan untuk streaming video, bermain game online, dan penggunaan intensif data lainnya.
  • Penggunaan Berat:Paket Premium ideal untuk pengguna yang membutuhkan kecepatan tinggi dan kuota data besar untuk aktivitas seperti mengunduh file besar dan konferensi video.

Cara Membayar Starlink di Indonesia

Untuk membeli Starlink di Indonesia, pengguna dapat melakukan pembayaran melalui beberapa metode yang tersedia, antara lain:

Kartu Kredit

  • Visa
  • Mastercard
  • American Express

Langkah pembayaran menggunakan kartu kredit:

  1. Masuk ke akun Starlink.
  2. Pilih paket langganan yang diinginkan.
  3. Masukkan informasi kartu kredit pada halaman pembayaran.
  4. Konfirmasi pembayaran.

Transfer Bank

Pembayaran melalui transfer bank dapat dilakukan ke rekening yang disediakan oleh Starlink. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Lakukan pemesanan Starlink secara online.
  2. Setelah menerima konfirmasi pesanan, lakukan transfer bank ke rekening yang tertera.
  3. Kirim bukti transfer ke Starlink.

Cicilan dan Diskon

Starlink tidak menawarkan opsi pembayaran cicilan untuk pembelian di Indonesia. Namun, pengguna dapat memanfaatkan diskon untuk pembelian langganan jangka panjang, seperti:

  • Diskon untuk langganan 12 bulan
  • Diskon untuk langganan 24 bulan

Pemasangan Starlink di Indonesia

Pemasangan Starlink di Indonesia merupakan proses yang relatif mudah. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan pemasangan berjalan lancar.

Setelah mengetahui cara beli Starlink di Indonesia, langkah berikutnya adalah berlangganan layanannya. Anda bisa mengakses cara langganan Starlink di Indonesia secara daring. Proses berlangganannya cukup mudah dan cepat. Setelah berlangganan, Anda tinggal menunggu perangkat Starlink dikirim ke alamat Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati internet berkecepatan tinggi di mana pun Anda berada.

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan Anda telah menerima peralatan Starlink dan memilih lokasi pemasangan yang optimal.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Terminal Starlink
  • Router Wi-Fi Starlink
  • Kabel daya untuk terminal dan router
  • Tiang pemasangan (opsional)

Lokasi Pemasangan yang Optimal

Untuk mendapatkan kinerja terbaik, pilih lokasi pemasangan yang memiliki:

  • Langit yang jelas dan tidak terhalang
  • Jarak pandang yang luas ke arah utara
  • Tidak adanya gangguan dari pohon, bangunan, atau benda lain

Langkah-langkah Pemasangan

    1. Tempatkan terminal Starlink di lokasi pemasangan yang dipilih.
    2. Hubungkan kabel daya ke terminal dan colokkan ke stopkontak.
    3. Hubungkan router Wi-Fi Starlink ke terminal.
    4. Hubungkan perangkat Anda ke router Wi-Fi Starlink.
    5. Aktifkan layanan Starlink melalui aplikasi Starlink.

Dukungan Teknis

Jika Anda mengalami kesulitan saat pemasangan, Anda dapat menghubungi layanan dukungan teknis Starlink. Mereka akan memberikan bantuan dan panduan untuk menyelesaikan masalah.

Kecepatan Internet Starlink

Starlink menawarkan kecepatan internet yang cepat dan andal di Indonesia. Kecepatannya bervariasi tergantung pada lokasi, cuaca, dan waktu. Secara umum, pengguna di daerah perkotaan dapat mengharapkan kecepatan unduh hingga 200 Mbps dan kecepatan unggah hingga 20 Mbps. Di daerah pedesaan, kecepatannya mungkin sedikit lebih lambat, sekitar 50-100 Mbps untuk unduhan dan 10-20 Mbps untuk unggahan.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan

      • Cuaca:Cuaca buruk, seperti hujan lebat atau angin kencang, dapat menurunkan kecepatan internet Starlink.
      • Lokasi:Kecepatan Starlink dapat bervariasi tergantung pada lokasi pengguna. Pengguna di daerah yang lebih jauh dari stasiun bumi Starlink mungkin mengalami kecepatan yang lebih lambat.
      • Waktu:Kecepatan Starlink dapat berfluktuasi sepanjang hari. Biasanya, kecepatan lebih cepat pada malam hari dan lebih lambat pada jam sibuk.

Perbandingan dengan Penyedia Internet Lain

Kecepatan Starlink sebanding dengan penyedia internet lain di Indonesia. Faktanya, Starlink sering kali menawarkan kecepatan yang lebih cepat daripada penyedia internet tradisional di daerah pedesaan.

Data Kecepatan Rata-rata

Lokasi Kecepatan Unduh (Mbps) Kecepatan Unggah (Mbps) Latensi (ms)
Jakarta 150-200 15-20 50-70
Bandung 100-150 10-15 60-80
Surabaya 120-170 12-17 55-75

Rencana Peningkatan Kecepatan

Starlink berencana untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia di masa mendatang. Perusahaan berencana untuk meluncurkan lebih banyak satelit dan meningkatkan kapasitas jaringan.

Cakupan Starlink di Indonesia: Cara Beli Starlink Di Indonesia

Cara beli starlink di indonesia

Starlink, layanan internet satelit milik SpaceX, telah memperluas cakupannya ke Indonesia. Cakupan layanan saat ini terbatas pada wilayah tertentu, tetapi Starlink berencana untuk memperluas cakupannya di masa mendatang.

Area yang Dicakup Saat Ini

Saat ini, Starlink hanya mencakup wilayah berikut di Indonesia:

      • Jawa Barat: Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang
      • Jawa Tengah: Semarang, Solo, Yogyakarta
      • Jawa Timur: Surabaya, Malang, Banyuwangi
      • Bali: Denpasar, Kuta

Rencana Perluasan Cakupan

Starlink berencana untuk memperluas cakupannya di Indonesia secara bertahap. Perusahaan telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan satelit tambahan dan membangun stasiun bumi baru di Indonesia.

Pada tahun 2023, Starlink menargetkan untuk memperluas cakupannya ke wilayah berikut:

      • Sumatera: Medan, Palembang
      • Kalimantan: Banjarmasin, Balikpapan
      • Sulawesi: Makassar, Manado

Starlink juga berencana untuk memperluas cakupannya ke wilayah pedesaan dan terpencil di Indonesia, di mana akses internet saat ini terbatas atau tidak tersedia.

Keunggulan Starlink

Starlink menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan penyedia internet lain di Indonesia, termasuk kecepatan tinggi, latensi rendah, dan cakupan luas.

Kecepatan Tinggi

Starlink menggunakan teknologi satelit berorbit rendah (LEO) untuk menyediakan internet dengan kecepatan tinggi. Kecepatan unduh tipikal berkisar antara 50 hingga 150 Mbps, dengan kecepatan unggah sekitar 10 hingga 20 Mbps. Kecepatan ini jauh lebih cepat daripada sebagian besar penyedia internet di Indonesia, yang biasanya menawarkan kecepatan unduh di bawah 50 Mbps.

Latensi Rendah

Latensi, atau waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan dari perangkat ke server, sangat rendah dengan Starlink. Latensi biasanya berkisar antara 20 hingga 40 milidetik, yang lebih rendah dari kebanyakan penyedia internet di Indonesia. Latensi yang rendah ini sangat penting untuk aplikasi seperti game online dan panggilan video.

Cakupan Luas

Satelit Starlink mencakup wilayah yang luas, termasuk daerah pedesaan dan terpencil yang tidak terlayani oleh penyedia internet tradisional. Cakupan ini memungkinkan orang-orang di seluruh Indonesia untuk mengakses internet berkecepatan tinggi, terlepas dari lokasi mereka.

Manfaat Starlink

Keunggulan Starlink menawarkan sejumlah manfaat bagi masyarakat Indonesia, antara lain:

  • Meningkatkan akses ke pendidikan dan layanan kesehatan
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi
  • Menghubungkan masyarakat pedesaan dengan dunia luar
  • Memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan

Kekurangan Starlink

Meskipun memiliki keunggulan, Starlink juga memiliki beberapa kekurangan di Indonesia yang perlu dipertimbangkan.

Pembelian Starlink di Indonesia dapat dilakukan melalui situs resminya. Namun, sebelum memesan, penting untuk mengetahui sejarah asal mula olahraga yang digemari banyak orang di dunia, yaitu sepak bola. Menurut catatan sejarah, penemu permainan sepak bola adalah Charles W. Miller , seorang warga negara Inggris yang memperkenalkan olahraga ini ke Brasil pada tahun 1894. Kembali ke Starlink, bagi yang berminat untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi ini, dapat segera melakukan pemesanan melalui situs resminya.

Biaya Tinggi

Biaya berlangganan Starlink di Indonesia relatif tinggi dibandingkan dengan layanan internet lainnya. Pelanggan harus membayar biaya awal untuk peralatan, serta biaya bulanan untuk layanan.

Ketersediaan Terbatas

Ketersediaan Starlink di Indonesia masih terbatas. Layanan ini belum tersedia di semua wilayah, dan ada daftar tunggu bagi pelanggan yang ingin mendaftar.

Cuaca Buruk, Cara beli starlink di indonesia

Layanan Starlink dapat terpengaruh oleh cuaca buruk, seperti hujan lebat dan angin kencang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan atau penurunan kecepatan internet.

– Jelaskan alternatif Starlink di Indonesia, termasuk penyedia layanan, teknologi yang digunakan, dan ketersediaan di berbagai wilayah.

Starlink bukanlah satu-satunya penyedia layanan internet satelit di Indonesia. Terdapat beberapa alternatif yang menawarkan teknologi dan layanan serupa.

Penyedia Layanan Alternatif

  • Telkomsel Orbit: Layanan internet satelit dari Telkomsel yang menggunakan teknologi High-Throughput Satellite (HTS).
  • Moratelindo Sky: Layanan internet satelit dari Moratelindo yang menggunakan teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT).
  • NSB Satelit: Layanan internet satelit dari NSB Group yang menggunakan teknologi HTS.

Teknologi yang Digunakan

Penyedia layanan alternatif Starlink menggunakan teknologi yang berbeda-beda, antara lain:

  • HTS: Teknologi yang memungkinkan satelit memancarkan sinyal dengan kapasitas lebih besar dan latensi yang lebih rendah.
  • VSAT: Teknologi yang menggunakan antena berukuran kecil untuk menerima dan mengirim sinyal satelit.

Ketersediaan di Berbagai Wilayah

Ketersediaan layanan internet satelit di Indonesia bervariasi tergantung pada wilayah. Penyedia layanan seperti Telkomsel Orbit dan Moratelindo Sky memiliki jangkauan yang lebih luas di wilayah perkotaan dan pinggiran kota, sementara NSB Satelit lebih fokus pada wilayah terpencil.

Kelebihan dan Kekurangan Alternatif Starlink

Setiap alternatif Starlink memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah perbandingannya:

Aspek Telkomsel Orbit Moratelindo Sky NSB Satelit
Kecepatan 10-30 Mbps 5-15 Mbps 2-10 Mbps
Latensi 50-100 ms 100-200 ms 200-300 ms
Biaya Rp500.000

Rp1.000.000 per bulan

Rp300.000

Rp800.000 per bulan

Rp200.000

Rp600.000 per bulan

Cakupan Layanan Perkotaan dan pinggiran kota Perkotaan dan pinggiran kota Wilayah terpencil

Catatan:Harga dan kecepatan dapat bervariasi tergantung pada paket dan lokasi.

Kutipan Ulasan Pengguna

“Telkomsel Orbit memiliki kecepatan yang cukup baik dan latensi yang rendah. Cocok untuk penggunaan sehari-hari dan streaming video.”

Pengguna Telkomsel Orbit

“Moratelindo Sky memiliki harga yang terjangkau, tetapi kecepatannya tidak terlalu stabil.”

Pengguna Moratelindo Sky

“NSB Satelit sangat membantu masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh layanan internet lainnya.”

Cara beli starlink di Indonesia bisa dilakukan secara daring melalui situs resmi Starlink. Setelah membeli perangkat dan membayar biaya berlangganan, pengguna dapat menikmati layanan internet starlink indonesia dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah. Jaringan ini memanfaatkan teknologi satelit yang menyediakan akses internet ke daerah terpencil dan tertinggal.

Pengguna NSB Satelit

Rekomendasi Alternatif Starlink

Pemilihan alternatif Starlink terbaik tergantung pada kebutuhan dan anggaran pengguna. Berikut adalah rekomendasinya:

  • Untuk kecepatan tinggi dan latensi rendah:Telkomsel Orbit
  • Untuk harga terjangkau:Moratelindo Sky
  • Untuk wilayah terpencil:NSB Satelit

Prospek Starlink di Indonesia

Kehadiran Starlink di Indonesia membuka babak baru dalam lanskap internet di tanah air. Dengan teknologi satelitnya, Starlink berpotensi mengatasi keterbatasan akses internet di wilayah terpencil dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi di daerah perkotaan.

Namun, Starlink juga menghadapi tantangan, seperti regulasi pemerintah, persaingan dari penyedia layanan internet yang sudah ada, dan tingginya biaya peralatan.

Cara beli Starlink di Indonesia cukup mudah. Peminat hanya perlu memesan melalui situs web resmi Starlink. Setelah memesan, Anda akan menerima konfirmasi pesanan dan estimasi waktu pengiriman. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Starlink di Indonesia, silakan kunjungi situs web starlink spacex indonesia . Di sana, Anda dapat menemukan detail layanan, cakupan area, dan harga berlangganan.

Setelah Starlink tiba, Anda dapat menginstal sendiri dengan mengikuti panduan yang disediakan.

Rencana Starlink untuk Masa Depan

      • Meluncurkan lebih banyak satelit untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kapasitas.
      • Mengurangi biaya peralatan untuk membuat Starlink lebih terjangkau.
      • Bermitra dengan penyedia layanan lokal untuk mempercepat penyebaran.

Dampak Starlink pada Penyedia Layanan Internet yang Sudah Ada

Kehadiran Starlink diperkirakan akan meningkatkan persaingan di pasar internet Indonesia. Penyedia layanan internet yang sudah ada mungkin perlu berinovasi dan menawarkan paket yang lebih kompetitif untuk mempertahankan pelanggan.

Selain itu, Starlink dapat mendorong penyedia layanan internet untuk memperluas jangkauan mereka ke daerah terpencil yang sebelumnya tidak terjangkau.

Perbandingan Starlink dengan Penyedia Layanan Internet Lain

Fitur Starlink Penyedia Layanan Internet Lain
Kecepatan Hingga 300 Mbps Varies, biasanya di bawah 50 Mbps
Biaya Rp 1 juta (perangkat) + Rp 500.000 (bulanan) Varies, mulai dari Rp 200.000 (bulanan)
Ketersediaan Tersedia di beberapa wilayah Tersedia di sebagian besar wilayah

Berdasarkan perbandingan tersebut, Starlink menawarkan kecepatan lebih tinggi tetapi dengan biaya lebih mahal dan ketersediaan terbatas.

Kutipan Pakar Industri

“Starlink berpotensi merevolusi akses internet di Indonesia, terutama di daerah terpencil. Namun, perlu waktu untuk mengatasi tantangan regulasi dan biaya.”

Cara Mendapatkan Starlink Murah di Indonesia

Menikmati internet berkecepatan tinggi dari Starlink di Indonesia kini dapat dilakukan dengan harga lebih terjangkau. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan Starlink dengan harga murah:

Paket Promosi

  • Starlink kerap menawarkan paket promosi dengan harga lebih rendah untuk periode waktu tertentu.
  • Pantau situs web resmi Starlink atau hubungi penyedia layanan setempat untuk mengetahui promo terbaru.

Diskon

  • Starlink memberikan diskon untuk pelanggan baru atau yang mendaftar untuk beberapa bulan sekaligus.
  • Cari kode promo atau diskon melalui situs web perbandingan atau forum online.

Program Bantuan Pemerintah

Beberapa pemerintah daerah atau organisasi nirlaba menawarkan program bantuan untuk menyediakan Starlink bagi rumah tangga atau komunitas berpenghasilan rendah.

Tips Menghemat Biaya

  • Pertimbangkan untuk berbagi biaya berlangganan dengan tetangga atau keluarga.
  • Pilih paket kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghindari biaya berlebihan.
  • Hindari membeli perangkat tambahan yang tidak perlu.

Tanya Jawab tentang Starlink di Indonesia

Starlink, layanan internet satelit dari SpaceX, kini tersedia di Indonesia. Artikel ini akan menjawab pertanyaan umum tentang ketersediaan, harga, dan kecepatan Starlink di Indonesia.

Ketersediaan

Starlink tersedia di seluruh Indonesia, kecuali wilayah Papua dan Papua Barat. Untuk memeriksa ketersediaan di lokasi spesifik, kunjungi situs web Starlink.

Harga

Biaya berlangganan Starlink di Indonesia adalah Rp 1.100.000 per bulan, termasuk biaya perangkat keras dan pengiriman. Biaya pemasangan dikenakan secara terpisah, yaitu Rp 1.300.000.

Kecepatan

Kecepatan Starlink bervariasi tergantung lokasi dan waktu. Di Indonesia, kecepatan unduh berkisar antara 100-200 Mbps, sementara kecepatan unggah berkisar antara 20-40 Mbps.

FAQ

  • Apakah Starlink cocok untuk area pedesaan?Ya, Starlink dirancang untuk menyediakan internet ke daerah pedesaan yang tidak terjangkau oleh penyedia layanan internet tradisional.
  • Apakah Starlink memerlukan jalur pandang ke langit?Ya, perangkat Starlink harus memiliki jalur pandang yang jelas ke langit untuk menerima sinyal.
  • Apakah Starlink dipengaruhi oleh cuaca?Starlink dirancang untuk beroperasi dalam kondisi cuaca buruk, tetapi hujan lebat dan badai petir dapat memengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi.

Penutup

Membeli dan memasang Starlink di Indonesia merupakan proses yang mudah dan cepat. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati layanan internet berkecepatan tinggi dari Starlink dan merasakan perbedaan yang nyata dalam pengalaman internet Anda.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Berapa biaya perangkat keras Starlink?

Biaya perangkat keras Starlink di Indonesia adalah Rp 7.800.000, sudah termasuk antena, router, dan biaya pengiriman.

Apa saja paket langganan Starlink yang tersedia?

Starlink Indonesia menawarkan dua paket langganan, yaitu Basic dan Premium. Paket Basic memiliki kecepatan hingga 100 Mbps dengan kuota data 100 GB, sedangkan paket Premium memiliki kecepatan hingga 150 Mbps dengan kuota data unlimited.

Bagaimana cara membayar Starlink di Indonesia?

Pembayaran Starlink di Indonesia dapat dilakukan melalui transfer bank atau kartu kredit.

Related Post :